Kenali Manfaat Totok Punggung Sebagai Alternatif Pengobatan Medis


Totok punggung dianggap bermanfaat untuk mengatasi kelelahan, nyeri pada tubuh, dan masalah kesehatan lainnya. Meski demikian. totok punggung sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan utama.

(0)
07 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Totok punggung untuk kesehatanTotok punggung dipercaya dapat atasi berbagai penyakit
Totok punggung dikenal sebagai salah satu pengobatan alternatif asal Tiongkok yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagi Anda yang ingin mencoba metode pengobatan ini, ada baiknya membaca ulasan berikut untuk memberi gambaran tentang manfaat dan efektivitasnya.Totok punggung sebetulnya merupakan metode terapi pijat yang tekniknya mirip dengan ilmu akupuntur. Hanya saja pada pelaksanaannya, akupuntur menggunakan jarum, sedangkan totok punggung hanya mengandalkan kekuatan tangan dengan cara memijat atau menotok titik-titik tertentu pada punggung.Tujuan dilakukannya totok punggung adalah melancarkan energi vital (qhi) pada seluruh tubuh. Dengan demikian, berbagai keluhan fisik dan mental Anda akan berkurang, seperti rasa tegang, lelah, stres, serta berbagai penyakit dipercaya juga bisa hilang setelah bagian punggung ditotok pada titik yang tepat.

Prinsip terapi totok punggung

Totok punggung biasanya dilakukan dengan dua cara. Pertama, terapis akan langsung memijat bagian yang sakit atau terasa pegal sehingga aliran darah akan lebih lancar dan gejala yang Anda rasakan berkurang.Cara kedua adalah dengan menotok titik lain di punggung yang terhubung dengan masalah kesehatan Anda. Langkah kedua ini disebut juga dengan mengalirkan energi positif ke penyakit Anda sehingga urat saraf akan lebih kendur dan proses penyembuhan akan lebih cepat.Karena prinsipnya yang sama, totok punggung dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencoba akupuntur, tapi takut jarum. Selain itu, totok ini juga bisa dilakukan di bagian tubuh lain, seperti telapak kaki, yang bahkan bisa meredakan gejala sakit kepala yang Anda rasakan.

Manfaat totok punggung untuk kesehatan

Banyak orang yang tertarik mencoba pengobatan totok punggung karena diklaim dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kondisi yang diyakini bisa diatasi dengan totok punggung antara lain adalah:
  • Pegal-pegal dan nyeri otot akibat kelelahan beraktivitas
  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Stres
  • Kram menstruasi
  • Mual atau muntah, baik ketika hamil maupun pascaoperasi dan kemoterapi
  • Badan terasa sakit karena adanya penyakit kanker maupun osteoarthritis
  • Meredakan gejala hipertensi.
Lalu, apakah totok punggung memang efektif untuk meredakan semua masalah kesehatan di atas?Sejauh ini, memang tidak banyak penelitian yang memvalidasi efektivitas dari totok punggung. Namun, beberapa dari penelitian itu memang mengamini bahwa totok punggung ampuh mengatasi keluhan yang terjadi pada punggung Anda, seperti adanya rasa sakit kronis pada punggung bagian bawah.Pengaruh totok punggung dalam mengatasi hipertensi juga sudah pernah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Muhammadiyah Semarang, pada 2019 lalu. Dalam penelitian di Puskesmas Bandarharjo, Semarang, yang melibatkan 16 pasien hipertensi tersebut memang terlihat penurunan tekanan darah setelah menjalani totok punggung.Efektivitas totok punggung dalam meredakan penyakit sangat bergantung pada banyak hal, seperti kekuatan tekanan dan rutinitas pengaplikasiannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Michigan, Amerika Serikat, totok punggung efektif meredakan sakit punggung bila dilakukan selama 30 menit setiap hari.Perawatan ini mulai menunjukkan hasilnya setelah 6 minggu dilakukan dengan rutin. Hasil ini bisa lebih cepat jika penekanan pada totok punggung dilakukan dengan intensitas sedang (stimulating) dibanding intensitas ringan (relaxing).Tidak sedikit pula yang yang menjadikan totok punggung sebagai pengobatan sampingan selain minum obat dokter. Hanya saja, dokter lebih menyarankan pasien untuk melakukan perawatan penunjang seperti fisioterapi karena bukti medis efektivitas totok punggung ini dianggap belum cukup aman untuk dijadikan rujukan bagi pasien berbagai penyakit kronis.

Apakah totok punggung berbahaya?

Secara umum, totok punggung aman dilakukan. Hanya saja, jika Anda memiliki riwayat penyakit kanker, jantung, arthritis, atau penyakit kronis lainnya, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena kondisi setiap orang berbeda-beda dan tidak semua orang boleh dipijat bagian punggungnya, apalagi ditekan-tekan.Di samping itu, Anda juga tidak boleh melakukan totok punggung bila:
  • Sedang hamil, karena totok punggung dikhawatirkan dapat memicu kontraksi.
  • Memiliki masalah kesehatan di sumsum tulang belakang atau bagian tulang punggung yang bisa makin parah jika ditekan-tekan.
  • Mengalami rheumatoid arthritis.
  • Terjadi pelebaran pembuluh darah vena (varicose veins).
  • Terdapat kanker di bagian punggung atau ketika kanker telah menjalar ke tulang.
Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan totok punggung. Pastikan juga Anda memilih praktisi totok punggung yang kompeten untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
sakit punggungnyeri punggung
Repository Unimus. http://repository.unimus.ac.id/2889/3/BAB%20II.pdf
Diakses pada 25 Juli 2020
Prosiding Unimus. http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/mahasiswa/article/download/458/461
Diakses pada 25 Juli 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-acupressure-88702
Diakses pada 25 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1410847/
Diakses pada 25 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/how-self-administered-acupressure-can-reduce-back-pain
Diakses pada 25 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait