8 Penyebab Stres yang Harus Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

(0)
20 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak penyebab stres di sekeliling kita yang mungkin tidak Anda sadari.Jangan hiraukan penyebab stres yang diam-diam berada di sekeliling kita!
Stres membawa pengaruh buruk bagi kesehatan mental, dan fisik Anda. Tidak banyak yang tahu kalau stres bisa mengundang penyakit, merusak jantung, meningkatkan berat badan, hingga membuat seseorang terlihat lebih tua. Untuk mencegahnya, kenali berbagai penyebab stres yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari ini.

8 penyebab stres yang ada di sekliling kita

Stres sebenarnya merupakan reaksi alami tubuh baik fisik maupun mental terhadap beragam peristiwa di dalam kehidupan. Tubuh akan merespons stres dengan melepas hormon yang meningkatkan detak jantung, laju pernapasan, serta kekuatan otot.Namun, ada banyak kerugian yang bisa muncul jika kadar stres sudah berlebihan. Untuk membantu mengatasinya, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu sejumlah penyebab stres yang sering terjadi ini.

1. Masalah finansial

Menurut Asosiasi Psikologi Amerika Serikat (APA), masalah finansial menjadi salah satu penyebab stres yang paling umum di Negeri Paman Sam. Di dalam sebuah survei, sekitar 77 persen partisipan mengaku bahwa uang menjadi salah satu sumber stres yang utama.Terdapat beberapa gejala stres akibat masalah finansial, seperti:
  • Sering beradu argumen dengan pasangan tentang uang
  • Merasa takut untuk membuka surel dan mengangkat telepon
  • Merasa bersalah saat menghabiskan uang untuk barang yang tidak penting
  • Merasa khawatir dan cemas terhadap uang.
Dalam jangka panjang, stres akibat masalah finansial dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, sakit kepala, sakit perut, nyeri dada, hingga insomnia.

2. Pekerjaan

Jam kerja yang berlebihan, ketidakpuasan terhadap pekerjaan, hingga konflik dengan atasan atau kolega di kantor, dapat menjadi penyebab stres yang harus diwaspadai.Terdapat banyak gejala stres akibat pekerjaan, seperti:
  • Gangguan cemas
  • Depresi
  • Sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan
  • Merasa lelah
  • Sakit kepala
  • Jantung berdebar-debar
  • Perubahan suasana hati yang tak menentu
  • Otot nyeri dan tegang
  • Masalah lambung.
Bahkan, stres akibat pekerjaan dapat menghilangkan kreativitas, ketertarikan dalam pekerjaan, penurunan kinerja, hilangnya kesabaran, hingga rusaknya hubungan.

3. Kurang tidur

Menurut penelitian dari University of California, Amerika Serikat, kurang tidur dapat menjadi penyebab stres yang berbahaya. Sebab, kebiasaan ini dapat merangsang bagian otak yang bisa menyebabkan seseorang merasa khawatir berlebihan.Perlu diingat juga, perasaan stres yang berlebihan juga bisa menurunkan kualitas tidur. Terlebih lagi, stres dan kurang tidur yang tidak segera ditangani dapat mengundang berbagai penyakit fisik dan mental.

4. Hubungan pribadi

Penyebab stres ternyata ada di sekeliling kita setiap harinya
Hubungan yang tidak terjalin dengan baik dapat menjadi penyebab stres
Terdapat beberapa orang di dalam hidup kita yang dapat menjadi penyebab stres, seperti anggota keluarga, pasangan, sahabat, atau kolega yang toxic. Hubungan antara kita dengan orang yang toxic ini dapat berdampak pada kesehatan fisik maupun mental.Ada beragam pemicu munculnya stres dari hubungan pribadi, yaitu:
  • Terlalu sibuk untuk bisa menghabiskan waktu bersama dan berbagi tugas
  • Adanya kekerasan di dalam hubungan
  • Tidak adanya komunikasi
  • Penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang.

5. Terlalu sering menonton televisi

Di dalam sebuah studi, terbukti bahwa partisipan merasa lebih depresi dan cemas setelah menonton televisi selama 2 jam, dibandingkan dengan mereka yang tidak menonton televisi.Studi lainnya menemukan bahwa orang-orang yang menderita gangguan cemas dan depresi cenderung lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer dan televisi.Meskipun bersantai ria dianggap bisa meredakan rasa kecemasan, efeknya bersifat sementara. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi waktu yang Anda gunakan untuk menonton televisi.

6. Menjalankan tugas sebagai orangtua

Orangtua sering kali dihadapkan dengan jadwal yang sangat sibuk, mulai dari membersihkan rumah, mengasuh anak, hingga mencari nafkah. Faktor-faktor ini menjadi penyebab stres yang tidak boleh dilupakan.Tingginya kadar stres dapat menyebabkan orangtua menjadi kasar, negatif, dan otoriter dalam mengasuh anak-anaknya. Stres juga bisa menurunkan kualitas hubungan antara anak dan orangtuanya.

7. Kecerobohan diri sendiri

Kecerobohan yang kita lakukan, seperti lupa menaruh kunci rumah, telat datang ke kantor, atau tidak membawa dompet saat keluar rumah memang terdengar sepele. Namun jangan salah, berbagai kecerobohan ini dapat menjadi penyebab stress.Jika kecerobohan kecil ini tidak segera ditangani, mereka dapat menjadi sumber stres dan kecemasan yang bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental.

8. Terlalu sibuk dengan urusan orang lain

Sibuk saat bekerja masih dapat ditoleransi. Namun, jika diri Anda terlalu sibuk dengan urusan orang lain, stres bisa jadi hal yang sulit dihindari.Biasanya, hal ini terjadi saat ada teman atau anggota keluarga yang meminta bantuan, dan Anda tidak menolaknya agar mereka tak kecewa.Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan menolong orang lain. Namun Anda juga perlu memikirkan diri Anda juga. Sebab, Anda juga membutuhkan me time agar stres bisa dihindari.

Cara mencegah stres berlebihan

Penyebab stres sangatlah beragam, mulai dari hubungan pribadi yang tak terjalin hingga terlalu banyak nonton televisi
Jangan khawatir, stres dapat dicegah!
Terkadang, beberapa penyebab stres di atas tidak dapat dihindari, misalnya stres karena pekerjaan. Namun jangan khawatir, ada banyak cara mencegah stres yang bisa dicoba.
  • Olahraga
  • Aromaterapi
  • Kurangi kafein
  • Menulis diary
  • Mengunyah permen karet
  • Habiskan waktu bersama teman dan keluarga
  • Tertawalah
  • Berhenti membuang-buang waktu
  • Yoga
  • Berlatih pernapasan
  • Bermain dengan hewan peliharaan.
Itulah tadi berbagai penyebab stres yang ada di sekeliling kita, tapi sering kali terlupakan. Mulai dari sekarang, cobalah untuk lebih peka terhadap hal-hal yang dapat memicu stres pada pikiran agar hidup bisa menjadi lebih tenang.Jika Anda merasakan stres yang berlebihan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
gangguan mentalkesehatan mentalstresparenting stress
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/mental-eight-ways-stress-harms-your-health-082713
Diakses pada 6 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/stress/effects-on-body#2
Diakses pada 6 Januari 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-are-the-main-causes-of-stress-3145063
Diakses pada 6 Januari 2021
Huff post. https://www.huffpost.com/entry/8-habits-millennials-stressed-anxious-unproductive_b_10035758
Diakses pada 6 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/16-ways-relieve-stress-anxiety#16.-Spend-time-with-your-pet
Diakses pada 6 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait