Sayuran Antioksidan untuk Tubuh Sehat, Semuanya Ada di Warung Terdekat!


Jenis sayuran yang mengandung antioksidan amatlah beragam. Sayuran antioksidan yang dijamin ada di warung terdekat yaitu bayam, daun singkong, wortel, hingga ubi jalar.

(0)
14 Feb 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Brokoli dan bayam merupakan sayuran antioksidan yang mudah didapatkanMengonsumsi sayuran antioksidan bermanfaat bagi kesehatan tubuh
Hidup sehat sebenarnya tak perlu ribet, lho! Dengan rajin memvariasikan berbagai jenis sayuran, Anda bisa mendapatkan antioksidan yang penting untuk tubuh. Tak usah mencari yang mahal, sayuran yang mengandung antioksidan sudah tersedia di dekat Anda, entah itu di warung, pasar tradisional, dan pasar modern. Apa saja jenis sayuran antioksidan?

9 Sayuran yang mengandung antioksidan

Murah dan mudah dicari, ini dia jenis sayuran yang mengandung antioksidan:

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran antioksidan yang sangat mudah didapatkan. Cita rasanya yang segar menjadikan bayam sebagai salah satu sayuran populer di muka bumi. Selain lezat, sayur bayam juga mengantongi beragam jenis nutrisi termasuk antioksidan. Beberapa jenis antioksidan dalam bayam yaitu:
  • Lutein dan zeaxanthin, dua sejoli antioksidan yang bantu sehatkan mata
  • Kaempferol, diyakini dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit kronis
  • Kuersetin, jenis antioksidan yang membantu menangkal infeksi dan peradangan. Bayam merupakan salah satu makanan yang kaya dengan kuersetin.

2. Brokoli

Brokoli juga menjadi sayuran antioksidan yang populer karena lezat dan mudah dicari. Brokoli kaya akan nutrisi, termasuk menawarkan sejumlah zat antioksidan bermanfaat. Beberapa jenis antioksidan dalam brokoli, termasuk:
  • Sulforafana, jenis antioksidan tertinggi dalam brokoli. Sulforafana berpotensi untuk melawan beberapa jenis kanker.
  • Lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, zat-zat antioksidan karotenoid yang menyehatkan mata
  • Kaempferol, zat antioksidan yang diyakini memiliki sifat antikanker dan antiradang
  • Kuersetin. Merupakan jenis antioksidan dengan segudang manfaat, termasuk turunkan tekanan darah

3. Wortel

Siapa yang tak suka wortel? Warna oranyenya membuat semangkuk sup ayam menjadi lebih menarik. Wortel pun menawarkan sejumlah zat antioksidan penting berikut ini:
  • Beta-karoten. Menjadi salah satu antioksidan utama dalam wortel, beta-karoten dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A.
  • Alfa-karoten, yang juga dapat diubah oleh tubuh menjadi vitamin A
  • Lutein, jenis antioksidan yang penting untuk mata
  • Likopen, bisa ditemukan dalam wortel ungu dan merah

4. Ubi jalar

Sering menemukan ubi jalar di warung dekat rumah? Jangan hanya diabaikan, ya. Ubi jalar pun menjadi jenis umbi sayuran antioksidan yang lezat, murah, dan bergizi tinggi.Seperti wortel, ubi jalar mengandung antioksidan dalam kelompok karotenoid, termasuk beta-karoten. Antioksidan ini bisa diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang vital untuk mata. Ubi jalar juga mengandung zat-zat antosianin yang berpotensi untuk melawan sel kanker.

5. Seledri

Seledri juga menjadi jenis sayuran yang mengandung antioksidan. Walau terlihat mungil, terdapat belasan jenis antioksidan yang ditawarkan batang dan dedaunan seledri. Antioksidan dalam seledri termasuk vitamin C, beta-karoten, serta zat-zat flavonoid. Kandungan dalam seledri juga dilaporkan dapat mengurangi peradangan di saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ di dalam tubuh.

6. Selada

Bila membeli pecel lele, daun selada dan lalapan lain jangan sampai Anda abaikan. Pasalnya, selada pun menjadi sayuran antioksidan yang murah dengan rasa yang netral. Walau efek antioksidan masing-masing jenis selada dapat berbeda, sayuran ini umumnya kaya dengan asam fenolat, zat-zat flavonoid, zat-zat antosianin, vitamin C, hingga provitamin A. Semua nutrisi tersebut membuat selada selayaknya bisa sering dikonsumsi.

7. Bunga kol

Masih berkerabat dekat dengan brokoli, bunga atau kembang kol pun tak mau kalah untuk menawarkan zat antioksidan. Bunga kol utamanya tinggi dengan grup antioksidan glukosinolat dan isotiosianat. Grup glukosinolat dan isotiosianat dilaporkan dapat menghambat sel-sel kanker dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tak sampai di situ. Kembang kol juga menawarkan antioksidan lain, seperti vitamin C, zat-zat karotenoid, dan zat-zat flavonoid.

8. Kentang

Ya, kentang merupakan jenis sayur umbi yang juga menawarkan zat antioksidan. Kentang mengandung antioksidan seperti zat-zat flavonoid, karotenoid, hingga asam fenolat. Dilaporkan bahwa zat antioksidan dalam kentang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar. 

9. Daun singkong

Rebusan daun singkong yang disajikan dengan nasi dan sambal, siapa yang tak tergoda? Selain nikmat dan lezat, daun singkong juga menjadi jenis sayuran yang mengandung antioksidan. Daun singkong dilaporkan mengandung antioksidan fenolik yang membantu menangkal efek radikal bebas. Daun singkong juga mengandung vitamin C, dengan kadar yang lebih tinggi dibanding umbinya.

Catatan dari SehatQ

Ada banyak sekali jenis sayuran yang mengandung antioksidan. Banyak di antaranya juga sangat mudah dicari di warung dan pasar terdekat, mulai dari daun singkong, bayam, selada, hingga wortel.Apabila masih memiliki pertanyaan terkait sayuran yang mengandung antioksidan, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi nutrisi terpercaya.
makanan sehatnutrisiantioksidanbuah dan sayuran
Harvard Health Publishing. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/sweet-potatoes
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/spinach
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-potatoes
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/broccoli
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/carrots
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/health-benefits-of-celery
Diakses pada 3 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sweet-potato-benefits
Diakses pada 3 Februari 2021
Litbang Kementerian Perindustrian. http://litbang.kemenperin.go.id/biopropal/article/view/709/1535
Diakses pada 3 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait