6 Penyebab Tenggorokan Terasa Lengket dan Penanganannya

(0)
03 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tenggorokan terasa lengket dapat terjadi akibat radang amandelTengorokan terasa lengket biasanya disebabkan peradangan
Pernahkah Anda mengalami tenggorokan terasa lengket? Pemicu rasa lengket ini adalah dahak atau lendir yang mengganjal akibat adanya peradangan. Dahak sebenarnya berfungsi untuk menjebak bakteri ataupun benda asing yang masuk ke saluran pernapasan.Rasa lengket di tenggorokan sering kali disertai gejala-gejala lain yang mengganggu. Tak jarang, Anda juga bisa merasa nyeri dan tidak nyaman saat menelan. Kondisi ini sebaiknya segera ditangani karena berpotensi semakin memburuk jika diabaikan begitu saja.

Penyebab tenggorokan terasa lengket

Sejumlah kemungkinan penyebab tenggorokan terasa lengket yang umumnya terjadi, di antaranya:

1. Radang tenggorokan

Infeksi bakteri sebabkan radang tenggorokan 
Radang tenggorokan (faringitis) disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus pyogenes. Selain menyebabkan tenggorokan terasa lengket, kondisi ini juga ditandai dengan sakit tenggorokan, demam, ruam, pegal-pegal, pembengkakan amandel, munculnya bintik merah di bagian belakang langit-langit mulut, dan nyeri saat menelan.Anda dapat mengalami radang tenggorokan akibat menghirup percikan air liur dari bersin atau batuk orang yang terinfeksi; berbagi makanan, minuman atau menggunakan alat makan yang sama dengannya; serta menyentuh permukaan benda yang telah terkontaminasi oleh bakteri penyebab penyakit ini.

2. Radang amandel 

Amandel adalah dua kelenjar berbentuk oval yang terletak di bagian belakang tenggorokan. Kelenjar ini berfungsi untuk menghalau bakteri dan virus yang masuk melalui hidung dan mulut.Sayangnya, amandel juga bisa meradang akibat kewalahan dalam melawan kuman. Radang amandel atau tonsilitis dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti sakit tenggorokan, demam, amandel bengkak, lapisan putih atau kuning pada amandel, demam, bau mulut, suara serak, tenggorokan terasa lengket, sulit menelan, hingga hilang nafsu makan.

3. Radang kelenjar adenoid 

Kelenjar adenoid terletak di belakang hidung
Adenoid adalah kelenjar yang terletak di belakang hidung atau tenggorokan bagian atas. Sama halnya dengan amandel, adenoid juga berperan dalam melawan kuman penyebab penyakit. Terkadang, kelenjar ini juga bisa kewalahan sehingga menyebabkan peradangan.Radang kelenjar adenoid atau adenoiditis bisa menyebabkan sekumpulan gejala, di antaranya sakit tenggorokan, hidung tersumbat, terasa lengket di tenggorokan, pembengkakan kelenjar di leher, sakit telinga, sulit tidur, hingga mendengkur.

4. Alergi

Kondisi lain yang bisa menyebabkan tenggorokan terasa lengket adalah alergi. Ketika Anda terpapar oleh alergen, tubuh akan melepaskan histamin yang dapat memicu reaksi alergi. Reaksi alergi yang memengaruhi saluran napas bagian atas dapat menyebabkan lendir menumpuk di tenggorokan hingga terasa lengket. Selain itu, Anda juga mungkin mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, dan mata berair.

5. Asam lambung naik (GERD)

Asam lambung naik dapat mengiritasi tenggorokan
Naiknya asam lambung juga dapat mengiritasi tenggorokan sehingga menghasilkan banyak lendir. Selain itu, Anda juga bisa mengalami heartburn, mual, rasa asam di mulut, sulit menelan, batuk-batuk, suara serak, hingga bau mulut yang tidak sedap.

6. Iritasi polutan

Menghirup asap rokok, gas beracun, atau asap kendaraan mampu mengiritasi tenggorokan dan menghasilkan lebih banyak lendir. Akibatnya, lendir yang menumpuk menyebabkan tenggorokan terasa lengket dan gatal sehingga membuat Anda tidak nyaman. 

Cara mengatasi tenggorokan terasa lengket

Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan diagnosis untuk menentukan penyebab dan penanganan yang sesuai untuk mengatasi masalah Anda. Di samping itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi tenggorokan terasa lengket, yakni:
  • Minum lebih banyak air putih, terutama air hangat. Air hangat bisa membantu mengurangi radang dan memberi efek yang menenangkan pada tenggorokan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi cairan hangat seperti sup ayam.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang bisa memperparah peradangan, misalnya makanan berminyak, pedas, asam, atau yang mengandung pengawet. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi makanan lembut bernutrisi.
  • Beristirahat dengan cukup. Istirahat bisa membantu memulihkan energi dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mempercepat proses pemulihan Anda. Jadi, usahakan jangan sampai kurang tidur.
  • Menggunakan pelega tenggorokan. Pelega tenggorokan bisa membantu memecah lendir dan membuatnya terasa lebih lega. Ini tersedia dalam bentuk permen isap atau yang dihirup oleh hidung.
Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar tenggorokan terasa lengket, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
radang tenggorokansakit tenggorokaninfeksi tenggorokan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/strep-throat/symptoms-causes/syc-20350338
Diakses pada 20 Januari 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/allergies/symptoms-causes/syc-20351497
Diakses pada 20 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/oral-health/tonsillitis-symptoms-causes-and-treatments#1
Diakses pada 20 Januari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/children/adenoiditis#1
Diakses pada 20 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait