9 Penumbuh Rambut Alami yang Patut Dicoba

(0)
24 Jan 2020|Anita Djie
Penyubur rambut alami dapat membuat rambut sehatRambut sehat bisa Anda dapatkan dengan bahan-bahan penyubur rambut alami
Memiliki rambut yang lebat yang sehat memang menjadi salah satu daya tarik dari penampilan Anda. Tak heran ketika rambut Anda mulai rontok bahkan mulai mengalami kebotakan, percaya diri Anda mulai menurun.Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa mengurangi kerontokan tersebut dengan penumbuh rambut alami. Apa saja bahan alami yang bisa Anda gunakan? Berikut daftarnya.

Bahan alami sebagai penyubur rambut

Penyubur rambut tidak harus berupa hair tonic ataupun serum dari berbagai merk terkenal yang memiliki harga selangit. Anda dapat mencoba alternatif bahan alami di bawah ini untuk membuat rambut tumbuh lebih banyak.

1. Lidah buaya

Lidah buaya dapat dikatakan sebagai salah satu bahan alami penyubur rambut yang paling dikenal. Bahan alami ini mengandung vitamin A, C, dan E. Selain meningkatkan pertumbuhan rambut, lidah buaya baik untuk mengurangi ketombe dan minyak berlebih di rambut, serta menyegarkan kulit kepala.Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut beberapa kali per minggunya.

2. Lemon

Lemon adalah bahan alami lain yang dapat dicoba sebagai penyubur rambut. Anda bisa menggunakan jus perasan air lemon untuk meningkatkan pertumbuhan dan kualitas rambut, serta menjaga kesehatan kulit kepala.Penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan air perasan jus lemon ke kulit kepala dan rambut sebelum ditinggalkan selama 15 menit. Seusainya, Anda bisa membilas rambut dengan shampo.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan penyubur rambut dari bahan alami yang bisa dicoba karena mengandung asam lemak yang mampu mengurangi hilangnya protein dari rambut. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebelum ataupun sesudah mencuci rambut.Anda bahkan bisa memijat kulit kepala dengan minyak kelapa atau meninggalkannya selama seharian bila rambut Anda cenderung kering.Jika rambut Anda berminyak, Anda bisa meninggalkannya semalaman ataupun selama beberapa jam sebelum mencuci rambut.

4. Minyak ikan

Anda dapat menemukan minyak ikan dalam bentuk suplemen, tetapi Anda juga bisa mengonsumsinya secara alami melalui makanan tinggi minyak ikan, seperti ikan salmon, dan ikan lainnya.Minyak ikan dapat menjadi penyubur rambut alami karena mampu menutrisi dan memberikan protein untuk rambut yang dapat meningkatkan kepadatan rambut, mempertahankan fungsi sel, dan menjaga daya tahan tubuh.

5. Jus bawang bombay

Bau jus bawang bombay memang menusuk hidung, tetapi penyubur rambut alami yang satu ini mampu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan keratin di rambut.Anda dapat memasukkan beberapa bawang bombay ke dalam blender dan memeras cairan bawang bombay. Oleskan jus bawang bombay pada kulit kepala dan rambut, lalu tinggalkan selama 15 menit. Setelahnya, cucilah rambut dengan shampo seperti biasa.

6. Minyak zaitun

Terdapat senyawa dalam minyak zaitun yang ternyata mampu meningkatkan pertumbuhan rambut. Namun, penyubur rambut alami yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

7. Makanan kaya protein

Protein adalah salah satu komponen yang dibutuhkan dalam pertumbuhan rambut, karenanya tingkatkan asupan makanan kaya protein ke dalam hidangan sehari-hari Anda, seperti tahu, ikan, tempe, telur, dan sebagainya.

8. Tingkatkan asupan zat besi

Selain protein, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi. Zat besi diperlukan untuk menumbuhkan rambut yang sehat.Anda bisa mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti bayam, biji labu, bagian daging sapi yang rendah lemak, dan sebagainya.

9. Pijat kepala

Meskipun bukan bahan alami, tetapi memijat kepala tidak meliputi penggunaan bahan kimia ataupun membutuhkan biaya yang besar. Anda bisa menstimulasi kulit kepala untuk bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.Usahakan pijat rambut tiap harinya untuk bisa meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut, serta mengurangi stres sehari-hari. Saat memijat kulit kepala, Anda juga bisa menambahkan minyak atau masker rambut.Bahan alami lain, seperti minyak kemiri, bawang merah, dan kuning telur juga dipercaya dapat membuat rambut tumbuh lebih banyak. Kandungan nutrisi bahan alami tersebut dapat menyerap ke aka rambut, dan mendorong pertumbuhan.

Bagaimana mencegah kerontokan rambut?

Menggunakan penyubur rambut dapat mendukung pertumbuhan rambut Anda, tetapi jangan lupa untuk menjaga agar rambut tidak cepat rontok dan tetap tumbuh lebat. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:
  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergizi imbang.
  • Mengatur tingkat stres.
  • Jangan mencuci rambut atau menyisir rambut terlalu sering.
  • Saat rambut masih basah, jangan menyisir ataupun mengikatnya.
  • Hindari menggunakan hair dryer ataupun pelurus rambut.
  • Kurangi pemakaian pemutih dan cat rambut.
  • Jangan memakai aksesoris rambut yang bisa menyebabkan rambut putus, seperti karet gelang, jepitan rambut, dan sebagainya.

Catatan dari SehatQ

Jangan sungkan untuk mengunjungi dokter apabila Anda merasa terganggu dengan kerontokan rambut atau mengalami pertumbuhan rambut yang tidak kunjung meningkat meskipun sudah menggunakan penyubur rambut.
rambut rontokkesehatan kulit kepalakesehatan rambut
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally#coconut-oil
Diakses pada 23 Januari 2020
Healthline. healthline.com/health/beauty-skin-care/olive-oil-for-hair-growth#treating-hair-with-olive-oil
Diakses pada 23 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324971.php#eating-more-protein
Diakses pada 23 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait