Rekomendasi Ide Kado untuk Anak 1 Tahun yang Menarik dan Bermanfaat


Kado untuk anak 1 tahun perlu Anda pertimbangkan manfaat dan juga kebutuhannya. Hadiah untuk anak 1 tahun sebaiknya dapat digunakan dalam waktu lama dan dapat mendukung tumbuh kembang anak.

(0)
21 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Rekomendasi ide kado untuk anak 1 tahunGambang (xylophone) kayu yang warna-warni cocok jadi kado untuk anak 1 tahun
Mencari kado untuk anak 1 tahun merupakan hal yang tidak mudah bagi sebagian orang. Sebab, anak usia 1 tahun belum bisa ditanya apa yang diinginkannya. Anda juga perlu mempertimbangkan bahwa anak usia 1 tahun masih berada dalam periode emas perkembangannya. Oleh karena itu, sebaiknya kado yang diberikan selain menyenangkan, juga bermanfaat untuk tumbuh kembang otak dan keahlian motoriknya.

Ide kado terbaik untuk anak 1 tahun

Anak 1 tahun umumnya masih mengalami perkembangan fisik yang pesat. Sehingga, Anda tidak disarankan memberi kado yang dibatasi ukuran, seperti baju atau sepatu. Pilihlah jenis kado untuk anak 1 tahun yang dapat digunakan dalam waktu lama dan mendukung tumbuh kembangnya.

1. Benda yang dapat bersuara

Gambang kayu berwarna
Gambang (xylophone) kayu berwarna cocok jadi kado untuk anak 1 tahun
 Benda-benda yang dapat mengeluarkan suara merupakan pilihan yang baik sebagai kado untuk anak 1 tahun. Pada usia tersebut, anak suka menekan, menggoyangkan, melempar, serta membenturkan benda-benda di sekitarnya. Mereka juga menyukai suara yang dihasilkan benda-benda tersebut. Beberapa contohnya adalah:
  • Piano kayu mini
  • Gambang (xylophone) kayu
  • Perlengkapan drum
  • Mainan tekan bersuara hewan
  • Bola bergemerincing.
Anak-anak juga dapat belajar mengenai sebab akibat saat bermain dengan benda tersebut. Misalnya, saat menekan tombol mainan, mereka akan menyadari suara yang muncul dan tombol yang berbeda menghasilkan suara berbeda. Benda yang dapat bergemerincing saat digoyangkan juga dapat menarik perhatian dan membuatnya senang.

2. Benda berwarna cerah

Mainan berwarna cerah
Mainan berwarna cerah bisa membantu Si Kecil mengenal warna
Anda juga bisa membelikan barang warna-warni yang cerah sebagai kado untuk anak 1 tahun. Anak-anak secara alami akan tertarik pada warna dengan kontras yang tinggi. Salah satunya adalah balok susun warna-warni yang bisa dimainkan untuk melatih motorik dan logikanya.Karena anak usia 1 tahun umumnya sudah bisa menjepit sesuatu di antara telunjuk dan jempol, krayon bayi bisa menjadi pilihan. Krayon ini biasanya berukuran lebih besar dari krayon biasa. Selain itu, krayon bayi terbuat dari bahan yang aman dan dapat dihapus.Membiarkan anak bermain-main dengan krayon bayi dapat memancing kemampuannya mengenal warna dan meningkatkan ketertarikannya pada seni.

3. Mainan yang dapat dimasukkan dan dikeluarkan dari wadah

Puzzle anak
Puzzle bisa jadi kado untuk anak 1 tahun yang mendidik
Kebanyakan anak usia 1 tahun senang memasukkan dan mengeluarkan sesuatu dari wadahnya secara berulang-ulang. Aktivitas ini juga bermanfaat untuk melatih keahlian motorik halus sekaligus kesadaran spasialnya.Ada banyak pilihan kado untuk anak 1 tahun yang mendukung aktivitas tersebut. Anda dapat memberikan mainan set bola keranjang mini. Selain itu, ada juga puzzle kayu berbagai bentuk, di mana anak belajar menempatkan potongan puzzle sesuai bentuk wadahnya.Mainan lain yang serupa adalah bantal kotak atau bundar yang di dalamnya terdapat beraneka ragam benda. Mulai dari hewan, buah, bunga, hingga alat transportasi. Anak dapat memasukkan tangan melalui celah yang tersedia dan menarik isinya. Keanekaragaman isinya dapat menarik perhatian anak yang menggemari banyak hal.

4. Boneka binatang

Boneka binatang
Mainan halus seperti boneka binatang tidak berbahaya bagi bayi 1 tahun
Mainan halus, misalnya boneka binatang yang lembut dan empuk, merupakan salah satu pilihan terbaik sebagai kado anak 1 tahun. Anak-anak akan merasa nyaman menggenggam dan berinteraksi dengan boneka tersebut, termasuk memeluknya.Mainan ini umumnya sangat aman karena tidak ada bagian keras atau tajam. Selain itu, juga bermanfaat untuk melatih anak mengekspresikan emosinya. Anda dapat menemani anak untuk bermain boneka busa dan berinteraksi dengannya. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dan imajinasi anak.

5. Buku anak

Buku anak 1 tahun
Membacakan buku anak bisa meningkatkan kemampuan bahasanya
Buku selalu menjadi pilihan yang tepat sebagai kado anak 1 tahun. Anda dapat memberikan dan membacakan buku cerita yang menarik pada anak untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasanya.Selain itu, ada banyak sekali hal yang dapat dipelajari anak dari buku untuk mengenali benda-benda di sekitarnya. Saat ini, buku untuk anak juga telah dibuat sekreatif mungkin. Mulai dari buku bantal, buku papan, buku timbul, hingga buku yang dapat mengeluarkan suara-suara unik.

6. Benda yang dapat dinaiki

Mainan kuda-kudaan
Kuda-kudaan cocok jadi kado untuk anak 1 tahun
Anak usia 1 tahun suka berkendara atau menaiki sesuatu dan juga mengendalikannya. Kado untuk anak 1 tahun yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah mobil-mobilan atau sepeda bayi. Anak-anak dapat melatih motorik dan keseimbangan saat mengendarainya. Dengan belajar berkendara, mereka juga bisa merasa lebih percaya diri.Selain itu, ada juga ayunan bayi dengan dudukan berbusa yang telah dijamin keamanan dan kenyamanannya. Benda ini dapat membuat anak senang karena terus bergerak dan dapat melatih keberaniannya.Itulah beberapa ide kado untuk anak 1 tahun. Sebaiknya perhatikan keterangan umur yang biasanya disertakan dalam kemasan. Sebagian barang mungkin dinyatakan tidak cocok bagi anak 1 tahun, jika dilengkapi dengan benda-benda kecil yang rawan menyebabkan tersedak.Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan anak, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play
perkembangan anakmainan anak
The Bump. https://www.thebump.com/a/best-gifts-1-year-old
Diakses 7 Januari 2021
Experienced Mommy. https://www.experiencedmommy.com/best-toys-gift-ideas-1-year-old-girls/
Diakses 7 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait