Pescatarian Adalah Vegetarian yang Masih Mengonsumsi Seafood, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?


Pescatarian adalah pola makan yang menambahkan ikan dan makanan laut dalam gaya hidup vegetarian. Pola makan ini memberi beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan kesehatan jantung.

(0)
Pescatarian adalah orang yang menambahkan ikan dan makanan laut ke dalam pola makan vegetariaSeorang pescatarian masih bisa menyantap ikan dan telur selain mengonsumsi sayur-sayuran
Apa itu pescatarian? Pescatarian adalah kelompok orang dengan pola makan vegetarian yang menambahkan ikan dan makanan laut ke dalam menu santapan mereka. Langkah ini sengaja dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain baik untuk jantung, menjadi pescatarian memberikan banyak dampak positif untuk kesehatan. Namun, meskipun terlihat menyehatkan, beragam masalah kesehatan juga turut mengancam orang dengan pola makan pescatarian.

Makanan yang dikonsumsi oleh pescatarian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pescatarian adalah orang dengan pola makan vegetarian yang menambahkan ikan dan makanan laut ke dalam menu santapan mereka. Orang dengan pola makan pescatarian tidak mengonsumsi makanan seperti daging merah (sapi, babi, domba) dan unggas (ayam, bebek, burung, kalkun).Berikut ini daftar makanan yang biasa dikonsumsi oleh pescatarian:
  • Ikan
  • Telur
  • Buah
  • Sayur-sayuran
  • Biji-bijian
  • Makanan laut 
  • Kacang-kacangan
  • Susu dan produk olahannya (keju, yogurt)

Manfaat menjadi pescatarian

Menjadi seorang pescatarian memberikan beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat ini tidak lepas dari kombinasi nutrisi yang didapat dari mengonsumsi sayuran, buah, ikan, dan makanan laut. Berikut ini manfaat menjadi pescatarian dari segi kesehatan:

1. Kesehatan jantung

Mengonsumsi ikan, terutama dengan kandungan asam lemak omega-3 sangatlah baik untuk kesehatan. Asupan lemak omega-3 yang didapat dari ikan bisa membantu mengurangi risiko hipertensi dan serangan jantung.Penelitian menyebut bahwa orang dengan pola makan tinggi sayuran memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner yang lebih rendah. Selain itu, mengonsumsi sayuran juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.Jika dikombinasikan dengan olahraga dan manajemen stres yang baik, pola makan ini dapat mencegah terjadinya aterosklerosis. Kondisi yang terjadi akibat adanya penumpukan plak ini menyebabkan arteri mengeras, menyempit, dan membatasi aliran darah.

2. Mencegah kanker kolorektal

Pola makan pescatarian dapat membantu melindungi Anda dari kanker kolorektal. Menurut studi terhadap lebih dari 77.650 orang, pola makan pescatarian cukup efektif memberi efek perlindungan terhadap kanker yang menyerang usus besar dan rektum ini.

3. Mengurangi risiko diabetes dan peradangan

Mengonsumsi banyak sayur dan buah dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik. Sindrom metabolik sendiri merupakan sekelompok gangguan kesehatan seperti resistensi insulin, hipertensi, dan obesitas yang terjadi secara bersamaan.Selain itu, pola makan nabati juga menambah banyak asupan zat antiinflamasi dan antioksidan ke dalam tubuh Anda. Di sisi lain, konsumsi ikan dengan juga dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Menjaga berat badan tetap sehat

Selain kaya akan protein, mengganti daging dengan ikan cenderung mengurangi asupan kalori dan lemak ke dalam tubuh Anda. Kondisi tersebut membuat Anda lebih mudah dalam mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat.

Risiko kesehatan yang mungkin dialami pescatarian

Meski terlihat sehat, bukan berarti tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan dari penerapan pola makan pescatarian. Beberapa ikan diketahui memiliki kandungan merkuri tinggi sehingga berpotensi membuat Anda mengalami keracunan dan terkena kanker.Beberapa ikan dengan kandungan merkuri tinggi antara lain tuna mata besar, orange roughy, dan swordfish. Supaya terhindar dari risiko tersebut, Anda sebaiknya mengonsumsi lobster maupun ikan-ikan seperti lele, salmon, kakap, kerapu, dan trout air tawar.Tak hanya itu, pola makan pescatarian membuat asupan vitamin B-12 ke dalam tubuh Anda lebih rendah dibanding mereka yang mengonsumsi daging. Vitamin B-12 berperan menjaga kesehatan sistem saraf, pembentukan sel darah merah, dan metabolisme protein. Sebagai alternatif, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan seperti kerang, susu, dan telur supaya kebutuhan vitamin B-12 dalam tubuh terpenuhi. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi sereal yang diperkaya dengan kandungan vitamin B-12.

Tips untuk menjadi seorang pescatarian

Bagi sebagian orang, menerapkan pola makan pescatarian tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Beberapa tips yang bisa membantu mempermudah dan membuat pola makan pescatarian Anda tetap sehat, di antaranya:
  • Pilih metode memasak yang sehat

Memasak ikan dengan cara digoreng atau dalam bentuk makanan olahan membuat pola makan ini tidak memberikan manfaat bagi kesehatan Anda. Saat memasak ikan, sebaiknya dengan cara mengukus atau memanggangnya agar mendapatkan manfaat dari ikan dan makanan laut lainnya secara maksimal.
  • Membeli stok makanan laut kemasan

Makanan laut segar biasanya perlu dimasak langsung atau dibekukan terlebih dahulu setelah Anda membelinya. Supaya lebih cepat dan praktis untuk dimakan, Anda dapat membeli stok makanan laut kemasan.
  • Ikut kelas masak atau bergabung dengan kelompok pescatarian

Beberapa orang kesulitan untuk mengolah dan memasak makanan laut. Mengikuti kelas memasak maupun bergabung dengan kelompok pescatarian dapat menambah ilmu serta variasi makanan yang bisa Anda masak dan konsumsi.

Catatan dari SehatQ

Pescatarian adalah orang yang menambahkan ikan dan makanan laut ke dalam pola makan vegetarian. Menerapkan pola makan ini memberi beragam manfaat bagi kesehatan. Namun, ada sejumlah hal yang sebaiknya Anda waspadai saat hendak menerapkan menjadi seorang pescatarian.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait pola makan pescatarian dan dampaknya terhadap kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit jantungdiet veganbahaya merkuripola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/pescatarian-diet
Diakses pada 30 Oktober 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/pescatarian-diet-4174528
Diakses pada 30 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323907
Diakses pada 30 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait