Paru-paru Perokok Terancam Rusak, Ini Cara Membersihkannya

(0)
22 Jan 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Paru-paru perokok tampak lebih gelap dan berbintik-bintikParu-paru perokok bisa mengalami kerusakan akibat paparan zat-zat berbahaya
Bagi sebagian orang, merokok sudah menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan. Padahal terdapat berbagai peringatan akan bahaya merokok yang bisa mengancam jiwa.Paparan berbagai zat berbahaya yang terdapat di dalam rokok dapat memengaruhi paru-paru perokok. Apabila zat-zat berbahaya tersebut terakumulasi dan menggunung dalam tubuh, beberapa organ penting manusia, terutama paru-paru, bisa mengalami kerusakan.

Kondisi paru-paru perokok

Paru-paru merupakan salah satu organ pernapasan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Paru-paru terdiri dari jaringan elastis yang akan berkontraksi dan mengembang ketika Anda bernapas. Struktur kecil, seperti rambut (silia) melapisi paru-paru untuk membersihkan debu dan kotoran yang ditemukan di dalam udara yang Anda hirup.Sayangnya, organ ini menjadi yang paling terdampak oleh rokok. Asap rokok mengandung banyak bahan kimia yang dapat merusak sistem pernapasan. Bahan kimia tersebut bisa membuat paru-paru meradang dan menyebabkan produksi lendir yang berlebih.Umumnya, paru-paru yang sehat berwarna merah mudah terang. Sedangkan, paru-paru perokok tampak lebih gelap dan berbintik-bintik akibat menghirup tembakau. Tekstur paru-paru perokok juga berbeda, di mana paru-parunya yang rusak menjadi lebih keras dan lebih rapuh.Bukan hanya itu, nikotin dalam tembakau juga dapat melumpuhkan silia. Ketidakaktifan silia ini membuat zat beracun di paru-paru menumpuk. Baik tembakau maupun bahan kimia lain yang ditemukan dalam rokok juga dapat mengubah struktur sel paru-paru. Jaringan paru-paru maupun dinding pada saluran udara di paru-paru pun bisa rusak. Selain itu, terdapat area permukaan di paru-paru yang kurang berfungsi. Hal ini menyebabkan tidak efektifnya pertukaran oksigen dan karbondioksida yang terjadi di paru-paru. Perlu diingat bahwa jumlah rokok yang Anda hirup dan gaya hidup yang Anda terapkan, dapat memengaruhi seberapa banyak kerusakan yang bisa terjadi. 

Risiko bahaya merokok

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan merokok menjadi sangat berbahaya dan akan menimbulkan berbagai risiko masalah kesehatan. Oleh sebab itu, dalam jangka pendek kebiasaan merokok bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti:
  • Bau mulut
  • Gigi kuning
  • Rambut, tubuh, dan pakaian bau
  • Sesak napas
  • Gangguan kinerja
  • Batuk keras
  • Kesehatan paru-paru yang buruk
  • Peningkatan risiko kanker
Merokok juga dikaitkan dengan banyak risiko kesehatan jangka panjang, misalnya kanker mulut, tenggorokan, ginjal, hati, dan paru-paru. Perokok jauh lebih besar kemungkinannya terkena kanker paru-paru dibanding bukan perokok. Diperkirakan 90 persen kasus kanker paru-paru pun disebabkan oleh kebiasaan merokok. Tak hanya itu, merokok juga meningkatkan risiko penyakit lain yang berhubungan dengan paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan pneumonia. Menghirup tembakau yang ada dalam rokok juga dapat mengganggu sirkulasi darah, yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena serangan jantung, stroke, penyakit arteri koroner, dan rusaknya pembuluh darah.

Cara membersihkan paru-paru perokok

Cara utama yang dapat dilakukan untuk menghentikan kerusakan lebih lanjut akibat merokok, yaitu dengan berhenti merokok. Tidak ada kata terlambat bagi siapa pun untuk berhenti merokok.  Selain berhenti menjadi perokok aktif, Anda juga jangan berada di lingkungan penuh asap rokok sehingga menghirup asapnya dan menjadi perokok pasif.Orang yang berhenti merokok akan mengalami perbaikan pada kesehatan paru-parunya, serta dapat menurunkan risiko penyakit yang terkait dengan merokok. Selain itu, terdapat beberapa cara membersihkan paru-paru yang bisa Anda lakukan, di antaranya:
  • Terapi uap

Paru-paru perokok dapat menghasilkan lendir berlebih, namun terapi uap dapat membantu mengatasinya. Terapi uap dilakukan dengan menghirup uap air hangat untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir. Uap juga dapat menambah kehangatan dan kelembapan udara sehingga dapat melonggarkan lendir di paru-paru dan membuat bernapas lebih mudah. Namun, terapi ini hanya bersifat sementara dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya.
  •  Berolahraga

Olahraga dapat memaksa otot untuk bekerja lebih keras sehingga meningkatkan laju pernapasan tubuh yang dapat menghasilkan pasokan oksigen lebih besar ke otot. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi yang membuat tubuh lebih efisien dalam menghilangkan karbon dioksida, terutama pada paru-paru perokok. 
  • Minum teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek bahaya menghirup asap. Sebuah studi melaporkan bahwa orang yang minum dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.
  • Batuk terkontrol

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun yang terperangkap dalam lendir. Batuk terkontrol dapat melonggarkan kelebihan lendir di paru-paru yang umumnya terjadi pada perokok. Sebenarnya, ini merupakan batuk yang disengaja. Anda dapat membersihkan paru-paru berlendir dengan batuk sebanyak 2-3 kali ketika menghembuskan napas.
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tentu baik untuk kesehatan. Terdapat beberapa makanan sehat dan bergizi yang dapat membantu melawan peradangan paru-paru, termasuk akibat merokok. Adapun makanan tersebut, yaitu sayuran hijau, ceri, blueberry, zaitun, kunyit, dan kacang-kacangan.Dengan berhenti merokok dan melakukan berbagai cara di atas, diharapkan paru-paru Anda akan menjadi lebih bersih. Jadi, ayo berhenti merokok mulai saat ini dan melakukan gaya hidup sehat!
berhenti merokokhidup sehatbahaya asap rokokpenyakit paru-paru
Healthline. https://www.healthline.com/health/smoker-lung-vs-healthy-lung#tips-for-quitting
Diakses pada 22 Januari 2020
Health 24. https://www.health24.com/Medical/Asthma/Living-with-asthma/see-this-is-what-your-lungs-look-like-when-you-smoke-20160916
Diakses pada 22 januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324483.php#ways-to-clear-the-lungs
Diakses pada 22 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait