Obat Maag untuk Ibu Menyusui yang Aman Apa Saja?


Obat maag untuk ibu menyusui yang aman salah satunya adalah antasida. Obat ini bekerja cepat menetralkan asam lambung dengan aman. Apa lagi jenis lainnya?

0,0
minum obat maag untuk ibu menyusuitidak semua obat maag di apotek aman untuk ibu menyusui
Obat maag untuk ibu menyusui yang aman idealnya tidak memiliki kandungan yang dapat membahayakan bayi.
Sebab, beberapa zat obat dapat terserap dalam ASI dan mungkin berdampak pada bayi. Lantas, apa saja pilihannya?

Obat maag untuk ibu menyusui yang aman

Antasida adalah salah satu obat maag untuk ibu menyusui yang aman
Antasida adalah salah satu obat maag untuk ibu menyusui yang aman
Berikut adalah beberapa obat maag untuk ibu menyusui yang aman. Meski demikian, tetap konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat terbaik sesuai dengan keluhan Anda.

1. Antasida

Dikutip dari riset terbitan Breastfeeding Medicine, antasida merupakan obat maag untuk ibu menyusui yang bisa Anda minum pertama kali.Antasida mengandung magnesium, kalsium, asam alginat, dan simethicone yang bekerja cepat menetralkan asam lambung untuk mengurangi gejala maag dan rasa tidak nyaman pada perut. Selain itu, asam alginat berfungsi sebagai "pembatas" antara asam lambung dan kerongkongan sehingga melindungi Anda dari asam lambung naik.Sejauh ini, tidak ada efek samping pada bayi bila ibu mengonsumsi antasida karena kandungan obatnya terserap sangat sedikit ke dalam ASI.

2. Histamine H2-blockers

Histamine H2-blockers adalah jenis obat maag yang bekerja untuk mengurangi produksi asam lambung. Jenis obat histamine H2-receptor blockers yang aman dan paling sering diberikan pada ibu menyusui adalah famotidine. Sebab, famotidine bisa bekerja dalam waktu lama dan tidak terserap banyak ke dalam ASI.Sebagian besar orang yang mengonsumsi obat ini tidak merasakan efek samping. Namun, efek samping yang mungkin muncul bisa meliputi:
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Ruam
  • Rasa lelah.
Pada beberapa kasus juga ditemukan bahwa famotidine dapat merangsang produksi hormon prolaktin untuk menghasilkan air susu. Namun,bukti-bukti mengenai hal ini masih sedikit.

3. Proton pump inhibitor

Sama seperti antasida dan histamine H2-blockers, proton pump inhibitor juga termasuk jenis obat maag yang aman untuk ibu menyusui, khususnya obat pantoprazole dan omeprazole. Kedua obat ini sangat sedikit terserap ke dalam ASI sehingga tidak memengaruhi tumbuh kembang bayi. Residu yang terserap oleh bayi saat menyusui akan "dihancurkan" oleh lambung bayi sehingga tidak beredar dalam tubuhnya.Proton pump inhibitor bekerja dengan mengurangi produksi asam lambung.Beberapa efek samping yang bisa dirasakan dari penggunaan obat ini adalah:
  • Sakit kepala
  • Masalah pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, diare, kembung, dan muntah
  • Demam
  • Ruam.
Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi proton pump inhibitor. Sebab, ada risiko Anda mengalami infeksi Clostridium difficile pada usus besar.Selain itu, konsumsi dosis tinggi dan jangka panjang juga meningkatkan risiko osteoporosis dan kekurangan magnesium.

Obat maag alami untuk ibu menyusui

Minum air rebusan jahe adalah salah satu obat maag untuk menyusui herbal dan aman
air rebusan jahe adalah salah satu obat maag alami yang aman
Di samping obat-obatan dari apotek, ada juga beberapa obat alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gejala maag di rumah, yaitu:
  • Jahe
  • Kunyit
  • Madu
  • Adas
Kesemuanya terbukti mengurangi peradangan pada lambung atau kerongkongan saat maag terjadi. 

Cara menghindari sakit maag saat menyusui

Hindari kopi untuk mencegah maag saat menyusui
Hindari kopi untuk mencegah maag saat menyusui
Bagi kebanyakan orang, maag adalah penyakit yang bisa kambuh sewaktu-waktu.Penggunaan obat secara rutin memang dapat sangat membantu mengatasi gejalanya. Namun, tetap lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?Nah, berikut adalah beberapa penyesuaian gaya hidup yang bisa Anda mulai untuk mencegah sakit maag saat menyusui:

1. Terapkan kebiasaan makan yang baik

Jika Anda rentan mengalami sakit maag saat menyusui, cobalah untuk membiasakan makan sedikit-sedikit tapi sering ketimbang makan langsung banyak 3 kali sehari. Hal ini memudahkan kerja sistem pencernaan untuk mengontrol produksi asam lambung sehingga menurunkan risiko maag.Selain itu, makan perlahan dan jangan langsung tiduran setelah makan untuk mencegah asam lambung naik balik ke kerongkongan. Hal inilah yang menyebabkan heartburn alias sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.

2. Hindari rokok, alkohol, dan kafein

Ketiga zat ini dapat memengaruhi kerja lambung Anda. Alkohol dan rokok terbukti mampu mengiritasi lapisan pada dinding lambung, sementara kafein meningkatkan kadar asam lambung.Selain itu, kurangi makanan dengan kadar asam yang tinggi, seperti jeruk dan tomat.

3. Kelola stres

Saat stres, otak secara tidak sadar akan memerintahkan seluruh otot tubuh untuk menegang, termasuk otot-otot di kerongkongan dan lambung. Otot-otot lambung yang menegang dapat memicu produksi asam lambung jadi meningkat.Oleh karena itu, Anda bisa mencoba relaksasi, yoga, atau melakukan hobi sejenak untuk mengatasi stres yang melanda.

Catatan dari SehatQ

Ada beberapa obat maag untuk ibu menyusui yang terbukti aman untuk Anda dan Si Kecil. Meski demikian, tetap konsultasikan dokter untuk mendapatkan pilihan obat yang terbaik untuk kondisi tubuh Anda. Hal ini juga mencegah efek samping yang bisa membahayakan Anda dan bayi.Beli obat maag yang terjamin aman di Toko SehatQ. Jangan lupa juga untuk konsultasikan pemakaian obat maag yang aman melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
asam lambungmaagmenyusuigerdminum obat saat menyusuiibu menyusui
Breastfeeding Medicine. https://www.liebertpub.com/doi/pdfplus/10.1089/bfm.2018.0124
Diakses pada 20 Agustus 2021
Specialist Pharmacy Service. https://www.sps.nhs.uk/articles/safety-in-lactation-drugs-for-disorders-of-gastric-acid-ulceration/
Diakses pada 20 Agustus 2021
Patients. https://patient.info/digestive-health/indigestion-medication/h2-blockers
Diakses pada 20 Agustus 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/proton-pump_inhibitors/article.htm
Diakses pada 20 Agustus 2021
Web MD. https://www.webmd.com/heartburn-gerd/indigestion-overview
Diakses pada 20 Agustus 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/wellness/united-states-of-stress/how-stress-affects-digestion/
Diakses pada 20 Agustus 2021
Web MD. https://www.webmd.com/balance/guide/tips-to-control-stress
Diakses pada 20 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/lying-down-after-eating
Diakses pada 20 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/ginger-for-acid-reflux
Diakses pada 20 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/turmeric-acid-reflux
Diakses pada 20 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/digestive-health/honey-for-acid-reflux
Diakses pada 20 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/fennel-seeds-for-gas
Diakses pada 20 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait