Obat Antidepresan Alami yang Berpotensi Redakan Gejala Depresi


Beberapa pilihan suplemen dan obat antidepresan alami termasuk St. John’s wort, saffron, omega-3, bahkan vitamin B9. Suplemen 5-HTP juga diyakini dapat meredakan gejala depresi.

(0)
07 Dec 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
St. John’s wort merupakan salah satu obat antidepresan alami yang berfungsi meningkatkan senyawa kebahagiaanSt. John’s wort berpotensi untuk membantu orang yang menderita depresi ringan hingga sedang
Dalam menangani depresi, dokter akan meresepkan kelompok obat yang disebut antidepresan. Namun, selain dengan obat, beberapa orang mungkin juga mencari alternatif herbal dan suplemen yang diklaim dapat menjadi obat antidepresan alami. Tak menggantikan pengobatan dokter, ada beberapa herbal dan suplemen yang memang mulai dikaji dalam meredakan gejala depresi, terutama untuk depresi ringan dan sedang. Apa saja pilihan obat antidepresan alami tersebut?

Pilihan obat antidepresan alami yang berpotensi perbaiki mood

Tak menggantikan pengobatan dokter, obat antidepresan alami ini berpotensi untuk memperbaiki suasana hati:

1. St. John’s wort

St. John’s wort merupakan tumbuhan berbunga yang pamornya kian naik dalam praktik hidup sehat. Herbal ini dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan, termasuk disebutkan dapat menjadi obat antidepresan alami. Masyarakat Eropa bahkan menggunakan St. John’s wort untuk meredakan gejala depresi – walau FDA di Amerika Serikat belum menyetujui penggunaannnya.Mengonsumsi St. John’s wort dikaitkan dengan peningkatan senyawa kebahagiaan yang disebut serotonin. Kadar serotonin pada orang yang menderita depresi memang dilaporkan lebih rendah. Beberapa obat antidepresan pun bekerja dengan meningkatkan kadar serotonin di otak. Menurut National Institutes of Health, St. John’s wort berpotensi untuk membantu orang yang menderita depresi ringan hingga sedang. Riset lain juga melaporkan temuan serupa, walau memang riset lanjutan masih sangat diperlukan. 

2. Saffron

Saffron juga menjadi herbal yang makin naik daun. Herbal yang diolah dari bunga Crocus sativus ini pun berpotensi untuk menjadi obat antidepresan alami. Dalam sebuah tinjauan terhadap lima riset, dilaporkan bahwa suplemen saffron membantu mengatasi gejala depresi ringan-sedang secara signifikan. Beberapa riset lain juga mendapatkan bukti serupa terkait manfaat saffron untuk depresi. Namun tentunya, herbal yang dijuluki “sunshine spice” ini tidak menggantikan pengobatan dokter dan masih diperlukan kajian lebih lanjut. 

3. Omega-3

Lemak tak semuanya jahat. Beberapa jenis lemak malah bermanfaat bagi organ tubuh – seperti asam lemak omega-3 yang juga dikaitkan sebagai obat antidepresan alami. Menurut studi, orang yang memiliki kadar senyawa otak tertentu yang rendah mengalami risiko lebih tinggi untuk mengalami depresi Senyawa tersebut pun terkandung dalam suplemen minyak ikan yang menjadi sumber omega-3. Salah satu cara meningkatkan asupan omega-3 adalah dengan rutin mengonsumsi ikan berlemak, yakni minimal tiga kali seminggu. Pilihan yang tinggi omega-3 termasuk salmon, tuna, dan sarden segar. Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan minyak ikan 

4. S-adenosilmetionin

S-adenosilmetionin merupakan suplemen yang dirancang untuk meniru kerja senyawa peningkat mood di dalam tubuh. Atas cara kerjanya tersebut, S-adenosilmetionin pun berpotensi untuk menjadi obat antidepresan “alami”. Walau berpotensi untuk meredakan gejala depresi, Anda tidak bisa mengonsumsinya bersamaan dengan antidepresan. Obat ini juga berisiko memicu efek samping tertentu seperti sakit perut dan sembelit jika tak bijak digunakan.

5. Vitamin B9

Vitamin B9 juga disebutkan berpotensi menjadi obat andidepresan alami. Pasalnya, kadar rendah asam folat (bentuk sintetis vitamin B9) dikaitkan dengan depresi. Mengonsumsi suplemen asam folat juga dikaitkan dengan peningkatan efektivitas obat antidepresan. Anda juga lebih disarankan mengonsumsi makanan tinggi vitamin B9, seperti biji dari tumbuhan polong-polongan (bean), lentil, alpukat, biji bunga matahari, hingga sayuran berdaun hijau gelap. Diskusikan dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi suplemen ini jika tengah diresepkan antidepresan. 

6. Zinc

Selain vitamin B9, mineral zinc pun dikaitkan sebagai nutrisi dengan efek antidepresan alami. Zinc sudah dikaitkan dengan fungsi mental dan bernalar. Kadar zinc yang rendah di dalam tubuh pun dikaitkan dengan depresi. Mengonsumsi suplemen zinc juga membantu meningkatkan ketersediaan omega-3 di dalam tubuh.Anda bisa mendiskusikan dengan dokter jika ingin mencoba suplemen zinc. 

7. 5-HTP

5-HTP atau 5-hikdroksitriptofan merupakan senyawa pendahulu sebelum serotonin terbentuk di dalam tubuh.  5-HTP pun dikaitkan sebagai obat antidepresan alami karena dapat memengaruhi kadar serotonin di dalam otak. Namun, riset terkait efektivitas 5-HTP untuk depresi masih memerlukan kajian lebih lanjut. 

Berdiskusi dengan dokter sebelum mencoba antidepresan alami

Walau pilihan obat antidepresan alami di atas menarik untuk dicoba, Anda harus berdiskusi dengan dokter sebelum membeli dan mengonsumsinya. Pasalnya, beberapa herbal dan suplemen di atas berisiko memicu interaksi dengan obat lain yang Anda konsumsi.Misalnya, St. John’s wort dilaporkan dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah, pil KB, hingga obat kemoterapi. SAM-e juga tidak bisa dikonsumsi bersama antidepresan yang diresepkan dokter. Suplemen ini juga dapat memicu efek samping seperti sakit perut dan sembelit jika dikonsumsi tak bijak.Anda tentunya juga disarankan untuk mengutamakan dokter dalam menangani kondisi psikologis seperti depresi. 

Catatan dari SehatQ

Ada beberapa pilihan obat antidepresan alami, termasuk saffron, St. John’s wort, hingga omega-3. Folat dan zinc juga berpotensi untuk meredakan gejala depresi. Jika masih memiliki pertanyaan terkait dengan obat antidepresan alami, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ bisa diunduh gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi kesehatan mental berkualitas.
suplemenmengatasi depresimakanan mengandung omega 3asam folatherbal
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/saffron
Diakses pada 22 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/ademetionine
Diakses pada 22 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/depression/herbs-supplements
Diakses pada 22 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/6-natural-antidepressants
Diakses pada 22 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait