7 Penyebab Tulang Dada Sakit dari Cedera hingga Radang


Penyebab tulang dada sakit antara lain radang tulang dada, cedera, hingga gangguan pencernaan. Penanganan bisa dilakukan dengan pemberian obat hingga operasi.

0,0
18 Oct 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab tulang dada sakit salah satunya infeksiPenyebab tulang dada terasa sakit antara lain cedera dan asam lambung naik
Saat dada bagian tengah terasa nyeri, Anda mungkin akan langsung mengaitkannya dengan sakit jantung. Meski tidak sepenuhnya salah, sebenarnya kondisi ini bisa saja disebabkan oleh tulang atau otot dada yang sakit.
Mengingat banyak hal yang dapat menyebabkan rasa nyeri di tulang dada, Anda tidak perlu buru-buru panik dan khawatir. Cara terbaik adalah dengan memperhatikan gejalanya dan berkonsultasi ke dokter.Dokter akan membantu Anda untuk menentukan perawatan yang tepat berdasarkan penyebab sakit yang Anda alami.

Penyebab tulang dada terasa sakit

Tulang dada atau sternum berada di antara kedua sisi tulang rusuk. Letaknya dekat dengan jantung. Itu sebabnya, ketika terasa sakit, orang kerap mengiranya sebagai sakit jantung.Padahal, rasa sakit di tulang dada biasanya tidak berhubungan dengan kondisi jantung dan sering kali bersumber dari kelainan yang terjadi langsung di tulang tersebut.Berikut ini beberapa penyebab yang bisa menyebabkan tulang dada terasa sakit:

1. Costochondritis

Costochondritis adalah peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada. Ini adalah penyebab rasa sakit di tulang dada yang paling umum.Penyebabnya sering kali tidak diketahui secara jelas. Namun, pada beberapa kasus, cedera, radang sendi, infeksi sendi, dan tumor bisa memicu costochondritis.Rasa sakit di area dada yang disebabkan oleh penyakit ini memiliki ciri yang cukup khas, yaitu:
  • Muncul di sebelah kiri tulang dada
  • Rasa nyeri terasa tajam
  • Terasa di beberapa lokasi tulang rusuk
  • Rasa sakit makin parah saat Anda mengambil napas dalam-dalam atau batuk
Umumnya, costochondritis bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, Anda bisa minum obat pereda nyeri untuk meredakan sakit yang dirasakan.Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan memberikan terapi fisik berupa latihan peregangan dada dan stimulasi saraf.

2. Cedera tulang selangka

Cedera tulang selangka juga bisa menyebabkan rasa nyeri di tulang dada. Meski merupakan dua jenis tulang yang berbeda, letak keduanya saling berkait.Akibatnya, saat tulang selangka mengalami cedera, rasa sakit juga bisa terasa hingga ke tulang dada di bagian tengah.Cedera tulang selangka biasanya disebabkan oleh benturan saat olahraga atau kecelakaan.Gejala cedera tulang selangka, antara lain:
  • Rasa sakit yang menyengat saat mengangkat tangan
  • Ada memar atau bengkak di atas dada
  • Posisi bahu terlihat tidak normal
  • Sendi bahu terdengar berbunyi saat digerakkan

3. Patah tulang dada

Penyebab tulang dada terasa sakit lainnya adalah patah tulang akibat kecelakaan ataupun benturan saat olahraga.Gejala yang akan dirasakan saat kondisi ini terjadi antara lain:
  • Nyeri saat batuk atau ambil napas dalam-dalam
  • Sesak napas
  • Terdengar bunyi ketukan saat mencoba menggerakkan tangan
  • Ada pembengkakan dan nyeri tekan di area tulang dada

4. Masalah otot dada

Tulang dada dibungkus oleh otot yang berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi organ vital di rongga dada. Saat batuk parah atau melakukan suatu aktivitas berat yang melibatkan pergerakan tangan atau badan bagian atas, otot bisa mengalami tarikan yang menyebabkan rasa nyeri.Cedera dan benturan juga bisa membuat otot yang membungkus tulang dada terasa sakit.Selain rasa nyeri, gejala lain yang biasanya akan muncul saat ada gangguan otot dada antara lain ada memar atau bengkak di area otot yang mengalami cedera.

5. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan, seperti nyeri ulu hati dan asam lambung yang naik juga bisa menjadi penyebab tulang dada terasa sakit.Pasalnya selain jantung, tulang dada juga melindungi berbagai organ pencernaan bagian atas. Akibatnya, saat ada gangguan di lambung atau kerongkongan, tulang dada bisa ikut merasakan nyeri.Saat asam lambung naik, area tulang dada mungkin akan lebih terasa panas (heartburn) ketimbang nyeri. Selain itu, beberapa gejala di bawah ini juga mungkin Anda rasakan:
  • Ada rasa pahit di mulut
  • Batuk
  • Susah menelan
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Terasa seperti ada yang mengganjal di tenggorokan

6. Infeksi sendi rusuk

Sendi yang menghubungkan tulang rusuk dan tulang dada bisa terinfeksi akibat bakteri Staphylococcus aureus. Infeksi ini kemudian menyebabkan peradangan yang membuat nyeri.Namun demikian, kasus ini termasuk yangjarang terjadi. Beberapa orang yang mengalaminya punya riwayat penyakit yang membuat mereka lebih rentan terkena infeksi, seperti diabetes melitus, rheumatoid arthritis maupun kelainan imun lainnya.Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan melakukan operasi.

7. Peradangan saraf intercostal

Intercostal adalah area di antara tulang rusuk yang diisi oleh otot dan saraf. Saat terjadi cedera, tidak hanya otot yang bisa memicu rasa nyeri, tapi juga saraf.Saraf yang mengalami benturan atau cedera bisa meradang dan menyebabkan intercostal neuralgia.

Bagaimana membedakan sakit di tulang dada dan serangan jantung?

Rasa nyeri di tulang dada sering disalahartikan sebagai serangan jantung karena lokasi nyerinya yang cukup mirip.Agar Anda tidak salah sangka, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter apabila curiga rasa nyeri yang dirasakan disebabkan oleh gangguan jantung.Selain rasa sakit di dada bagian tengah atau kiri, Anda juga bisa melihat gejala lain untuk membedakan sakit tulang dada dan sakit jantung.Berikut ini gejala serangan jantung yang biasanya muncul:
  • Nyeri dada yang menjalar ke bagian atas seperti bahu, lengan atas, dan rahang
  • Kepala terasa pusing
  • Mual
  • Banyak berkeringat
  • Sesak napas
Tidak semua rasa sakit pada tulang dada disebabkan oleh kondisi yang berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun kalau Anda masih ragu apa yang menyebabkan kondisi ini, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.
masalah tulangnyeri dadaotot dada
Healthline. https://www.healthline.com/health/sternum-pain
Diakses pada 4 Oktober 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320185
Diakses pada 4 Oktober 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/what_does_it_mean_when_your_sternum_hurts/article.htm#causes_of_sternum_pain
Diakses pada 4 Oktober 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/costochondritis/symptoms-causes/syc-20371175
Diakses pada 4 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait