Hamil 2 Bulan, Begini Kondisi Calon Ibu dan Perkembangan Janinnya


Hamil 2 bulan adalah saat usia kehamilan mencapai 5-8 minggu. Pada durasi waktu ini, wanita umumnya mulai menyadari bahwa dirinya hamil karena menstruasi terhenti untuk pertama sampai kedua kalinya.

(0)
30 Aug 2020|Annisa Trimirasti
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Hamil 2 bulan bisa dicek dengan testpackKetika hamil 2 bulan, calon ibu biasanya mulai menyadari kehamilannya
Hamil 2 bulan adalah saat usia kehamilan mencapai 5-8 minggu. Pada durasi waktu ini, wanita umumnya mulai menyadari bahwa dirinya hamil karena menstruasi telah terhenti dan mulai merasakan gejala kehamilan.Usia kehamilan 2 bulan termasuk dalam trimester pertama. Trimester ini berlangsung dari usia kehamilan 1 hingga 13 minggu. Pada usia kandungan 2 bulan, Anda akan menjalani pemeriksaan kehamilan pertama Anda, termasuk USG.

Kondisi janin saat memasuki usia kandungan 2 bulan

Dikutip dari NHS UK, di usia hamil 8 minggu, bayi masih mendapatkan nutrisi dari yolk sac karen plasenta masih terus berkembang. Pada kehamilan 2 bulan, janin juga umumnya sudah mulai menunjukkan perkembangan pesat, di antaranya seperti berikut:

1. Panjang janin mencapai 18 sentimeter

Pada masa awal kehamilan ini, janin berkembang dengan pesat. Panjang janin pada akhir bulan ini bisa mencapai 12-18 cm, yakni sebesar buah raspberry dan sepertiga bagian ini adalah kepala janin.

2. Organ tubuh mulai terbentuk

Pada usia kehamilan 8 minggu, bentuk janin mulai terlihat menyerupai manusia. Mata, rahang, telinga, serta hidungnya akan terbentuk dan berada pada posisi yang sesuai.Lengan janin juga mulai bertambah panjang begitu juga dengan kakinya. Pada tiap tangannya pun terdapat bakal jari-jari. Selain itu, tungkai, kaki, dan jari kaki janin akan segera tumbuh serta berkembang.Pada kehamilan 2 bulan, tabung saraf yang berisi otak dan sumsum tulang belakang sudah terbentuk. Saluran cerna janin pun mulai berkembang.

3. Detak jantung janin semakin jelas

Detak jantung janin juga semakin jelas, di mana bisa berdenyut sebanyak 150-170 kali per menit. Jumlah ini dua kali lebih cepat daripada detak jantung Anda. Tulang lunak pada janin pun mulai tergantikan dengan tulang sesungguhnya.

4. Sudah mulai bergerak

Memasuki usia 2 bulan, janin sudah mulai bergerak meski ibu hamil belum bisa merasakannya. Pada akhir kehamilan ini, janin telah berganti nama dari embrio menjadi fetus.Baca juga: Hamil 3 Bulan, Ini yang Terjadi pada Ibu dan Janin

Kondisi calon ibu ketika hamil 2 bulan

Pada usia kehamilan 2 bulan, rahim akan membesar menjadi seukuran lemon hingga jeruk bali. Namun bentuk perut hamil 2 bulan yang buncit umumnya belum tampak.Di usia kandungan ini, ibu mungkin akan merasakan sejumlah gejala kehamilan yang umum di trimester pertama. Beberapa di antaranya meliputi:
  • Morning sickness, yaitu rasa mual hingga muntah selama kehamilan
  • Sering merasa lelah
  • Payudara terasa nyeri dan agak membesar
  • Buang air kecil lebih sering dari biasanya
  • Suasana hati naik turun (moody)
  • Mendambakan atau membenci rasa maupun bau tertentu (mengidam)
  • Mengalami keputihan
  • Wajah menjadi berjerawat atau justru menjadi bersih
  • Hidung sering tersumbat
  • Mengalami gangguan pencernaan, salah satunya sembelit
  • Kadang merasa gerah tanpa alasan tertentu
Bagaimana jika keluar darah saat hamil 2 bulan tapi tidak sakit?Jika Anda mengalami flek saat hamil 2 bulan, itu adalah hal umum yang kerap terjadi selama masa kehamilan di trimester pertama atau hamil muda. Keluar darah atau flek dari vagina saat hamil muda bisa disebabkan oleh menempelnya sel telur di dinding rahim atau disebut perdarahan implantasi. Jika tidak menyebabkan perut sakit saat hamil 2 bulan atua disertai dengan perdarahan hebat maka Anda tidak perlu khawatir.Keluhan kehamilan seperti di atas wajar terjadi akibat perubahan hormon, seperti hormon progesteron dan estrogen, serta relaksasi otot selama kehamilan.Baca juga: Tanda Hamil 2 bulan Tidak BerkembangUntuk mengatasi semua keluhan tersebut, perawatan ibu hamil 2 bulan harus terus diperhatikan. ibu hamil disarankan untuk menerapkan pola makan kaya serat, makan dalam jumlah sedikit dan sering, hindari makanan berlemak jahat, banyak minum air, rutin mengonsumsi vitamin prenatal, serta menggunakan alat pelembap ruangan. Saat usia kandungan 2 bulan, gusi calon ibu juga bisa menjadi lebih sensitif. Jadi perhatikanlah kebersihan gigi dan mulut dengan lebih baik.

Pemeriksaan dokter saat usia kandungan 2 bulan

Pada bulan ke-2 kehamilan, Anda mungkin akan menjalani pemeriksaan kehamilan pertama ke dokter. Selanjutnya, pemeriksaan ini perlu Anda lakukan secara rutin sebulan sekali hingga trimester ketiga.Namun mulai trimester ketiga kehamilan, Anda akan dianjurkan untuk memeriksakan kandungan setiap 2 minggu sekali.Pada saat kunjungan pertama ke dokter, beberapa jenis pemeriksaan di bawah ini mungkin akan dilakukan:
  • Tes darah dan tes urine
  • Pengukuran tinggi dan berat badan
  • Perabaan perut atau fundus
  • Pengukuran tekanan darah
  • Pemeriksaan area panggul
  • Pap smear
Selama pemeriksaan kehamilan rutin, jangan ragu untuk menceritakan keluhan yang Anda alami. Anda pun disarankan untuk menyiapkan beberapa pertanyaan sebelum mengunjungi dokter agar tidak lupa saat pemeriksaan.

Yang perlu diwaspadai saat hamil 2 bulan

Selama hamil muda, ada sejumlah contoh kondisi atau keluhan yang perlu Anda waspadai. Berikut contohnya:
  • Keluar darah deras dari vagina
  • Mual dan muntah berat, bahkan berpotensi menyebabkan dehidrasi
  • Demam tinggi
  • Keputihan dengan tekstur, bau, atau warna yang berbeda dari biasanya
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Tungkai atau betis terasa nyeri maupun bengkak
Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera berkonsultasi pada dokter. Baca juga: Bumil Harus Tahu, Ini Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 2 BulanSelain itu, mengindari terjadinya kegugura atau masalah kehamilan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal termasuk pantangan ibu hamil 2 bulan seperti berikut:
  • Mengonsumsi telur setengah matang
  • Mengonsumsi makanan mentah baik daging maupun ikan
  • Mengonsumsi makanan yang tidak dipasteurisasi atau dipanaskan dalam suhu tinggi
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri, contohnya seperti ikan makarel, hiu, dan terkadang kerang
  • Mandi dengan air terlalu panas atau mandi sauna
  • Merokok, minum-minuman keras dan konsumsi obat-obatan tanpa pengawasan dokter
  • Melakukan kontak fisik secara berlebihan dengan hewan peliharaan seperti anjing maupun kucing
Saat usia kandungan 2 bulan, janin semakin berkembang dan menyerupai manusia sesungguhnya. Meski begitu, tetap perhatikan kesehatan dan keluhan yang Anda alami. Bila proses kehamilan terasa berat atau mengganggu kenyamanan, konsultasikanlah dengan dokter kandunganAnda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter di sini.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
trimester pertama kehamilanpemeriksaan kehamilan
About Kids Health. https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=320&language=English
Diakses pada 30 Agustus 2020
Baby Centre UK. https://www.babycentre.co.uk/2-months-pregnant
Diakses pada 30 Agustus 2020
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/7247-fetal-development-stages-of-growth
Diakses pada 30 Agustus 2020
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/8-weeks-pregnant/
Diakses pada 30 Agustus 2020
WebMD. https://www.webmd.com/baby/features/pregnancy-first-trimester-warning-signs#1
Diakses pada 30 Agustus 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-8.aspx
Diakses pada 30 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait