Operasi Katarak BPJS Gratis, Ini Syarat dan Prosedurnya

(0)
15 Mar 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Operasi katarak BPJS bisa dilakukan dengan memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedurOperasi mata katarak dilakukan agar bisa melihat dengan jelas kembali
Katarak adalah penyakit mata yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh dan tak bisa melihat dengan jelas, bahkan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini dapat diatasi dengan operasi, yang juga bisa ditanggung oleh BPJS.  Kabar baiknya, operasi katarak BPJS gratis alias tidak dipungut biaya.  Pilihan operasi katarak gratis ini tersedia bagi Anda yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Supaya tidak keliru, pahami persyaratan dan prosedur operasi katarak dengan BPJS berikut ini.

Persyaratan operasi katarak BPJS

Harga operasi katarak di setiap rumah sakit umumnya bervariasi, tergantung pada kualitas dan fasilitas layanan yang diberikan. Namun, biaya operasi mata katarak umumnya berkisar antara Rp6.500.000-Rp16.000.000.Bagi Anda yang kesulitan dengan biaya di atas, Anda tidak perlu khawatir karena operasi mata katarak sudah menjadi tanggungan BPJS. Dengan kata lain, biaya operasi katarak BPJS gratis bagi peserta JKN-KIS. Nah, supaya bisa menjalani operasi katarak gratis tersebut, Anda harus memenuhi sejumlah persyaratan yang berupa:
  • Kartu BPJS Kesehatan aktif

Kartu BPJS harus berada dalam status aktif
Pastikan kartu BPJS Kesehatan Anda dalam status aktif. Sebab, jika statusnya tidak aktif, kartu tidak bisa digunakan untuk berobat. Pemblokiran kartu BPJS biasanya dilakukan apabila peserta telat membayar iuran atau bahkan menunggak sampai berbulan-bulan.
  • Tidak ada tunggakan iuran

Sebelum melakukan operasi katarak BPJS, pastikan Anda tidak memiliki tunggakan iuran. Lakukan pembayaran iuran paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Jika sebelumnya memiliki tunggakan, lunasi terlebih dahulu. Hal ini berlaku bagi peserta pekerja penerima upah dan mandiri. Sementara, peserta penerima bantuan iuran (PBI) tidak perlu melakukannya karena ditanggung oleh pemerintah.
  • Mendapat rujukan dari faskes pertama

Mata katarak dapat diatasi dengan tindakan operasi
Supaya operasi katarak BPJS bisa terlaksana, Anda juga harus mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan pertama, misalnya klinik umum atau puskesmas. Dalam surat rujukan tersebut, Anda kemungkinan akan dirujuk ke rumah sakit atau klinik mata untuk menjalani tindakan operasi mata katarak.Setelah memenuhi persyaratan di atas, barulah Anda bisa menjalani operasi katarak BPJS. Operasi katarak gratis ini tentunya akan sangat membantu, terutama bagi warga yang tidak mampu. 

Prosedur operasi katarak BPJS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke fasilitas kesehatan tingkat pertama sebelum operasi katarak BPJS dilakukan. Di sana, dokter akan menanyakan keluhan dan melakukan pemeriksaan fisik.Setelah didiagnosis katarak, dokter akan memberi rujukan untuk melakukan tindakan operasi ke rumah sakit atau klinik mata. Selanjutnya, lakukan beberapa hal berikut:
  • Mendaftar ke rumah sakit atau klinik rujukan

Lakukan pendaftaran pada faskes rujukan
Segera datangi rumah sakit atau klinik rujukan. Saat mendaftar ke bagian administrasi, beri tahu bahwa Anda mendapat rujukan untuk melakukan operasi katarak dengan BPJS. Biasanya, Anda harus menyerahkan beberapa berkas, seperti kartu BPS, surat rujukan, fotokopi KTP, dan lain-lain.
  • Mendapat pemeriksaan dari dokter spesialis mata

Di rumah sakit atau klinik mata tersebut akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis mata. Selanjutnya, Anda hanya tinggal menunggu kapan jadwal operasi dilakukan. Operasi katarak BPJS bisa saja dilakukan pada hari yang sama atau mungkin menunggu beberapa hari ke depan.
  • Pelaksanaan operasi katarak

Operasi katarak dilakukan dengan mengganti lensa mata yang keruh
Operasi katarak dilakukan untuk mengangkat lensa mata yang sudah keruh dan menggantinya dengan lensa artifisial yang disebut Intraocular Lens (IOL). Pengangkatan lensa mata yang sudah keruh dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti fakoemulsifikasi (menggunakan gelombang suara untuk menghancurkan lensa), menggunakan sinar laser atau sayatan dengan pisau untuk mengangkat lensa. Kemudian, lensa artifisial pun akan ditanamkan.Operasi katarak biasanya memakan waktu selama 30-45 menit. Selama prosedur, Anda akan berada di bawah bius lokal. Jika Anda memiliki katarak di kedua mata, diperlukan dua operasi terpisah yang umumnya dilakukan dalam jarak 6-12 minggu.Pasien operasi mata katarak umumnya diizinkan pulang pada hari yang sama. Dengan menjalani prosedur ini, Anda idealnya bisa melihat dengan lebih fokus dan jelas, tidak akan kesilauan, dan bisa membedakan warna dengan baik.Untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai operasi katarak gratis dari BPJS, Anda bisa langsung bertanya melalui call centre BPJS Kesehatan 1500400 atau datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.Sementara, jika Anda ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
bpjs kesehatankatarakiuran bpjspeserta bpjs
BPJS Kesehatan. https://bpjs-kesehatan.go.id/BPJS/index.php/post/read/2018/871/Kata-Siapa-Katarak-Tidak-Dijamin-BPJS-Kesehatan
Diakses pada 01 Maret 2021
BPJS Kesehatan. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/pages/detail/2014/13
Diakses pada 01 Maret 2021
Kode BPJS. https://www.kodebpjs.com/biaya-operasi-katarak/
Diakses pada 01 Maret 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/cataract-surgery/about/pac-20384765
Diakses pada 01 Maret 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/cataract-surgery/
Diakses pada 01 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait