Sakit Kepala Stres: Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


Sakit kepala stres adalah kondisi yang terjadi akibat peningkatan produksi hormon kortisol oleh kelenjar adrenal. Cara mengatasinya dengan menerapkan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, hingga yoga.

0,0
Sakit kepala stres adalah kondisi yang terjadi akibat peningkatan produksi hormon kortisol oleh kelenjar adrenalStres merupakan salah satu penyebab sakit kepala tegang
Sakit kepala merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh banyak orang dalam hidupnya. Kondisi ini umumnya muncul sebagai gejala kondisi medis atau penyakit tertentu.
Di sisi lain, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh stres. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Tindakan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala stres? Simak pembahasannya lebih lanjut di bawah.

Kenapa stres dapat menyebabkan sakit kepala?

Stres merupakan salah satu kondisi psikologis yang dapat menjadi penyebab utama seseorang mengalami sakit kepala. Saat sedang stres, produksi hormon kortisol oleh kelenjar adrenal akan mengalami peningkatan. Kondisi tersebut yang kemudian membuat Anda merasakan sakit kepala ketika stres.Selain menyebabkan sakit kepala, stres yang Anda rasakan juga dapat memicu ketegangan pada bagian dahi dan belakang leher. Kondisi ini umumnya dapat diatasi melalui perawatan rumahan. Namun, dalam beberapa kasus, sakit kepala stres memerlukan penanganan dari dokter, terutama jika sampai mengganggu aktivitas Anda.

Jenis sakit kepala yang dapat dipicu stres

Jenis sakit kepala yang umum terjadi akibat stres adalah tension headache atau sakit kepala tegang. Pada kondisi tersebut, stres dapat menjadi penyebab utama sakit kepala. Selain tension headache, ada beberapa jenis sakit kepala lain yang juga bisa dipicu oleh stres.Berikut ini beberapa jenis sakit kepala yang bisa terjadi akibat stres:
  • Tension headache

Stres merupakan salah satu penyebab tension headache. Kondisi ini membuat orang yang mengalaminya merasakan sakit kepala, serta ketegangan pada bagian belakang leher dan dahi. Umumnya, jenis sakit kepala ini bisa Anda atasi dengan mudah melalui perawatan rumahan.
  • Secondary headache

Secondary headache adalah sakit kepala yang terjadi akibat masalah kesehatan serius seperti tumor otak dan stroke. Meskipun bukan merupakan penyebab utama, stres yang dirasakan oleh penderitanya dapat membuat mereka merasakan sakit kepala.
  • Migrain

Migrain merupakan sakit kepala yang terjadi pada salah satu sisi kepala. Kondisi ini bisa sangat mengganggu aktivtas penderitanya dan membuat mereka kesulitan untuk berjalan. Meski bukan menjadi penyebab utama migrain, stres adalah salah satu kondisi yang meningkatkan potensi kambuhnya sakit kepala jenis ini.

Cara mengatasi sakit kepala stres

Cara mengatasi sakit kepala stres adalah dengan menerapkan teknik relaksasi. Tindakan ini bertujuan untuk mengelola stres yang Anda rasakan. Beberapa teknik relaksasi yang dapat Anda lakukan meliputi:
  • Pijat
  • Yoga
  • Tai chi
  • Meditasi
  • Terapi biofeedback atau teknik untuk mengontrol beberapa fungsi tubuh
  • Melakukan hobi
  • Mendengarkan musik
  • Latihan pernapasan dalam
  • Menyalakan lilin aromaterapi
Setiap orang punya caranya masing-masing untuk mengatasi stres. Untuk mengetahui teknik relaksasi yang tepat dan sesuai untuk Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba satu per satu  atau melakukan kombinasi dari aktivitas-aktivitas di atas. Jangan lupa juga untuk menghindari apa yang menjadi pemicunya untuk mencegah datangnya sakit kepala.

Kapan harus ke dokter?

Sakit kepala stres memang bisa diatasi dengan menerapkan teknik relaksasi. Meskipun begitu, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda berkonsultasi dengan dokter. Segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter apabila sakit kepala tak kunjung hilang setelah menerapkan teknik relaksasi dan membuat aktivitas sehari-hari Anda terganggu.Dalam beberapa kasus, sakit kepala dapat menjadi tanda masalah kesehatan serius. Maka dari itu, diagnosis dokter diperlukan untuk mencari tahu penyebab pastinya, serta cara menangani kondisi tersebut dengan tepat.

Catatan dari SehatQ

Sakit kepala stres adalah kondisi yang terjadi akibat peningkatan produksi hormon kortisol oleh kelenjar adrenal. Cara mengatasi kondisi ini dapat dengan menerapkan teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, dan yoga.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
stressakit kepala
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/how-are-headaches-and-stress-connected-3144826
Diakses pada 7 September 2021
Health. https://www.health.com/condition/headaches-and-migraines/stress-headache
Diakses pada 7 September 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/relaxation-technique/art-20045368
Diakses pada 7 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait