Obat Tradisional Telinga Berdengung yang Dapat Anda Coba Sendiri di Rumah

(0)
10 Feb 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat tradisional telinga berdengung adalah teh rempah-rempah dan buah-buahanTelinga berdengung dapat diredakan dengan sejumlah obat tradisional
Telinga berdengung atau tinnitus dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. Salah satunya adalah kerusakan sel rambut di telinga bagian dalam yang mengganggu sinyal saraf pendengaran ke otak. Selain itu, tinnitus juga dapat disebabkan oleh gangguan telinga, penyakit kronis, cedera, penyumbatan kotoran telinga, atau berbagai kondisi lainnya.Walaupun tidak berbahaya, tinnitus bisa saja memburuk seiring waktu dan membuat Anda merasa sangat terganggu. Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat mencoba obat tradisional telinga berdengung yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Obat tradisional telinga berdengung

Pada dasarnya, tinnitus bukanlah penyakit, melainkan kondisi yang dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya. Misalnya, karena mengalami cedera, stres, terlalu letih, dan sebagainya.Ada sejumlah obat tradisional telinga berdengung yang bisa Anda coba di rumah untuk mengobati atau meredakan tinnitus. Yang dimaksud obat tradisonal di sini adalah bahan-bahan alami dan pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan.

1. Konsumsi vitamin B12

Gejala tinnitus dipercaya dapat diredakan dengan berbagai asupan makanan dan suplemen yang mengandung vitamin B12. Selain itu, vitamin ini juga dapat dikombinasikan dengan zinc untuk mengobati tinnitus.Beberapa sumber vitamin B12 yang bisa Anda konsumsi adalah daging, ikan, telur, hingga produk-produk olahan susu. Konsumsi berbagai asupan ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya

2. Konsumsi buah-buahan

Obat tradisional telinga berdengung selanjutnya adalah buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Beberapa buah yang baik untuk mengurangi gejala tinnitus adalah:
  • Buah pisang yang kaya akan kalium dapat membantu melancarkan aliran cairan di dalam tubuh dan mengurangi gejala tinnitus.
  • Nanas memiliki sifat antiradang yang juga dapat membantu meredakan gejala tinnitus akibat peradangan telinga.
  • Semangka dapat membuat tubuh lebih dingin dan rileks. Kandungan airnya bermanfaat menjaga cairan tubuh. Selain itu, semangka juga kaya akan vitamin dan mineral yang dapat menurunkan risiko berbagai gangguan tubuh, termasuk tinnitus.
  • Buah kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang juga dapat menjadi pemicu telinga berdengung.
  • Buah alpukat kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat melawan infeksi dan mengontrol tinnitus. Namun, mengingat kandungan lemaknya cukup tinggi, sebaiknya buah alpukat dikonsumsi sewajarnya saja.

3. Teh rempah-rempah

Teh yang terbuat dari rempah-rempah dapat digunakan sebagai obat tradisional telinga berdengung.  Berikut cara membuat ramuan teh rempah-rempah ini:
  • Rebus satu sendok teh oregano, ketumbar, rosemary. sage, dan kayu manis hingga mendidih.
  • Gunakan empat cangkir air rebusan untuk merendam tiga potong jahe selama 15 menit.
  • Anda dapat menambahkan lemon untuk melengkapi khasiat teh rempah ini.
  • Sajikan teh selagi hangat.

4. Cukup istirahat

Jika belakangan ini Anda sering mengalami tinnitus, bisa jadi tubuh dan pikiran Anda sedang merasa lelah. Tidur dan istirahat yang cukup dapat dijadikan obat tradisional telinga berdengung yang efektif.Dengan cukup istirahat, tubuh Anda akan kembali bugar. Pikiran dan saraf dalam tubuh pun menjadi lebih rileks. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko terjadinya telinga berdengung.

5. Olahraga rutin

Berolahraga merupakan salah satu kebiasaan yang sangat baik bagi tubuh secara keseluruhan. Termasuk bagi kondisi telinga dan organ pendengaran Anda.Olahraga secara rutin juga akan mendorong pikiran lebih rileks, tidur nyenyak, serta tubuh tetap bugar sehingga tinnitus dapat dicegah

6. Relaksasi, meditasi, dan yoga

Obat tradisional telinga berdengung lainnya adalah melakukan relaksasi otot dan saraf-saraf di tubuh Anda. Relaksasi ini dapat Anda lakukan dengan cara berendam air hangat atau pijat.Anda juga dapat melakukan yoga atau meditasi yang dapat membuat tubuh dan perasaan menjadi lebih tenang.

Pengobatan medis tinnitus

Alat bantu dengar untuk atasi tinnitus
Alat bantu tengar dapat membantu meredakan tinnitus
Apabila obat tradisional telinga berdengung tidak membuat tinnitus mereda atau malah bertambah parah, maka bisa jadi masalah ini disebabkan oleh gangguan kesehatan yang lebih serius. Maka dari itu, diperlukan pengobatan dan perawatan medis untuk mengatasinya.Dokter akan melakukan evaluasi terlebih dahulu mengenai kondisi kesehatan yang mendasarinya sebelum memberikan perawatan. Misalnya, jika tinnitus dikarenakan masalah pembuluh darah, maka perawatan yang diberikan ditujukan untuk mengatasi gangguan pembuluh darah yang terjadi.Selain itu, pembersihan kotoran telinga juga akan dilakukan dokter, terutama jika tinnitus disebabkan oleh penyumbatan akibat kotoran telinga.Dokter juga mungkin akan menyarankan penggunaan beberapa alat penekan suara untuk membantu mengatasi atau mengurangi tinnitus, termasuk mesin white noise, alat bantu dengar, masking device atau prosedur retraining tinnitus therapy.Dokter juga bisa meresepkan sejumlah obat-obatan untuk mengatasi tinnitus. Jenis obat-obatan yang biasa digunakan adalah antidepresan trisiklik dan aprazolam. Kedua obat tersebut hanya bisa diperoleh dengan resep dokter dan harus dikonsumsi sesuai anjuran.Konsultasikan ke dokter spesialis THT jika Anda memiliki gejala telinga berdengung yang tidak membaik selama seminggu dan disertai gangguan pendengaran.Jika Anda punya pertanyaan seputar kesehatan telinga, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tinnituspenyakit telinga
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tinnitus/diagnosis-treatment/drc-20350162
Diakses 27 Januari 2021
Hearing Doc. https://www.hearingdoc.com/tinnitus-articles/tinnitus-might-be-reduced-with-these-seven-savory-treats/
Diakses 27 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/tinnitus-remedies
Diakses 27 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait