Potensi Manfaat Kurma untuk Diet yang Patut Dipertimbangkan


Diet kurma dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan dan membawa sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Salah satu manfaat kurma untuk diet adalah membantu kenyang lebih lama dan meredakan keinginan mengonsumsi makanan manis.

0,0
11 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Diet kurma dianggap dapat membantu menurunkan berat badanKurma dinilai dapat membantu proses menurunkan berat badan
Memanfaatkan kurma untuk diet mungkin belum populer di Indonesia. Padahal, buah ini telah banyak dimanfaatkan sebagai bagian dari diet di Timur Tengah sejak lama. Mungkin Anda berpikir bahwa buah yang tinggi gula seperti kurma tidak cocok dimasukkan ke dalam menu diet, tetapi anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.
Diet kurma dianggap dapat membantu menurunkan berat badan tanpa mengurangi asupan gula. Buah ini juga dinilai bermanfaat dalam membantu meningkatkan sistem imun tubuh selama menjalani diet. Untuk mengetahui lebih jelas seputar kurma untuk diet, berikut adalah penjelasan yang bisa Anda simak.

Kandungan kurma

Manfaat kurma untuk diet tidak terlepas dari kandungan gizinya yang terbilang tinggi. Kurma yang umumnya banyak dikemas dan dijual adalah kurma medjool yang padat nutrisi.Dilansir dari WebMD, berikut adalah sejumlah kandungan nutrisi dalam dua butir kurma.
  • Kalori: 110
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 31 gram
  • Serat: 3 gram
  • Gula: 27 gram
Anda juga bisa mendapatkan nutrisi penting lainnya, seperti selenium, kalsium, magnesium, kalium, dan tembaga, melalui diet kurma. Selain itu, kurma merupakan sumber fitonutrien yang berpotensi membawa sejumlah manfaat bagi tubuh.Kurma adalah sumber makanan kaya protein dan serat. Meskipun buah ini memiliki jumlah kalori yang tinggi, sebagian besarnya hanya berasal dari karbohidrat dan bukan lemak. Jika Anda mengonsumsi kurma segar (belum dikeringkan), jumlah kalorinya bahkan bisa jauh lebih sedikit.

Manfaat kurma untuk diet

Diet kurma dapat memberikan beberapa keuntungan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara sehat. Berikut adalah beberapa potensi manfaat yang bisa Anda dapatkan.

1. Membuat kenyang lebih lama

Kurma memiliki banyak kandungan serat dan protein. Konsumsi kurma untuk diet dinilai bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kurma juga dapat mencegah rasa lapar dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

2. Meredam lapar dan mengidam makanan manis

Rasa manis alami pada kurma dapat membantu memuaskan rasa lapar dan meredam keinginan makanan manis. Buah ini merupakan pemanis alami yang sehat sehingga bisa menggantikan gula atau pemanis buatan lainnya yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Membantu mencegah berbagai penyakit

Diet kurma dianggap bermanfaat karena buah ini mengandung beberapa jenis antioksidan dan banyak asam lemak tak jenuh. Kandungan tersebut membuat buah ini lebih menyehatkan dan berpotensi membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.Konsumsi kurma untuk diet juga dianggap membantu mengurangi peradangan, yakni kondisi yang sering dikaitkan dengan obesitas dan diabetes.

Manfaat kurma lainnya

Di samping beberapa manfaat kurma untuk diet, ada sejumlah manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah asal Timur Tengah ini.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Mencegah kerusakan DNA
  • Meningkatkan regulasi hormon
  • Membantu mengontrol gula darah
  • Berpotensi menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan metabolisme
  • Mencegah letih dan lesu
  • Mengurangi gejala Alzheimer.

Cara mengonsumsi kurma untuk diet

Masih sangat sedikit penelitian mengenai diet kurma dapat menurunkan berat badan. Jika Anda ingin mencobanya, porsinya juga perlu diperhatikan. Pasalnya, konsumsi kurma untuk diet secara berlebihan malah dapat menambah berat badan Anda.Banyak ahli menganjurkan konsumsi 4-6 butir kurma setiap harinya. Anda bisa mengonsumsinya di pagi dan sore hari bersama kopi hitam atau teh hijau.Selain dimakan langsung sebagai camilan, kurma juga bisa ditambahkan ke dalam berbagai jenis makanan lain, misalnya dicampur oat, sup, smoothies, atau menggunakan puree kurma sebagai pengganti gula.Untuk menurunkan berat badan, Anda juga disarankan untuk mengurangi asupan kalori harian, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan berolahraga secara teraturItulah cara diet kurma dan manfaatnya bagi tubuh. Sebelum mencoba mengonsumsinya, pastikan diri Anda tidak memiliki alergi terhadap kandungan kurma dan tidak memiliki gangguan kesehatan yang melarang untuk mengonsumsinya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
buah dan sayurankurma
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/are-dates-good-for-weight-loss#nutritional-information
Diakses 27 September 2021
GQ India. https://www.gqindia.com/live-well/content/how-to-lose-weight-by-eating-dates-benefits-for-weight-loss
Diakses 27 September 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/medjool-dates-health-benefits#1
Diakses 27 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait