Patut Dicoba di Rumah, Ketahui Manfaat Baby Oil untuk Rambut Lembut dan Kuat


Baby oil untuk rambut menawarkan beberapa manfaat yang menarik untuk dicoba. Manfaat baby oil untuk rambut termasuk melembapkan, menguatkan, dan melembutkan. Risiko iritasi dan alergi tetap perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan baby oil untuk rambut.

(0)
26 Aug 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat baby oil untuk rambut adalah melembapkan sekaligus menguatkan rambutBaby oil bersifat hipoalergenik sehingga aman digunakan untuk rambut
Manfaat baby oil untuk rambut mungkin tidak sepopuler kegunaannya untuk kulit. Baby oil adalah salah satu produk perawatan yang didesain aman untuk kulit bayi. Tak hanya baik untuk kulit, baby oil ternyata banyak digunakan untuk menjaga kesehatan rambut.

Apa manfaat baby oil untuk rambut?

Kegunaan baby oil untuk rambut memang menarik. Bahkan, baby oil diklaim mirip dengan minyak tanaman pada umumnya. Meski demikian, perlu diketahui bahwa kegunaan baby oil untuk rambut di bawah ini masih belum teruji secara ilmiah mengenai keefektifannya. Adapun manfaat baby oil untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Melembapkan rambut

Salah satu manfaat baby oil untuk rambut adalah membantu melembapkan rambut. Baby oil dapat menciptakan barrier atau lapisan penghalang kulit sehingga mencegah hilangnya kelembapan akibat penguapan. Dengan demikian, penggunaan baby oil dipercaya dapat mengunci setiap kutikula rambut. Bahkan, kegunaan baby oil untuk rambut juga turut mengunci kelembapan rambut yang hilang saat Anda mengeringkan atau menata rambut. Selain itu, fungsi baby oil untuk rambut dapat mengembalikan kelembapan rambut yang hilang akibat paparan angin dan sinar matahari.

2. Menghilangkan ketombe

Manfaat baby oil dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe
Baby oil dapat membantu menyingkirkan ketombe 
Manfaat baby oil untuk rambut berikutnya adalah menghilangkan ketombe. Ketombe adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kulit kepala kering dan mengelupas sehingga menjadi serpihan yang jatuh pada helaian rambut.Pada bayi, minyak mineral seperti baby oil diyakini dapat membantu masalah kulit kepala pada bayi, seperti kulit kepala bayi berkerak. Cara menghilangkan ketombe dengan baby oil berpotensi untuk mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa.

3. Menenangkan kulit kepala yang kering

Menenangkan kulit kepala yang kering juga menjadi manfaat baby oil untuk rambut. Kondisi kulit kepala yang kering dapat berujung pada masalah ketombe. Akibatnya, pertumbuhan rambut bisa terganggu karena berpotensi merusak akar-akar rambut. Maka dari itu, penting untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kepala kering agar tidak menimbulkan sisik yang menjadi serpihan ketombe. Anda bisa menggunakan baby oil untuk rambut yang cenderung lebih lama bertahan pada kulit kepala daripada penggunaan pelembap. Cara menggunakan baby oil untuk rambut ini adalah dengan mengoleskan beberapa tetesnya pada kulit kepala dan akar rambut sebelum keramas. 

4. Menghaluskan rambut

Menghaluskan rambut jadi manfaat baby oil untuk rambut
Rambut jadi halus berkat penggunaan baby oil
Menghaluskan rambut juga menjadi manfaat baby oil untuk rambut lainnya. Cara menggunakan baby oil untuk rambut yang lembut adalah oleskan sedikit baby oil pada helaian rambut yang sudah dicuci. Pasalnya, minyak mineral ini bisa membantu menutup masing-masing kutikula di tiap helainya sehingga mencegah kerusakan akibat panas dari alat pengering atau alat penata rambut. Dengan demikian, rambut lebih halus, berkilau, dan tidak mengembang. 

5. Memperkuat rambut

Ternyata, manfaat baby oil untuk rambut adalah memperkuat rambut. Rambut mempunyai banyak pori-pori kecil di dalamnya. Ini berarti, rambut dapat menyerap lebih banyak air. Akibatnya, rambut menjadi lebih lemah, rapuh, dan rusak. Terlebih jika Anda kerap mengikat rambut atau menggunakan produk perawatan kimiawi, seperti pewarnaan rambut, juga berisiko menyebabkan rambut rusakCara menggunakan baby oil untuk rambut sebelum mencuci rambut dapat membantu mengurangi jumlah pori-pori rambut. Dengan ini, penyerapan air dalam rambut akan berkurang sehingga rambut jadi lebih kuat dan bebas patah, kusut, atau mengembang. 

6. Melindungi rambut

Melindungi rambut juga menjadi manfaat baby oil untuk rambut. Jadi, apabila takut rambut rusak sebelum berenang, maka Anda bisa mencoba mengoleskan baby oil pada rambut. Sebab, cara menggunakan baby oil untuk rambut ini dapat melindunginya dari zat-zat kimia, seperti klorin, yang biasanya ditambahkan sebagai penjernih air kolam renang.

7. Menyingkirkan kutu rambut

Manfaat baby oil bisa menyingkirkan kutu rambut yang membuat kepala sering gatal
Penggunaan baby oil untuk mengatasi kutu rambut 
Manfaat baby oil untuk rambut berpotensi mengatasi kutu rambut dan telurnya pada anak-anak dan orang dewasa. Cara menggunakan baby oil untuk rambut ini bisa dioleskan beberapa tetesnya pada kulit kepala dan akar rambut. Diamkan selama 8 jam, lalu bilas dengan air sampai bersih. Kegunaan baby oil untuk rambut ini akan efektif bila dikombinasikan dengan bahan kimia khusus untuk pengobatan kutu rambut.

8. Membantu menata rambut

Ingin coba menata rambut? Anda bisa menggunakan sedikit baby oil sebagai solusinya. Tidak seperti gel rambut atau hairspray, baby oil tidak akan meninggalkan kerak atau serpihan pada rambut. Baca Juga: Manfaat Baby Oil untuk Wajah yang Tak Disangka-Sangka

Bagaimana cara menggunakan baby oil untuk rambut?

Apabila Anda tertarik mendapatkan manfaat baby oil untuk rambut, simak cara menggunakan baby oil untuk rambut di bawah ini. 
  • Tuang sekitar 2-4 sendok makan baby oil ke dalam sebuah wadah berukuran kecil.
  • Hangatkan baby oil dengan microwave selama 10-15 detik.
  • Oleskan baby oil dengan lembut ke kulit kepala dan lakukan pijatan dengan jari-jari. Mulailah dari garis rambut dan lanjutkan ke bagian belakang leher.
  • Oleskan pula ujung rambut dengan sisa baby oil. Fokuskan pada area rambut yang lebih kering atau rusak.
  • Tutupi kepala dan rambut dengan handuk atau shower cap.
  • Biarkan masker baby oil di rambut semalaman atau selama beberapa jam.
  • Jika sudah, cuci rambut dengan hati-hati menggunakan air hangat dan sampo. 
  • Pijat kulit kepala dan bersihkan helaian rambut dengan lembut untuk memastikan sisa baby oil terangkat dengan sempurna. Jika mempunyai rambut berminyak, Anda mungkin perlu mencuci rambut hingga 2 kali. 
  • Gunakan kondisioner dan tata rambut Anda seperti biasanya. 

Apakah aman menggunakan baby oil untuk rambut? 

Baby oil adalah minyak mineral buatan yang dirancang aman untuk kulit bayi. Sama halnya seperti petroleum jelly, baby oil dibuat dari sisa produk pengolahan minyak tertentu. Sisa produk tersebut kemudian diolah lagi sedemikian rupa agar aman untuk kulit bayi dan penggunaan lain dalam kecantikan.Salah satu perusahaan produsen baby oil menyebutkan, baby oil sudah menjalani pemeriksaan oleh dokter kulit sehingga aman digunakan. 
Manfaat baby oil untuk rambut aman digunakan
Setelah menggunakan baby oil untuk rambut, cuci rambut sampai bersih
Baby oil juga bersifat hypoallergenic atau tidak rentan menyebabkan alergi. Artinya, minyak ini memiliki formula yang ringan dan cenderung tidak dapat menimbulkan reaksi alergi kulit pada sebagian besar orang. Baby oil juga biasanya tidak mengandung zat kimia berbahaya, seperti paraben, pewarna, pewangi, dan phthalate (bahan pelunak plastik). Oleh karena itu, kegunaan baby oil untuk rambut tergolong aman dilakukan. Bahkan, beberapa produsen perawatan rambut juga mencampurkan baby oil dalam produk-produk mereka.

Efek samping baby oil untuk rambut yang mungkin muncul

Walaupun ada berbagai kegunaan baby oil untuk rambut, penting untuk diperhatikan bahwa mungkin ada risiko efek samping yang mungkin ditimbulkan. Beberapa risiko efek samping baby oil untuk rambut adalah sebagai berikut. 

1. Memicu jerawat

Salah satu efek samping baby oil untuk rambut adalah memicu jerawat. Pasalnya, seperti jenis minyak lainnya, kegunaan baby oil untuk rambut dapat menyumbat pori-pori kulit kepala. Efek ini berisiko membuat kulit kepala iritasi dan menyebabkan jerawat, terutama bila minyak menyentuh garis rambut atau dahi. 

2. Rambut berminyak

Rambut berminyak juga menjadi efek samping baby oil untuk rambut. Hal ini bisa terjadi apabila Anda menggunakannya terlalu banyak. Untuk menggunakan baby oil sebagai kondisioner, sebaiknya gunakan hanya beberapa tetes pada ujung-ujung rambut.

3. Reaksi alergi

Penting pula untuk diingat bahwa penggunaan baby oil untuk rambut dapat memicu risiko alergi pada beberapa orang dengan masalah kulit tertentu. Maka dari itu, Anda harus melakukan tes alergi terlebih dahulu pada lengan dengan cara mengoleskannya, lalu mendiamkannya selama 24 jam. Apabila tidak muncul reaksi tertentu, bisa dipastikan baby oil untuk rambut aman digunakan. 

Catatan dari SehatQ

Fungsi baby oil untuk rambut mulai dari menghaluskan rambut hingga mengatasi ketombe. Namun, seperti kebanyakan minyak lain, baby oil juga memiliki risiko menyumbat pori-pori kulit sehingga bisa memicu jerawat muncul dan alergi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kegunaan baby oil untuk rambut dan efek sampingnya, tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQPastikan Anda sudah mengunduhnya melalui App Store dan Google Play.
kesehatan rambutrambut keringpertumbuhan rambut kepala
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/baby-oil-for-hair
Diakses pada 13 Agustus 2020
Naturally Curly. https://www.naturallycurly.com/curlreading/regimen/baby-oil-to-be-or-not-to-be-in-natural-hair
Diakses pada 13 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/what-are-phthalates
Diakses pada 13 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait