Untuk Pemula, Pakaian Renang Dianjurkan Berbahan Apa?


Pilihlah pakaian renang yang berbahan lycra, nylon, maupun polyester. Hindari mengenakan kaus santai ketika berenang, apalagi jeans.

(0)
23 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pakaian renang dianjurkan berbahan lycra, nylon, atau polyesterPakaian renang dianjurkan berbahan lycra, nylon, maupun polyester
Ketika ingin berenang di kolam umum, Anda mungkin tidak asing dengan perintah untuk mengenakan pakaian renang, bukan kaus biasa yang biasanya terbuat dari bahan katun atau turunannya. Mengapa demikian? Lalu, pakaian renang dianjurkan berbahan apa?Pertama-tama, Anda perlu memahami alasan di balik larangan menggunakan kaus biasa di dalam kolam renang. Kaus “main” yang biasanya terbuat dari katun, mengandung katun, atau bahan turunannya, dapat dengan mudah menyerap bakteri, kuman, zat kimia, dan kontaminan lain di dalam kolam renang sehingga berpotensi membahayakan kesehatan.

Pakaian renang dianjurkan berbahan apa?

Lycra adalah salah satu bahan pakaian renang yang aman
Setiap orang mungkin memiliki preferensi sendiri-sendiri tentang bahan baju renang yang nyaman dikenakan. Meski demikian, pakaian renang dianjurkan berbahan ini:

1. Lycra

Lycra merupakan salah satu bahan pakaian renang yang direkomendasikan oleh banyak pihak, termasuk Federasi Renang Inggris dan Department of Parks and Recreation DC, Amerika Serikat. Pakaian renang dianjurkan berbahan lycra karena memberi kelenturan dan fleksibilitas pada tubuh, sekaligus tidak mudah tersangkut atau sobek saat berenang, sehingga relatif aman dikenakan.Lycra sendiri merupakan bahan pakaian yang terbuat dari bahan elastis dan fiber (spandeks) serta sudah awam digunakan sebagai material baju renang. Bahan yang sama juga sering dijahit menjadi pakaian olahraga lain, seperti celana ketat bagi para pesepeda.

2. Polyester

Selain lycra, pakaian renang dianjurkan berbahan polyester karena cenderung tidak luntur dan tahan terhadap paparan chlorine, zat kimia yang digunakan untuk menjernihkan air kolam renang. Baju renang yang terbuat dari polyester bisa juga dikombinasikan dengan lycra.Baju renang dengan mayoritas bahan dari polyester memiliki keunggulan bahan halus dan nyaman di badan, elastisitas yang bagus, sehingga tidak mudah melar. Baju renang polyester juga cepat kering, melindungi Anda dari paparan sinar matahari, serta gampang dicuci.

3. Nylon

Nylon adalah bahan alternatif dari polyester. Baju renang dari nylon memiliki keunggulan seperti ringan dan pas di badan, tapi tidak tahan chlorine dan kurang awet dibandingkan bahan polyester.Pakaian renang dianjurkan berbahan nylon mengingat karakteristik bahan ini sendiri, yaitu tahan abrasi, nyaman dipakai di badan, dan tidak mudah menyerap air. Bahan nylon juga cukup elastis sehingga mendukung gerakan di dalam air serta mudah dicuci.

Tips memilih baju renang yang tepat

Kenyamanan adalah hal penting dalam memilih pakaian renang
Mengetahui berbagai bahan pakaian renang yang dianjurkan saja tidaklah cukup. Untuk memastikan Anda memilih pakaian renang yang sesuai dengan kebutuhan, ada baiknya menyimak tips memilih baju renang berikut ini:
  • Pilih baju renang yang membuat nyaman

    Ada baju renang yang dilengkapi penyangga dada, maupun dengan rok untuk menutupi area sekitar paha. Ada pula yang polos atau bahkan terdiri dari 2 pieces. Pastikan Anda memilih baju renang yang membuat tubuh nyaman saat mengenakannya.
  • Sesuaikan dengan ukuran badan 

    Toko offline maupun online biasanya tidak memperbolehkan Anda menjajal baju renang. Oleh karena itu, pastikan Anda mengukur dan mencatat ukuran tubuh sebelum membeli baju renang.
  • Sesuaikan dengan bentuk tubuh

    Bentuk tubuh memang bermacam-macam, ada yang menyerupai jam pasir, seperti segitiga, persegi, dan lain-lain. Pilih baju renang yang pas dengan bentuk badan Anda.

Yang tidak dianjurkan untuk dipakai saat berenang

Lagi-lagi, Anda harus ingat, untuk tidak mengenakan kaus berbahan katun saat berenang. Dari segi kebersihan, kaus juga lebih rentan mengotori kolam renang dibanding pakaian renang yang terbuat dari bahan lainnya. Misalnya, serat benang katun dapat terlepas dan membuat mampet filter kolam renang. Selain itu, bahan pewarna pada kaus bisa saja mencemari air kolam renang.Dari segi keamanan, mengenakan kaus dari katun atau sejenisnya dapat menghambat pergerakan di dalam air karena bahan ini sangat mudah menyerap air. Selain kaus dari bahan katun, Anda juga tidak dianjurkan untuk mengenakan pakaian sebagai berikut di kolam renang:
  • Legging yang dipakai setelah baju renang
  • Celana panjang, apalagi dari bahan jeans
  • Celana pendek “main”, termasuk yang terbuat dari bahan katun
  • Kaus atau celana yang sangat longgar
Setelah memahami semua poin di atas, sekarang saatnya Anda memilih baju renang favorit!
olahragatips olahragahidup sehat
DC Departments of Parks and Recreation. https://dpr.dc.gov/release/dpr-releases-guidance-regarding-swim-attire-requirements-district-pools
Diakses pada 10 Januari 2020
Swim England. https://www.swimming.org/justswim/swimwear-guidance-for-the-pool/
Diakses pada 10 Januari 2020
Kiefer. https://www.kiefer.com/blog/choosing-swimsuit-fabric-best-swimwear-material
Diakses pada 10 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/how-to-pick-the-right-swimsuit
Diakses pada 10 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/15-tips-saner-swimsuit-shopping
Diakses pada 10 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait