Ragam Nutrisi Kacang Pinus dan Khasiat Kesehatannya


Kacang pinus adalah biji-bijian yang berasal dari cone tanaman cemara. ‘Kacang’ ini tinggi kalori namun menawarkan nutrisi dan manfaat yang cukup beragam.

(0)
28 Feb 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kacang pinus adalah biji-bijian yang berasal dari cone tanaman cemaraKacang pinus bisa dikonsumsi sebagai snack dengan memanggang atau menyangrainya terlebih dahulu
‘Kacang’ pinus sebenarnya adalah biji-bijian yang berasal dari cone tanaman cemara. ‘Kacang’ ini mengandung kalori yang tinggi namun sejatinya mengandung beragam nutrisi. Ketahui apa saja nutrisi kacang pinus, manfaatnya, dan cara menikmatinya.

Kandungan nutrisi kacang pinus

Ini dia informasi nilai gizi kacang pinus kering untuk setiap 28 gram:
  • Kalori: 188
  • Karbohidrat: 3,7 gram
  • Serat: 1 gram
  • Protein: 3,8 gram
  • Lemak: 19,1 gram
  • Vitamin E: 13% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian
  • Vitamin K: 19% dari AKG harian
  • Vitamin B1: 7% dari AKG harian
  • Vitamin B3: 6% dari AKG harian
  • Vitamin B2: 4% dari AKG harian
  • Magnesium: 18% dari AKG harian
  • Fosfor: 16% dari AKG harian
  • Zat besi: 9% dari AKG harian
  • Kalium: 5% dari AKG harian
  • Mangan: 123% dari AKG harian
  • Zinc: 12% dari AKG harian
  • Tembaga: 19% dari AKG harian
Dilihat dari nutrisinya di atas, kacang pinus memang mengandung lemak yang tinggi. Namun beruntungnya, lemak tersebut didominasi oleh lemak tak jenuh dan sedikit lemak jenuh. Kombinasi lemak sehat, protein, serat, dan nutrisi mikronya membuat kacang pinus menjadi salah satu bahan pangan yang menyehatkan.

Manfaat kacang pinus untuk kesehatan

Berikut ini ragam manfaat yang ditawarkan oleh kacang pinus:

1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang pinus mengandung lemak tak jenuh. Kandungan lemak sehat ini berpotensi untuk meningkatkan kolesterol baik atau HDL, serta menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Tak sampai di situ. Asam lemak omega-3 dalam kacang pinus juga berpotensi untuk mencegah irama jantung tak beraturan (aritmia) dan mengurangi gumpalan darah. Jangan lupakan pula kandungan zat antioksidan dalam kacang pinus yang baik untuk kesehatan jantung.

2. Memelihara kesehatan otak

Kacang pinus menawarkan asam lemak omega-3. Asam lemak sehat ini berpotensi untuk mendukung pembangunan dan perbaikan sel-sel di otak. Omega-3 juga dikaitkan dengan peningkatan kemampuan berpikir dan aliran darah darah menuju otak. Antioksidan dalam kacang pinus juga membantu mengurangi kerusakan dan peradangan sel di otak – sehingga meningkatkan kemampuan kognisi dan menurunkan risiko demensia.

3. Mengendalikan gula darah

Layaknya kacang dan biji-bijian lain, kacang pinus juga berpotensi untuk mengontrol kadar gula darah. Efek positif bisa diberikan kacang pinus berkat kandungan lemak, serat, dan proteinnya yang seimbang. Kacang pinus juga mengandung magnesium, mineral yang berpotensi untuk menyokong kinerja hormon insulin.

4. Menurunkan risiko kanker usus besar

Sebuah studi di Korea tahun 2018 melaporkan bahwa konsumsi kacang pinus, kacang tanah, dan kacang almond dikaitkan dengan penurunan angka kanker usus besar, baik pada wanita maupun pada pria. Efek tersebut diyakini berasal dari kandungan antioksidan dan serat yang ditawarkan oleh kacang pinus.

5. Mengendalikan berat badan

Walau memang cenderung tinggi kalori, konsumsi kacang pinus berpotensi untuk memberikan sensasi rasa kenyang setelah konsumsinya. Jika dinikmati dengan bijak, hal ini tentu dapat menurunkan keinginan makan dan mengurangi asupan kalori harian. 

6. Berpotensi untuk memperbaiki mood

Kacang pinus kaya dengan magnesium. Magnesium disebutkan menjadi salah satu mineral yang membantu memperbaiki mood, termasuk mengurangi rasa cemas, depresi dan stres. 

7. Memberikan energi

Kacang pinus menawarkan berbagai nutrisi yang membuatnya dapat meningkatkan level energi. Nutrisi tersebut termasuk protein, zat besi, dan magnesium. Magnesium berperan penting dalam konversi nutrisi makanan menjadi energi. Jika tubuh kekurangan magnesium, salah satu gejala yang bisa terjadi yakni kelelahan. Kekurangan zat besi juga dapat menimbulkan gejala yang sama bagi tubuh. 

Cara menikmati kacang pinus

Ada banyak cara menikmati kacang pinus. Biasanya, kacang ini bisa dikonsumsi sebagai snack dengan memanggang atau menyangrainya terlebih dahulu. Untuk disisipkan dalam sajian lain, kacang pinus bisa dinikmati dengan cara berikut ini:
  • Dibuat menjadi saus pesto bersama keju, bawang putih, basil, dan minyak zaitun
  • Ditaburkan di atas yogurt bersama buah-buahan lain
  • Dicampurkan dalam salad dan sayuran favorit di rumah
  • Diolah menjadi hummus
  • Ditaburkan di atas pizza buatan sendiri di rumah
Mengingat kalorinya yang cukup tinggi, pastikan Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi kacang pinus.

Catatan dari SehatQ

Kacang pinus merupakan biji-bijian yang bernutrisi tinggi. Namun, konsumsi biji ini harus dilakukan dengan bijak mengingat kalorinya yang cukup tinggi.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait kacang pinus, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi makanan sehat terpercaya.
proteinnutrisiseratalergi kacang
Biomed Central. https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12937-018-0345-y
Diakses pada 17 Februari 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/feeling-fatigued-could-it-be-magnesium-deficiency-and-if-so-what-to-do-about-it
Diakses pada 17 Februari 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/news/unusual-signs-iron-deficiency
Diakses pada 17 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/magnesium-anxiety
Diakses pada 17 Februari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/pine-nut-nutrition-facts-4586648
Diakses pada 17 Februari 2021
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-pine-nuts
Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait