6 Pijatan untuk Sakit Kepala yang Mudah Dilakukan

(0)
24 Feb 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Pijatan untuk sakit kepala bantu meredakannya dengan mudahPijatan untuk sakit kepala dapat dilakukan pada titik di antara kedua alis
Sakit kepala dapat mengganggu aktivitas yang tengah kita lakukan. Tak jarang, sebagian dari kita biasanya mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakannya. Selain itu, tahukah Anda ada cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi sakit kepala? Salah satunya yang paling mudah adalah melakukan pijatan untuk sakit kepalaPijatan untuk sakit kepala diaplikasikan pada sejumlah titik tertentu di sekujur tubuh. Hal ini bisa membantu mengendurkan otot yang tegang, memperlancar aliran darah, dan meringankan sakit kepala yang Anda rasakan.

Pijatan untuk sakit kepala

Berikut adalah titik-titik pijatan untuk sakit kepala yang perlu Anda ketahui.:
  • Sela ibu jari dan telunjuk tangan

pijat telapak tangan
Pijat sela ibu jari dan telunjuk tangan
Sela antara ibu jari dan telunjuk tangan kiri merupakan titik pijatan untuk sakit kepala yang populer. Area ini dapat Anda tekan menggunakan jempol tangan kanan seolah mencubitnya selama 10 detik. Kemudian, buatlah gerakan memutar searah jarum jam selama 10 detik dan pada arah sebaliknya selama 10 detik juga. Ulangi pijatan ini di tangan kanan Anda dengan menggunakan tangan kiri.
  • Dasar tulang tengkorak di belakang kepala (tengkuk)

Posisikan telunjuk dan jari tengah kedua tangan pada dasar tulang tengkorak di belakang kepala (antara otot leher vertikal). Berikan tekanan yang kuat pada kedua titik tersebut selama 10 detik, kemudian lepaskan. Ulangi pijatan untuk sakit kepala ini hingga ketegangan di leher yang menyebabkan sakit kepala berkurang.
  • Antara bahu dan pangkal leher

Pijat titik di antara bahu dan pangkal leher
Letakkan ibu jari kanan atau kiri untuk menekan titik di antara bahu dan pangkal leher dengan gerakan melingkar selama 1 menit. Lalu, ganti dan ulangi pada sisi yang berlawanan. Pijatan pada titik ini dipercaya dapat membantu meredakan kekakuan di leher dan bahu, serta meredakan sakit kepala.
  • Lekukan antara hidung dan alis

Gunakan kedua jari telunjuk untuk memberikan tekanan kuat pada lekukan antara hidung dan alis. Tahan tekanan itu selama 10 detik, lalu lepaskan. Ulangi pijatan untuk sakit kepala ini selama beberapa kali hingga rasa sakitnya mereda.
  • Area pelipis (titik di dekat sudut mata)

Pijat area pelipis untuk mengurangi sakit kepala
Letakkan jari telunjuk dan jari tengah di pelipis, baik sisi kanan maupun sisi kiri. Tekan dan lakukan gerakan yang memutar searah jarum jam. Secara bertahap, terus pijat hingga jari bertemu di tengah dahi. Pijatlah seluruh dahi Anda sampai ke kulit kepala agar sakit kepala berkurang.
  • Antara kedua alis

Gunakan jari telunjuk salah satu tangan untuk menekan titik di antara kedua alis selama 1 menit. Tekanan ini bisa membantu meredakan sakit kepala, terutama yang disebabkan oleh tekanan mata dan sinus.Selain melakukannya sendiri, Anda juga bisa meminta bantuan orang terdekat atau terapis pijat guna memberi pijatan untuk sakit kepala kepada Anda.

Cara lain mengatasi sakit kepala

Selain lewat pijatan untuk sakit kepala, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi keluhan tersebut:
  • Memberikan kompres dingin di dahi

Untuk mengurangi sakit kepala migrain, cobalah kompres dahi Anda dengan kompres dingin. Anda bisa membuatnya dari es batu yang dibungkus handuk. Diamkan kompres itu selama 15 menit di dahi Anda.
  • Lepaskan topi atau ikat rambut yang terlalu ketat

Menggunakan topi atau ikat rambut yang terlalu kencang bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk menghilangkan sakit kepala akibat tekanan tersebut, lepaskan topi atau ikatan rambut yang Anda kenakan.
  • Minum cukup air putih 

Dehidrasi bisa memperburuk sakit kepala yang Anda rasakan. Jadi, pastikan Anda minum air putih dengan cukup. Hal ini juga bisa mempercepat kesembuhan dan membantu meningkatkan energi.
  • Meletakkan kompres hangat di tengkuk

Jika Anda mengalami sakit kepala yang menegang, letakkan kompres hangat di belakang leher (tengkuk). Cara ini bisa membantu mengurangi ketegangan dan rasa sakit yang Anda alami.
  • Mengonsumsi jahe

Jahe dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali untuk sakit kepala. Minum teh jahe dapat membantu meredakan sakit kepala, bahkan membuat tubuh menjadi lebih rileks.
  • Minum obat bebas resep

Anda juga dapat mengonsumsi obat bebas resep untuk mengatasi sakit kepala. Namun, pastikan menggunakannya sesuai petunjuk penggunaan dalam kemasan. Jangan sampai melebihi dosis yang disarankan.Jika sakit kepala tak kunjung menghilang, semakin parah, atau disertai gejala lain, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan menentukan penanganan yang tepat untuk keluhan Anda.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar sakit kepala, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
sakit kepalasakit kepala tegangpijat
Web MD.
https://www.webmd.com/balance/stress-management/features/massage-therapy-stress-relief-much-more#1
Diakses pada 10 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/migraines-headaches/5-ways-to-get-rid-of-headache
Diakses pada 10 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-headaches#More-research-is-needed
Diakses pada 10 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/head-massage-benefits#bottom-line
Diakses pada 10 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait