Resep Thai Tea Rumahan yang Enak dan Sehat

(0)
31 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Thai tea alias teh tarik yang berasal dari Thailand sempat menjadi primadona minuman dingin di Indonesia. Hingga kini pun tidak sulit menemukan penjual minuman dingin thai tea, tapi Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep thai tea yang enak dan sehat.Membuat makanan atau minuman sendiri dicap lebih menyehatkan bagi tubuh. Selain dapat mengetahui dengan jelas bahan-bahan yang digunakan, Anda pun bisa menakar sendiri bahan-bahan tersebut, terutama penggunaan gula agar tidak terlalu manis dan kadar gula darah tetap terkontrol.Secara umum, jumlah asupan gula tambahan yang aman adalah 9 sendok teh (36 gram atau setara 150 kalori) per hari bagi pria dan 6 sendok teh (25 gram atau setara 100 kalori) per hari bagi wanita. Sementara segelas thai tea (473 ml) yang bukan homemade, rata-rata mengandung 38 gram pemanis buatan atau sudah melewati ambang rekomendasi aman konsumsi gula.

Cara membuat thai tea yang lebih sehat

Resep thai tea tidak membutuhkan bahan-bahan yang rumit, cara membuat thai tea yang sehat pun sangat sederhana. Berikut beberapa langkah meracik thai tea sendiri yang dapat Anda lakukan.

Bahan-bahan

  • Air putih
  • Teh hitam
  • Susu evaporasi
  • Susu kental manis
  • Gula pasir

Cara membuat thai tea

  1. Masak air hingga mendidih, lalu masukkan teh hitam
  2. Biarkan selama 5-10 menit hingga air panas berubah warna menjadi kehitaman
  3. Matikan kompor dan saring daun teh hitam
  4. Tambahkan gula pasir, susu kental manis, dan susu evaporasi
  5. Masak kembali hingga muncul buih-buih kecil yang menandakan air sudah matang.
Anda juga dapat menambahkan bahan lain untuk menambah rasanya, seperti bubuk green tea maupun cokelat hitam. Anda pun dapat melengkapi thai tea dengan boba atau agar-agar, namun penambahan bahan tersebut juga akan menambah kandungan gula dan kalori di dalam thai tea homemade Anda hingga dua kali lipatnya.Bagi Anda yang alergi susu sapi, penggunaan susu kental manis pada resep thai tea di atas dapat diganti dengan santan. Susu kental manis juga bisa dikurangi bila Anda tidak ingin rasa thai tea yang terlalu manis.Untuk kalian yang ingin menyeruput thai tea dalam keadaan dingin, tambahkan saja beberapa es batu ke dalam gelasnya!

Adakah manfaat thai tea untuk kesehatan?

Ketika resep thai tea yang tidak menggunakan gula secara berlebihan, minuman ini ternyata juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaat ini biasanya didapatkan dari bahan dasar teh hitam yang dikenal mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.Manfaat teh hitam tersebut, di antaranya:
  • Menangkal radikal bebas

Teh hitam dikenal karena kandungan polifenol yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Lebih spesifik, polifenol pada teh hitam datang dari jenis catechin, theaflavin, dan thearubigin.Polifenol inilah yang berperan aktif menangkal radikal bebas sehingga tubuh Anda tidak rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan ini. Radikal bebas kerap dihubungkan sebagai penyebab penyakit kronis pada manusia, seperti diabetes dan kolesterol tinggi.
  • Menyehatkan jantung

Antioksidan lain yang terdapat dalam teh hitam adalah flavonoid yang terkenal akan kemampuannya menyehatkan jantung. Mengonsumsi teh hitam, misalnya pada thai tea, secara reguler dipercaya dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kenaikan level trigliserida yang berhubungan dengan obesitas.
  • Menurunkan kadar gula darah

Meski tidak populer, Anda dapat memodifikasi resep thai tea tanpa menggunakan gula pasir. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa mendapatkan manfaat teh hitam sebagai penurun kadar gula darah yang otomatis akan menghindarkan Anda dari komplikasi kesehatan, seperti diabetes, obesitas, gagal ginjal, hingga depresi.Sekalipun memiliki manfaat, tetap batasi konsumsi thai tea. Pasalnya, teh hitam juga mengandung kafein yang bisa menyebabkan sakit kepala, insomnia, hingga muncul rasa gugup bila dikonsumsi secara berlebihan.Selain itu, penambahan gula pada thai tea, seperti menambahkan kental manis, secara berlebihan dapat menyebabkan tingginya kadar gula darah dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko kencing manis.
camilan sehat
American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/sugar/how-much-sugar-is-too-much
Diakses pada 29 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits
Diakses pada 29 Januari 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/302245-thai-iced-tea-nutritional-facts/
Diakses pada 29 Januari 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/288011-what-are-teh-health-benefits-of-thai-iced-tea/
Diakses pada 29 Januari 2020
Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/6682228-thai-tea-untuk-jualan
Diakses pada 29 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait