Public Display of Affection atau Bermesraan di Tempat Umum, Bolehkah Dilakukan?


Public display of affection adalah kondisi saat pasangan bermesraan di tempat umum. Penting bagi Anda untuk paham batasan dan etikanya untuk mencegah ketidaknyamanan yang dirasakan orang lain.

(0)
Public display of affection adalah memamerkan kemesraan di depan umumPenting untuk mengetahui etika dan batasan sebelum melakukan public display of affection
Pernahkah Anda melihat pasangan yang bermesra-mesraan, contohnya memeluk satu sama lain atau berciuman di tempat umum? Jika pernah, fenomena tersebut merupakan bentuk dari public display of affection.Meski boleh dilakukan, aktivitas ini ternyata seringkali membuat orang yang berada di sekitar pelakunya merasa tidak nyaman. Lantas, bagaimana sebenarnya etika untuk bermesraan di ruang publik?

Mengenal apa itu public display affection

Public display of affection (PDA) adalah tindakan pasangan yang menunjukkan kemesraan mereka di depan orang lain atau ruang publik. Sejumlah tindakan yang digolongkan sebagai PDA antara lain:
  • Bergandengan di tempat umum
  • Memeluk pasangan di tempat umum
  • Mencium pasangan di tempat umum
Bagi orang yang melihatnya, fenomena ini dapat memicu beragam reaksi, mulai dari ikut bahagia, ketidaknyamanan, hingga merasa risih. Tingkat toleransi terkait tindakan ini bisa berbeda pada tiap orang dan tempat. Beberapa faktor yang berpengaruh antara lain usia, norma sosial, hingga adat istiadat.

Etika dan batasan bermesraan di tempat umum

Ada beberapa etika dan batasan tak tertulis yang harus dipahami terkait menunjukkan public display of affection. Ketika batasan tersebut dilanggar, orang di sekitar mungkin akan merasakan ketidaknyamanan. Pada tempat-tempat tertentu, Anda bahkan bisa dijatuhi hukuman apabila bermesraan dengan terlalu berlebihan di ruang publik.Berikut ini beberapa etika dan batasan yang harus dijaga ketika hendak menerapkan public display of affection:

1. Sentuhan

Ketika di tempat umum, Anda diperbolehkan untuk menggandeng tangan pasangan. Namun, Anda sebaiknya hanya melakukan hal ini dalam situasi tertentu seperti hendak menyebrang atau menarik pasangan dari situasi berbahaya.Merangkul pasangan juga merupakan hal yang cukup wajar dilakukan. Meski begitu, pastikan terlebih dahulu apakah di tempat Anda dan pasangan berada, tindakan ini boleh dilakukan dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain. 

2. Ciuman

Hindari public display of affection dengan pasangan
Jangan berciuman di tempat umum
Ciuman memang merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang. Anda boleh memberi ciuman kepada orang terdekat sebagai sambutan selamat datang dan perpisahan. Meski begitu, jangan melakukannya terlalu lama, apalagi di depan orang banyak. Lihat juga tempat di mana Anda berada. Beberapa tempat mungkin tidak memperbolehkan Anda untuk melakukan aktivitas ini.

3. Meraba-raba

Saat berada di tempat umum, hindari meraba-raba tubuh pasangan Anda. Tindakan tersebut tergolong tabu dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang-orang yang melihatnya. Selain itu, meraba-raba pasangan juga dianggap sebagai tindakan asusila di beberapa tempat, maka dari itu Anda harus siap berurusan dengan hukum jika nekat melakukannya.

4. Menggigit mesra

Menjilat atau menggigit pasangan dengan mesra tidak layak untuk dipertontonkan di ruang publik. Orang-orang yang melihat hal tersebut mungkin akan merasa risih dengan tindakan Anda dan pasangan. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tidak menunjukkan bentuk dari public display of affection ini di tempat umum.

5. Mengunggah kemesraan di media sosial

Tiap orang punya hak untuk mengunggah foto maupun video berisi kemesraan di media sosial. Namun, tindakan ini bisa membuat orang-orang yang melihatnya merasa tidak nyaman. Tidak hanya itu, postingan tersebut mungkin akan membuat Anda dan pasangan malu di kemudian hari. Jika hendak mengunggah konten kemesraan, pahami dulu konsekuensi yang mungkin terjadi.

Apakah public display affection jadi tolak ukur kebahagiaan pasangan?

Bergandengan tangan merupakan bentuk public display of affection dalam batas wajar
Memamerkan kemesraan di tempat umum harus memahami etika
Pasangan yang menunjukkan public display of affection memang cenderung bahagia dengan hubungan mereka. Menurut survei, pasangan yang mengunggah foto satu sama lain dan menunjukkan kemesraan di media sosial merasakan kepuasan dalam hubungan.Namun, hal tersebut tak bisa dijadikan tolak ukur kebahagiaan dalam hubungan. Anda dan pasangan tetap dapat merasakan kepuasan dan kebahagiaan dalam hubungan tanpa perlu menunjukkan public display of affection.Survei lain mengatakan, bermesraan di tempat umum malah berpotensi merusak hubungan Anda dengan pasangan. Beberapa wanita yang malu karena diajak bergandengan tangan maupun berpelukan di tempat umum mempertimbangkan untuk mengakhiri hubungannya dengan pasangan mereka.

Catatan dari SehatQ

Public display of affection adalah kondisi ketika pasangan memamerkan kemesraan mereka di depan umum. Bagi beberapa orang, tindakan ini mungkin terlihat manis. Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang merasa tidak nyaman atau risih ketika melihat pasangan bermesraan di ruang publik.Agar tidak memicu ketidaknyamanan bagi orang lain, penting bagi Anda untuk memahami etika dan batasan bermesraan di tempat umum. Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai public display of affection, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjalin hubunganpercintaan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/close-encounters/201408/what-we-really-think-public-displays-affection
Diakses pada 27 April 2021
Medindia. https://www.medindia.net/amp/news/love-in-public-can-ruin-relationships-says-study-114241-1.htm
Diakses pada 27 April 2021
The Spruce. https://www.thespruce.com/etiquette-of-public-affection-1216896
Diakses pada 27 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait