Penyebab Urat Merah di Mata dan Cara Mengatasinya


Kemunculan urat merah di mata disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah di mata. Kondisi ini dapat disebabkan oleh perdarahan subkonjungtiva, konjungtivitis, sindrom mata kering, alergi, hingga penggunaan tetes mata secara berlebihan.

0,0
06 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kemunculan urat merah di mata dapat disebabkan oleh bermacam-macam kondisiUrat merah di mata dapat disebabkan sejumlah kondisi
Pada mata manusia, terdapat pembuluh darah vena dan arteri yang memiliki banyak cabang. Pembuluh darah ini berfungsi mengalirkan darah ke seluruh bagian mata. Urat merah di mata yang biasa muncul ketika sakit merupakan bagian dari salah satu pembuluh darah ini.
Pada kondisi normal, urat-urat tersebut seharusnya tidak terlihat. Namun, berbagai kondisi dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah kecil di mata sehingga membuat urat mata merah yang biasanya tersembunyi menjadi terlihat sangat jelas.

Penyebab urat merah di mata

Ada banyak kondisi yang menjadi penyebab urat merah di mata, mulai dari penyebab yang ringan hingga berat. Berikut adalah beberapa penyebab umum urat mata merah yang perlu Anda ketahui.

1. Konjungtivitis (mata merah)

Konjungtivitis adalah pembengkakan atau infeksi pada lapisan pelindung bening yang menutupi bagian depan mata. Kondisi yang menyebabkan mata merah ini umumnya dipicu oleh bakteri, virus, alergi, atau paparan zat beracun. Konjungtivitis tergolong sering terjadi dan sebagian besar kasusnya tidak serius.

2. Sindrom mata kering

Penyebab umum urat merah di mata lainnya adalah sindrom mata kering, yakni kondisi saat mata tidak memiliki cukup air mata untuk membasahi bagian depannya.Mata kering bisa disebabkan karena Anda menatap laptop atau ponsel terlalu lama, kurang tidur, menggunakan lensa kontak terlalu lama, efek samping dari pengobatan tertentu, dan sebagainya.

3. Penggunaan obat tetes mata

Terlalu sering menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata merah justru bisa menyebabkan rebound dilation pada pembuluh darah di mata. Sehingga, kondisi ini justru membuat urat mata merah semakin kelihatan.

4. Cedera mata

Urat merah di mata juga dapat menjadi tanda adanya cedera mata. Kondisi ini dapat disebabkan oleh hal-hal sederhana, seperti penggunaan maskara atau mata tidak sengaja tertusuk jari.Saat mata terluka, pembuluh darah di mata jadi membesar dan melebar sehingga menimbulkan urat mata merah.

5. Perdarahan subkonjungtiva

Perdarahan subkonjungtiva atau perdarahan di mata terjadi ketika salah satu pembuluh darah pecah di bawah konjungtiva, yakni jaringan transparan dan bening yang menutupi bagian putih mata.Kondisi ini dapat membuat bagian putih mata terlihat merah sepenuhnya pada bagian pembuluh darah yang pecah.

6. Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan urat mata merah di samping mata terasa perih dan gatal. Kondisi ini juga dapat menyebabkan pembengkakan pada mata akibat cairan yang menumpuk pada bagian depan mata.Selain itu, ada beberapa penyebab urat mata merah tapi tidak sakit, seperti kehamilan, terlalu lama berenang, kurang tidur, merokok, dan minum alkohol.

Cara menghilangkan urat merah di mata

Cara menghilangkan urat merah di mata secara alami bergantung pada penyebabnya. Urat  merah di mata biasanya dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan perawatan mandiri di rumah.Berikut adalah beberapa cara menghilangkan urat merah di mata secara alami.
  • Gunakan kompres dingin secara teratur pada mata dengan menggunakan handuk atau kain bersih yang telah dibasahi air hangat atau dingin.
  • Gunakan riasan mata hypoallergenic dan hindari berbagai pemicu alergi.
  • Gunakan tetes mata berupa air mata buatan untuk mengatasi keluhan urat mata merah yang berkaitan dengan kondisi mata kering.
  • Istirahatkan mata dan berkedip lebih sering saat bekerja dengan menggunakan laptop dalam waktu yang lama.
  • Pastikan Anda mendapatkan cukup tidur setiap malamnya.
Penanganan medis bisa diperlukan jika cara menghilangkan urat merah di mata secara alami tidak berhasil meredakan gejala dalam satu minggu. Kondisi urat mata merah yang tidak kunjung hilang bisa saja disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga Anda memerlukan antibiotik.Selain itu, jika urat mata merah disebabkan oleh alergi, dokter dapat meresepkan obat tetes antihistamin untuk meredakannya. Beberapa kondisi lainnya, seperti luka dan peradangan, mungkin memerlukan pemberian obat steroid.Tindakan pembedahan bisa menjadi pilihan bagi urat mata merah karena adanya benjolan di sekitar mata yang tidak kunjung sembuh, membesar, hingga mengganggu penglihatan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
konjungtivitisbintitanmata keringperdarahan subkonjungtivamata merah
N Vision Centers. https://www.nvisioncenters.com/eye-health/visible-eye-veins/
Diakses 24 Agustus 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/top-causes-of-red-eye-3422111
Diakses 24 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/313606
Diakses 24 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait