Salad Sayur untuk Diet, Padu Padan Menu Sehat yang Menyenangkan

(0)
14 Jan 2020|Azelia Trifiana
Salad sayur untuk diet berisi kombinasi sayuran yang bermanfaat sekaligus tetap lezat dikonsumsiUntuk membuat menu salad sayur untuk diet, pastikan memilih berbagai sayuran dengan beragam warna
Jika ingin memulai kebiasaan hidup sehat, salah satu yang paling sederhana adalah mengonsumsi salad sayur untuk diet setiap harinya. Tak hanya mudah ditemukan atau dibuat sendiri, salad adalah menu yang menyenangkan untuk terus dieksplorasi. Tak ada aturan baku apa saja isian salad sayur untuk diet bagi setiap orang. Anda bebas memilih isian apa saja yang disukai dan bisa berganti-ganti setiap harinya. Tujuannya tentu agar pengalaman makan sayur menjadi lebih menyenangkan sekaligus tetap mendapat manfaatnya.

Manfaat salad sayur untuk diet

Tentu semakin berwarna menu salad sayur untuk diet Anda, akan semakin bagus pula kandungan nutrisinya. Sayuran tak selalu berwarna hijau. Mulai dari kuning, ungu, merah, oranye, dan banyak lagi sebaiknya dicoba karena gizinya pun berbeda-beda.Berikut ini manfaat mengonsumsi salad sayur untuk diet:
  • Kebutuhan serat terjaga

Tentu tak hanya untuk diet atau urusan menurunkan berat badan saja, salad sayur juga memenuhi kebutuhan serat setiap individu. Tak hanya mencegah konstipasi, tercukupinya kebutuhan serat juga mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
  • Mendapat manfaat buah dan sayur

Salad dengan isian sayur dan buah mengandung nutrisi yang sangat banyak bagi tubuh. Apalagi, sayur dan buah sangat bermanfaat sebagai antioksidan penangkal zat radikal bebas penyebab penyakit. Menurut berbagai penelitian ilmiah, mengonsumsi banyak sayur dan buah terbukti menekan risiko terkena penyakit, terutama kanker. Sekarang tinggal Anda yang memilih apa saja sayur dan buah untuk diet sehari-hari.
  • Menekan asupan kalori

Dalam kaitannya salad sayur untuk diet, tentu mengonsumsi salad sebanyak 150 kalori setiap awal waktu makan akan menimbulkan sensasi kenyang. Hasilnya, seseorang akan terhindar dari makan berlebihan. Artinya, dalam sehari disarankan mengonsumsi sekitar 450 kalori sayuran bagi yang sedang menjalani diet.Namun ingat, kalori ini harus dihitung dari kandungan sayurannya. Bukan dari tambahan lemak seperti dressing yang terkadang mengubah total jumlah kalorinya.
  • Lemak tak jenuh tunggal

Mendapatkan lemak tak jenuh tunggal seperti yang ada pada minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan sangat terbantu apabila dikonsumsi bersamaan dengan mengonsumsi salad sayur untuk diet.Untuk itu, jangan kehabisan akal untuk membuat salad sayur untuk diet dengan tambahan alpukat, minyak zaitun, atau kacang-kacangan tertentu. Menurut penelitian di Italia, hal ini bahkan dapat memperpanjang usia seseorang.

Menu salad sayur untuk diet

Bagi yang sudah terlanjur menganggap bahwa makan sayuran itu pahit dan tidak menyenangkan, sebaiknya coba menata ulang mindset tersebut. Nyatanya, salad sayur untuk diet bisa berisi kombinasi sayuran yang bermanfaat sekaligus tetap lezat dikonsumsi.Untuk membuat menu salad sayur untuk diet, pastikan memilih berbagai sayuran dengan beragam warna. Selain itu, beri pendamping protein dan karbohidrat yang juga sehat.Pilihan protein bisa berupa ayam panggang, daging cincang, atau protein lain yang sebaiknya tidak digoreng. Sementara untuk karbohidrat, Anda bisa menambahkan potongan roti gandum yang dipotong kecil-kecil, udon, dan banyak lagi.Tak lupa, tambahkan pendamping sesuai selera. Jika Anda suka buah, tambahkan buah seperti irisan stroberi yang tidak akan merusak rasa namun justru menambah kesegarannya.Terakhir, soal dressing juga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Sekarang ada begitu banyak pilihan resep dressing salad sayur untuk diet yang bisa dicoba. Jangan ragu mencoba padu padan dressing dengan menu salad sayur Anda untuk menemukan perpaduan yang paling pas.Perpaduan menu yang sebaiknya ada dalam menu salad sayur untuk diet adalah:
  1. Sayuran hijau
  2. Sayuran berwarna
  3. Protein (daging, ikan, kacang-kacangan, ayam)
  4. Buah-buahan
  5. Lemak baik (alpukat, keju, chia seeds, minyak zaitun)
Satu lagi yang tak kalah penting adalah konsistensi untuk menjalaninya. Menu salad sayur untuk diet mungkin belum umum dibandingkan dengan menu sarapan khas orang Indonesia seperti nasi uduk, lontong sayur, atau bubur ayam. Namun jika konsisten, apalagi manfaatnya melimpah untuk kesehatan tubuh, mengapa tidak?
makanan sehatmakanan dietmenurunkan berat badanbuah dan sayuran
Eating Well. http://www.eatingwell.com/recipes/18157/salad/vegetable/
Diakses 7 Januari 2020
Flavour and Savour. https://www.flavourandsavour.com/6-dinner-salads-that-will-fill-you-up/
Diakses 7 Januari 2020
WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/features/4-healthy-reasons-eat-salad-today#1
Diakses 7 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait