4 Prinsip Dasar Memilih Foundation untuk Kulit Berminyak

(0)
15 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ada pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih foundation untuk kulit berminyakFoundation digunakan sebelum mengaplikasikan make up lainnya
Memilih foundation untuk kulit berminyak tidak bisa sembarangan. Selain membuat wajah kelihatan berkilau karena terlalu banyak minyak, pemakaian foundation yang salah juga rawan menyebabkan munculnya jerawat.Ada banyak alasan seseorang memiliki kulit wajah yang berminyak, misalnya stres, lembap, hormon, hingga faktor genetik. Meski dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan risiko Anda terkena masalah jerawat, minyak pada kulit sebetulnya juga banyak manfaatnya.Minyak pada wajah dapat melindungi kulit dan mencegah terjadinya kerutan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus merawat wajah dengan memilih produk perawatan maupun make up yang sesuai dengan kondisi kulit tersebut.

Tips memilih foundation untuk kulit berminyak

Ada banyak jenis foundation yang dijual di pasaran, tapi tidak semuanya cocok diaplikasikan pada kulit wajah berminyak. Agar Anda tidak bingung sebelum membeli, ada baiknya memperhatikan tips memilih foundation untuk kulit berminyak sebagai berikut.
  • Pilih foundation yang bebas minyak

Perhatikan label kemasan foundation dan pastikan ada tulisan ‘oil-free’ atau ‘noncomedogenic’. Foundation yang tidak mengandung minyak ini lebih aman karena tidak menyumbat pori-pori maupun menyebabkan jerawat.
  • Berbahan dasar air

Foundation untuk kulit berminyak sebaiknya merupakan make up berbahan dasar air. Sebaiknya, hindari juga pemakaian foundation maupun make up yang mengandung alkohol karena berisiko menyebabkan iritasi kulit.
  • Foundation tabur

Selain berbentuk cairan, foundation juga ada yang berbentuk tabur dan ini sangat cocok diaplikasikan pada kulit berminyak. Foundation tabur menganduk serbuk yang mampu menyerap minyak sehingga dapat menciptakan wajah yang lebih halus dan tidak mengkilap.Anda juga bisa memilih foundation yang mengandung mineral. Pasalnya, partikel kering di dalam foundation tersebut dapat menyerap kelembapan kulit dan mencegah wajah Anda berkilau karena mengeluarkan terlalu banyak minyak.
  • Medium hingga full coverage

Foundation untuk kulit berminyak dengan medium hingga full coverage berfungsi mengurangi efek mengkilap di seluruh bagian wajah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, aplikasikan foundation dengan spons karena mengaplikasikan foundation langsung dengan tangan dapat memindahkan minyak dari tangan ke wajah.Agar efek foundation pada wajah dapat tahan lebih lama, gunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation. Bila Anda juga menggunakan pelembap wajah, pilih pelembap yang juga berlabel ‘oil free’ atau gunakan serum yang bentuknya lebih cair dan terasa ringan di kulit.Setelah mengoleskan foundation, gunakan bedak secara merata, tapi tidak berlebihan agar serbuk bedak tidak merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak lagi. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan foundation dari wajah Anda sebelum tidur agar pori-pori tidak tersumbat dan mengakibatkan jerawat.

Jika kulit berminyak sekaligus berjerawat

Pada kulit berminyak yang juga berjerawat, foundation untuk kulit berminyak juga bisa menyebabkan breakout (munculnya banyak jerawat baru) dalam beberapa hari hingga 6 bulan setelah pengaplikasian. Penggunaan foundation juga mungkin memperparah kondisi jerawat Anda.Meski demikian, bukan berarti pemilik kulit berminyak dan berjerawat tidak boleh menggunakan foundation. Hanya saja, Akademi Dokter Kulit Amerika (AAD) menyarankan pemilihan foundation untuk kulit berminyak dan berjerawat harus lebih berhati-hati.Bila memungkinkan, pilih foundation yang juga mengandung bahan aktif untuk mengatasi jerawat, seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan adapalene. Benzoil peroksida berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat, sedangkan asam salisilat dan adapalene dapat membuka sumbatan pada pori-pori.Mengidentifikasi kosmetik yang menyebabkan jerawat kadang kala sulit dilakukan, apalagi jika Anda menggunakan berbagai jenis produk. Untuk itu, bila Anda mengalami breakout, sebaiknya hentikan pemakaian foundation untuk kulit berminyak yang Anda gunakan, dan bila perlu konsultasikan dengan dokter kulit untuk mencari solusi terbaik bagi wajah Anda.
makeup untuk kulit berminyakkulit dan kecantikanproduk kecantikan
AAD. https://www.aad.org/skin-care-basics/oily-skin
Diakses pada 15 Januari 2020
AAD. https://www.aad.org/makeup
Diakses pada 15 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/oily-skin-how-to-make-makeup-last
Diakses pada 15 Januari 2020
Make-up. https://www.makeup.com/how-to-pick-foundation
Diakses pada 15 Januari 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/choose-a-perfect-foundation-for-your-skin-tone
Diakses pada 15 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait