Penyebab Gusi Putih Pucat dan Cara Memerahkannya Kembali


Umumnya penyebab gusi pucat adalah anemia. Kondisi ini menyebabkan seseorang kekurangan sel darah merah. Tak hanya gusi, bagian tubuh lain, seperti mata bagian bawah dan bibir ikut pucat. Selain anemia, leukoplakia juga menjadi penyebab kedua paling umum yang membuat gusi berwarna putih.

0,0
penyebab gusi putih pucatPenyebab gusi putih pucat bisa karena penyakit gusi dan mulut ataupun anemia
Sama halnya dengan gigi, gusi yang tampak tidak sehat bisa mengganggu penampilan. Warna gusi putih dan pucat juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan di tubuh Anda. 
Kenali lebih jauh penyebab gusi putih dan pucat beserta cara mengatasinya berikut ini. 

Penyebab gusi berwarna putih 

Dalam kondisi sehat, warna gusi normal adalah gradasi merah muda. Warna ini akan tampak lebih terang di sekitar gigi, dan lebih gelap di sekitar mulut. Perubahan warna gusi menjadi putih atau pucat sering kali terjadi dan menandakan adanya masalah pada tubuh Anda.Berikut ini beberapa penyebab gusi putih dan pucat yang perlu Anda waspadai. 

1. Gingivitis

Gingivitis adalah infeksi bakteri pada gusi. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan buruk saat menyikat gigi atau flossing. Akibatnya, gusi menjadi putih, pucat, dan agak keriput. Selain gusi putih, gejala gingivitis lain, yaitu:

2. Candidiasis oral

Infeksi jamur mulut dapat membuat gusi tampak putih
Infeksi jamur mulut dapat membuat gusi tampak putih
Kandidiasis oral adalah infeksi jamur yang berkembang di dalam mulut. Infeksi ini dapat menyebar dari lapisan mulut ke gusi dan lidah. Munculnya jamur pada gusi inilah yang kemudian menyebabkan gusi berwarna putih. 

3. Leukoplakia

Salah satu penyebab gusi berwarna putih adalah leukoplakia. Leukoplakia adalah bercak putih dan tipis yang biasanya muncul di gusi atau jaringan lunak lainnya. Tidak hanya gusi, leukoplakia juga bisa menyebar ke bagian mulut lainnya. Hingga kini, belum diketahui secara pasti penyebab munculnya leukoplakia. Namun, mengutip Mayo Clinic, iritasi kronis dari kebiasaan merokok, minum alkohol, dan kurang menjaga kebersihan mulut bisa menjadi penyebabnya. 

4. Anemia

Anemia terjadi akibat kekurangan zat besi, folat, dan vitamin B12. Pada kondisi anemia, tubuh akan kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglobin sebagai pembawa oksigen dan sari makanan. Hemoglobin inilah yang memberikan warna merah pada darah.Anemia bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh pucat, seperti mata bagian bawah, bibir, hingga gusi.Anda mungkin mengalami anemia jika memiliki gusi putih dan pucat disertai dengan beberapa gejala berikut:
  • Kelelahan
  • Lemah dan letih
  • Kulit dan mata pucat atau kekuningan
  • Sakit kepala
  • Palpitasi jantung
  • Sesak napas

5. Menopause

Perubahan hormonal akibat menopause dapat menyebabkan gusi pucat
Perubahan hormonal akibat menopause dapat menyebabkan gusi pucat
Menopause juga bisa menjadi salah satu penyebab gusi pucat. Hal ini berkaitan dengan perubahan hormonal selama masa menopause.Wanita yang memasuki masa menopause akan mengalami perubahan hormonal yang berkaitan dengan menurunnya aliran darah. Inilah yang menyebabkan gusi menjadi pucat dan agak kering. 

6. Kanker mulut

Pada kondisi yang lebih serius, gusi putih juga bisa mengindikasikan adanya kanker rongga mulut. Kanker mulut bisa menyebar dan memengaruhi gusi, lidah, dan bahkan seluruh bagian mulut. Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika menemukan benjolan kecil, datar, dan tipis di area mulut. Beberapa kasus kanker rongga mulut tidak menimbulkan gejala hingga mengakibatkan keterlambatan dalam diagnosis dan penanganan.  

Cara memerahkan kembali gusi yang pucat

Menjaga kebersihan gigi dapat mencegah masalah gusi dan memerahkannya kembali
Menjaga kebersihan gigi dapat mencegah masalah gusi dan memerahkannya kembali
Secara umum, cara mengatasi gusi putih pucat adalah dengan melihat penyebab yang mendasarinya dan menjaga kebersihan mulutBerikut ini ada beberapa cara memerahkan gusi, sekaligus merawat kesehatan gusi yang bisa Anda diskusikan dengan dokter:
  • Menyikat gigi, lidah, dan langit-langit mulut setidaknya dua kali sehari
  • Rutin mengganti sikat gigi sebulan sekali
  • Rutin ke dokter gigi, terutama jika Anda mengalami infeksi gingivitis atau candidiasis, dokter akan melakukan beberapa tindakan seperti scalling atau meresepkan obat-obatan
  • Membatasi makanan manis
  • Rutin berolahraga
  • Makan makanan penambah darah, terutama yang mengandung zat besi, vitamin B12, vitamin C, dan folat bagi Anda yang menderita anemia

Catatan dari SehatQ

Gusi putih dan pucat merupakan tanda umum gangguan kesehatan, seperti anemia, infeksi jamur, leukoplakia, kanker, bahkan menopause. Beberapa cara memerahkan gusi atau mengatasi gusi putih bisa Anda coba di rumah.Namun, jika tidak ada perubahan kondisi dalam beberapa minggu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mengidentifikasi penyebab gusi putih yang Anda alami dan memberikan perawatan yang tepat. Jika gusi putih disertai dengan gejala lain seperti gusi bengkak, nyeri, berdarah, hingga kesulitan menelan dan berbicara, segera hubungi dokter. Penanganan sejak dini dapat mengurangi risiko komplikasi yang mengancam jiwa.Jika masih ada pertanyaan seputar perawatan gusi putih dan pucat, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
kesehatan gigiradang gusigusi berdarah
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/leukoplakia/symptoms-causes/syc-20354405
Diakses pada 30 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321914#tips-for-healthy-gums
Diakses pada 30 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/white-gums#leukoplakia
Diakses pada 30 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait