Ponytail Headache, Sakit Kepala saat Menguncir Rambut


Pernah merasa sakit kepala saat menguncir rambut seharian? Ini tanda fenomena ponytail headache yang tejadi karena saraf di dekat kulit kepala tertekan. Solusinya, coba variasikan agar rambut tidak terus-menerus dalam kondisi terikat.

0,0
19 Oct 2021|Azelia Trifiana
Menguncir rambutMenguncir rambut
Pernah merasa sakit kepala saat menguncir rambut seharian? Ternyata, fenomena ponytail headache memang nyata adanya. Padahal, kuncir rambut dengan model seperti ini sangatlah ringkas sekaligus nyaman. Solusinya, coba variasikan agar rambut tidak terus-menerus dalam kondisi terikat.
Sakit kepala ini muncul karena ada tekanan pada kulit kepala. Terlebih, area yang tertarik adalah itu-itu saja karena memang ponytail biasanya diikat di tempat sama. Jadi, bagaimana cara menghindarinya?

Penyebab ponytail headache

Bukan hanya satu dua orang yang mungkin mengalami ponytail headache. Ini adalah keluhan yang cukup umum terjadi. Sebab, Anda perlu tahu bahwa di bawah folikel rambut serta di kulit kepala, terdapat saraf-saraf yang sangat sensitif.Ketika kuncir rambut terlalu rapat, saraf-saraf ini akan mendapat tekanan. Konsekuensinya, akan terjadi ponytail headache. Ini adalah jenis sakit kepala akibat tekanan eksternal.Bukan hanya dari kuncir rambut. Sakit kepala semacam ini juga bisa dialami orang yang memakai bando, scarf, hijab, ciput dalaman hijab, swimming cap, atau yang rambutnya sedang dikepang.Lebih jauh lagi, sakit kepala saat menguncir rambut secara teknis merupakan cutaneous allodynia. Ini adalah sensasi rasa sakit karena ada kontak dengan stimulus yang normalnya tak menimbulkan rasa nyeri.Meski ponytail headache adalah hal yang umum, orang dengan keluhan tension headache, migrain, atau menderita nyeri kronis seperti fibromyalgia lebih rentan mengalaminya.Saraf-saraf yang terdampak tekanan adalah yang terletak di bagian belakang kepala (occipital) dan sekitar wajah (trigeminal).

Bagaimana mengatasinya?

Kenali ciri-ciri ponytail headache. Sakit kepala saat menguncir rambut, bahkan ketika baru berlangsung beberapa menit saja. Jika ini yang Anda alami, langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan kuncir rambut.Kemudian, pijat perlahan kulit kepala tempat Anda merasa sakit. Jangan lupa tarik napas panjang untuk meredakan sakit kepala.Biasanya, sakit kepala akibat tekanan eksternal ini akan mereda dengan sendirinya satu jam setelah Anda melepaskan kuncir rambut.Tak kalah penting, coba pertimbangkan untuk mengganti model kuncir rambut atau cara memakai hijab. Mungkin, bisa diganti dengan mengepang rambut secara longgar atau mengganti ciput dengan yang lebih longgar.Mungkin juga, Anda bisa mempertimbangkan potongan rambut lebih pendek atau memakai bobby pins. Apapun bisa dilakukan, asalkan bisa mengurangi tekanan pada area kulit kepala akibat menguncir rambut.Lalu, bagaimana jika tetap harus menguncir rambut karena tuntutan aktivitas seperti berolahraga?Lihat durasinya. Sebisa mungkin, lepaskan kuncir rambut secara berkala setiap jamnya. Dengan demikian, saraf di kulit kepala mendapat jeda dari tekanan terus-menerus.Jangan lupa, tidur nyenyak di malam hari – dengan rambut tidak terkuncir tentu saja – juga dapat meredakan sakit kepala.

Bisa dialami siapa saja

Saking umumnya keluhan ponytail headache, bahkan penyanyi Ariana Grande pun pernah mengeluhkan hal yang sama pada tahun 2018 lalu. Gaya rambut Ariana Grande memang ponytail tinggi, hampir di setiap waktu. Ini membuatnya merasakan sakit terus-menerus.Selain itu, balerina, penari, atlet gimnastik, dan cheerleaders juga rentan mengalaminya. Profesi-profesi ini biasanya mengharuskan rambut dikuncir dengan rapat agar tidak mengganggu gerakan.Bahkan, ternyata sakit kepala saat menguncir rambut ini bukan hanya hal yang disadari baru-baru ini. Ada referensi sejarah bahwa gaya rambut ini memang menimbulkan rasa sakit sejak tahun 1500-an.Perhitungkan pula faktor lain yang juga memicu rasa sakit saat rambut dikuncir. Contohnya karena kurang tidur, dipengaruhi siklus menstruasi, dan perubahan hormon lainnya.Bagaimana jika sakit kepala tidak kunjung mereda hingga berjam-jam sejak kuncir dilepas? Obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan acetaminophen bisa jadi pilihan, namun bukan sebagai solusi setiap kali sakit kepala muncul.

Catatan dari SehatQ

Meski tidak ada saraf pada helaian rambut, bagian belakang kepala dan sekitar wajah berisi saraf yang sangat sensitif. Menguncir rambut dalam durasi terlalu lama akan memberikan tekanan dan menimbulkan sakit kepala.Bukan hal yang baru, sebab ponytail headache merupakan fenomena sejak ratusan tahun silam.Langkah untuk mengatasinya tentu dengan melepaskan kuncir rambut terlalu rapat dan berjam-jam. Biasanya, kemudian sakit kepala akan mereda dengan sendirinya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar ponytail headache dan gejalanya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan wanitahidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/ponytail-headache
Diakses pada 5 Oktober 2021
Elle. https://www.elle.com/beauty/hair/news/a39849/why-ponytails-cause-headaches/
Diakses pada 5 Oktober 2021
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/ponytail-headache-why_l_5de6e070e4b0913e6f87119c
Diakses pada 5 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait