Fungsi Magnesium, Mengatur Fungsi Organ Hingga Cegah Depresi


Fungsi magnesium adalah membantu mengatur kerja organ di dalam tubuh. Kebutuhan magnesium per hari yang harus dipenuhi ternyata bergantung pada jenis kelamin.

0,0
19 Nov 2019|Azelia Trifiana
Fungsi magnesium yang optimal bisa didapat dari konsumsi sumber makanan kaya magnesiumFungsi magnesium yang optimal bisa diraih dengan konsumsi dark chocolate, pisang, dan kacang-kacangan
Fungsi magnesium bagi tubuh yang paling utama adalah menjaga fungsi organ serta otak. Perlu diketahui, magnesium adalah mineral terbanyak keempat yang sangat berkaitan dengan 
Manfaat magnesium yang tak kalah penting adalah mengatur fungsi otot di seluruh tubuh, termasuk otot jantung.Setidaknya, ada 300 reaksi enzim dalam tubuh yang dipengaruhi oleh magnesium. Fungsi magnesium penting untuk urusan metabolisme makanan dalam tubuh, proses sintesis asam lemak dan protein, serta transmisi impuls saraf.Kebutuhan magnesium per hari bergantung pada usia dan jenis kelamin. Menurut Angka Kecukupan Gizi yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, laki-laki membutuhkan magnesium sebesar 360 mg per hari. Sementara, asupan harian magnesium perempuan sebesar 330 hingga 340 mg.Meski tubuh memproduksi magnesium secara alami, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium agar kebutuhan magnesium terpenuhi.

Fungsi magnesium bagi tubuh

Memastikan tubuh mendapatkan cukup asupan magnesium dapat mencegah masalah tulang, kardiovaskular, diabetes, atau masalah pada fungsi organ lainnya.Beberapa fungsi magnesium yang sangat penting bagi tubuh di antaranya adalah:

1. Mencegah pengeroposan tulang

Fungsi magnesium adalah membatu menambah massa tulang
Fungsi magnesium adalah membatu menambah massa tulang
Fungsi magnesium sangat penting dalam proses pembentukan tulang. Enzim yang satu ini membantu asimilasi kalsium ke dalam tulang dan mengaktifkan vitamin D pada ginjal.Semakin optimal asupan magnesium seseorang, akan semakin padat massa tulang dan mengurangi risiko mengalami osteoporosis terutama bagi perempuan setelah menopause.

2. Menurunkan risiko diabetes

Fungsi magnesium berikutnya adalah untuk membantu metabolisme karbohidrat dan glukosa sehingga dapat menekan risiko diabetes. Untuk setiap asupan magnesium sebanyak 100 mg per hari, risiko mengalami diabetes tipe 2 berkurang 15%. Artinya, orang yang konsumsi makanan yang mengandung magnesium memiliki risiko terkena diabetes yang lebih rendah.Magnesium bekerja dengan cara memastikan hormon insulin agar bekerja dengan optimal. Jadi, kadar gula darah pun tidak mengalami lonjakan drastis.

3. Menjaga kesehatan jantung

Fungsi magnesium membantu mencegah beragam penyakit jantung
Fungsi magnesium membantu mencegah beragam penyakit jantung
Fungsi magnesium sangat penting dalam menjaga kesehatan otot, termasuk di jantung manusia. Bahkan, tercukupinya magnesium dalam tubuh bisa mengurangi penumpukan lemak di arteri (aterosklerosis) dan menurunkan tekanan darah tinggi.Dalam sebuah penelitian, asupan magnesium sanggup mengurangi kemungkinan seseorang mengalami penyakit jantung koroner hingga 58%. Bahkan, pasien yang langsung diberi magnesium setelah serangan jantung bisa mengurangi risiko kematian.

4. Mengatasi migrain

Bagi yang kerap mengalami sakit kepala sebelah atau migrain, bisa mencoba terapi magnesium. Sebab, ada kecenderungan bahwa orang yang mengalami migrain memiliki kadar magnesium yang rendah.Meski demikian, tentu perlu asupan magnesium cukup tinggi untuk bisa mengatasi migrain. Itu sebabnya, terapi ini perlu dilakukan bersama ahlinya.

5. Mengurangi gejala PMS

Manfaat magnesium membantu meredakan gejala PMS
Manfaat magnesium membantu meredakan gejala PMS
Gejala premenstrual syndrome kerap mengganggu aktivitas karena perubahan hormon yang tidak bisa diprediksi. Mengonsumsi magnesium dapat mengurangi gejala tidak nyaman yang dirasakan seperti mual, kram perut, insomnia, kaki bengkak, penambahan berat badan, dan payudara yang terasa sensitif.

6. Mengatasi rasa cemas berlebih

Siapa sangka fungsi magnesium juga berkontribusi untuk mengatasi rasa cemas berlebih. Hal ini terkait dengan aktivitas di hypothalamic-pituitary-adrenal (HPA), tiga kelenjar yang mengendalikan reaksi seseorang terhadap pemicu stres.Berdasarkan penelitian, kurang asupan magnesium dapat menyebabkan jenis bakteri di pencernaan berubah. Konsekuensinya, seseorang bisa merasakan gangguan emosi termasuk rasa cemas berlebih.

7. Tidur lebih berkualitas

Manfaat magnesium menjaga kendali siklus tidur sehingga terhindar dari insomnia
Manfaat magnesium menjaga kendali siklus tidur sehingga terhindar dari insomnia
Rupanya, insomnia merupakan salah satu gejala kekurangan magnesium. Tak hanya sulit tidur, mereka juga kerap terbangun saat malam hari dan sulit kembali terlelap. Di sinilah fungsi magnesium berikutnya, yaitu untuk menjaga level neurotransmitter GABA tetap stabil. Ini adalah bagian yang mengendalikan siklus tidur seseorang.

8. Mengatasi depresi

Magnesium sangat terkait dengan fungsi otak dan mood. Itulah mengapa enzim ini bisa membantu mengatasi depresi. Dalam penelitian terhadap 8,800 orang, ditemukan bahwa kurangnya asupan magnesium meningkatkan risiko depresi hingga 22%.Bahkan dalam sebuah studi acak kepada lansia yang diterbitkan pada jurnal Magnesium Research, konsumsi 450 mg magnesium setiap harinya dapat membuat mood lebih baik, sama efektifnya seperti obat antidepresan.

9. Membantu penyerapan mineral dan vitamin

Fungsi magnesium untuk menyerap mineral dan vitamin ditemukan di dalam usus kecil
Fungsi magnesium untuk menyerap mineral dan vitamin ditemukan di dalam usus kecil
Magnesium membantu penyerapan beragam mineral dan vitamin, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan natrium.Fungsi magnesium ini bisa ditemukan di dalam usus kecil. Tujuannya, agar zat-zat tidak berguna dikeluarkan dari dalam tubuh. Konsumsi magnesium yang optimal juga merangsang pengaktifan vitamin D yang sebelumnya sudah disimpan di dalam tubuh.

Makanan yang mengandung magnesium

Manfaat magnesium bisa didapat dari dark chocolate
Manfaat magnesium bisa didapat dari dark chocolate
Untuk mendapatkan manfaat magnesium yang optimal, seseorang tentu harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh yaitu 330 hingga 360 miligram setiap harinya, bergantung pada jenis kelamin. Sumber magnesium alami dari makanan bisa diperoleh dari:
  • Labu
  • Sayuran berdaun hijau (bayam, kale)
  • Dark chocolate
  • Kacang-kacangan
  • Quinoa
  • Almond
  • Tahu
  • Ikan (makarel, tuna, salmon)
  • Buah-buahan (alpukat, pisang, berries)
Pada beberapa kondisi medis tertentu, suplemen magnesium mungkin diperlukan. Namun perlu diingat bahwa suplemen magnesium bisa bereaksi negatif ketika dikonsumsi bersama dengan obat tertentu seperti antibiotik dan obat penyakit jantung.

Gejala kekurangan magnesium yang harus diwaspadai

Kekurangan magnesium menyebabkan Anda rentan mual dan muntah
Kekurangan magnesium menyebabkan Anda rentan mual dan muntah
Setelah mengenal berbagai fungsi magnesium, ada baiknya Anda juga mengenal berbagai gejala kekurangan magnesium yang dapat terjadi pada tubuh.Berikut ini adalah segelintir gejala kekurangan magnesium yang harus diwaspadai:
  • Mual
  • Muntah
  • Turunnya nafsu makan
  • Lelah dan lesu
  • Tubuh lemah.

Catatan dari SehatQ

Jika kekurangan magnesium ini tak ditangani, maka akan ada komplikasi mengerikan yang terjadi, seperti turunnya kadar kalsium di dalam darah, turunnya jumlah kalium di dalam darah, mati rasa, kesemutan, kram, kejang hingga perubahan ritme detak jantung.Untuk amannya, pastikan Anda mengonsumsi cukup makanan yang kaya magnesium untuk menjaga fungsi tubuh sesuai dengan manfaat magnesium. Tanpa mineral penting ini, tubuh tidak bisa berfungsi secara optimal.Bila Anda ingin memulai mengonsumsi suplemen magnesium, pastikan Anda konsultasi lebih lanjut dengan dokter gizi atau ahli gizi terlebih dahulu untuk mendapatkan dosis yang tepat.Anda juga bisa gratis bertanya tentang manfaat magnesium hingga fungsi mineral secara umum dengan dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQUnduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
makanan sehatmengatasi depresikesehatan tulangmenjaga kesehatanhipomagnesemia
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-proven-magnesium-benefits#section3
Diakses 13 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-foods-high-in-magnesium
Diakses 13 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/286839.php#benefits
Diakses 13 November 2019
Kementerian Kesehatan. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Diakses pada 14 Juni 2021
Magnesium Research. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19271419/
Diakses pada 14 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait