Olahraga yang Teratur Memberikan Banyak Manfaat bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?


Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh di antaranya menjaga berat tubuh ideal dan meningkatkan mood. Yang penting, hilangkan sikap 'mager' alias malas gerak, untuk mulai berolahraga secara teratur.

(0)
27 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya memperbaiki moodBerolahraga secara teratur membawa berbagai manfaat bagi tubuh, termasuk menurunkan risiko berbagai penyakit
Jangan bosan mendengar anjuran untuk berolahraga rutin demi kesehatan. Pasalnya, olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya menjaga berat badan tetap ideal, membantu Anda jauh dari berbagai penyakit, hingga memperbaiki mood.Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa Anda pilih sesuai kondisi Anda. Mulai dari olahraga yang tidak banyak membutuhkan peralatan seperti jogging, olahraga air termasuk berenang, olahraga beregu yang bisa dimainkan bersama teman-teman misalnya sepak bola, hingga terjun payung sebagai olahraga yang menantang adrenalin (olahraga ekstrem).Apapun olahraga yang Anda pilih, pastikan untuk melakukannya secara rutin minimal 150 menit per minggu untuk olahraga intensitas sedang atau 75 menit per minggu untuk olahraga intensitas tinggi. Perbanyak juga bergerak aktif, apalagi jika memiliki profesi yang menuntut Anda untuk duduk seharian, demi menjaga tubuh tetap bugar hingga hari tua.

Manfaat olahraga teratur bagi kesehatan

Berolahraga teratur dapat menjaga berat badan ideal
Olahraga secara rutin bukan hanya baik bagi fisik, tapi juga untuk mental Anda. Lengkapnya, olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengontrol berat badan

Bagi Anda yang sedang ingin mengurangi berat badan, berolahraga secara rutin sangat dianjurkan untuk membantu membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh. Semakin intens olahraga yang dilakukan, semakin banyak kalori yang terbakar.Meskipun demikian, bukan berarti orang yang tidak sedang ingin menurunkan berat badan tidak perlu berolahraga. Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya dapat membantu Anda mengontrol berat badan sehingga indeks massa tubuh tetap ideal, sehingga mencegah kegemukan apalagi obesitas.

2. Menurunkan risiko terkena berbagai penyakit

Penyakit yang paling berhubungan dengan gaya hidup sedenter (kurang aktif bergerak) ialah sakit jantung karena tingginya kadar kolesterol jahat di dalam darah. Ketika Anda berolahraga secara teratur, risiko ini otomatis berkurang, begitu pula dengan risiko terkena penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, arthritis, dan penyakit metabolisme.

3. Meningkatkan stamina

Berolahraga memang menguras energi. Namun, setelahnya Anda akan merasakan manfaatnya berupa naiknya stamina dan fungsi otot sehingga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih ringan dan bersemangat.

4. Memperbaiki mood

Jika sering marah-marah tanpa sebab, itu mungkin pertanda Anda perlu berolahraga secara rutin. Penelitian membuktikan olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya menstimulasi zat kimia di otak, sehingga merasa lebih bahagia dan rileks.

5. Memperbaiki kualitas tidur

Penelitian juga sudah banyak membuktikan orang yang berolahraga secara reguler bisa merasakan tidur yang lebih berkualitas. Hanya saja, jangan berolahraga mendekati waktu tidur malam karena justru bisa membuat mata Anda sulit terpejam.

6. Memperkuat otot dan tulang

Ketika Anda memasuki masa tua, tulang bisa keropos dan otot melemah. Namun, kondisi ini bisa dicegah dengan melakukan olahraga rutin saat Anda masih muda.Untuk memaksimalkan manfaat olahraga ini, Anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi protein setelah melakukan olahraga angkat berat atau bodyweight exercises. Anda juga bisa mencoba olahraga kategori high-impact, seperti senam, lari, sepak bola, maupun bola basket.

7. Meningkatkan kualitas seks

Ketika Anda merasa sedang bermasalah di ranjang, cobalah mulai berolahraga rutin. Pasalnya, olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya menguatkan sistem kardiovaskular, memperbaiki sirkulasi darah, dan meningkatkan fleksibilitas otot yang semuanya merupakan faktor penunjang kehidupan seks yang berkualitas.

Tips agar Anda dapat berolahraga secara rutin

Menari pun bisa dilakukan sebagai olahraga
Semua orang ingin mendapatkan manfaat berolahraga rutin yang disebutkan di atas, tapi tidak sedikit juga yang bingung mengatur ritmenya. Jika Anda salah satunya, cobalah tips berikut:
  • Jangan mager (malas gerak). Mengubah kebiasaan kecil bisa berdampak besar, seperti mencuci kendaraan sendiri, berjalan kaki ke mini market, naik atau turun tangga, dan lain-lain.
  • Ajak teman atau keluarga. Olahraga bersama-sama dapat meningkatkan dan menjaga motivasi Anda.
  • Lakukan olahraga yang menyenangkan. Berjoget diiringi musik favorit juga bisa masuk kategori olahraga, apalagi dilakukan secara rutin.
Jika memiliki target tertentu dari olahraga rutin tersebut, misalnya penurunan berat badan atau level kolesterol, catat perkembangannya. Untuk mencari rekomendasi olahraga yang aman dan tepat sesuai kondisi pribadi, Anda dapat menanyakannya langsung pada dokter. Download sekarang di App Store dan Google Play.
olahragatips olahragahidup sehatpola hidup sehat
AHA. https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults
Diakses pada 12 Januari 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389
Diakses pada 12 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise
Diakses pada 12 Januari 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/benefitsofexercise.html
Diakses pada 12 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait