Sederet Manfaat Tanaman Beracun Belladonna yang Tidak Diduga-duga


Atropa belladonna merupakan tanaman beracun. Meskipun demikian, dengan dosis yang sesuai, kandungan belladonna dapat digunakan dalam pengobatan berbagai kondisi, misalnya refluks asam lambung hingga kram perut.

0,0
04 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Atroba belladonna dianggap memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatanBelladonna dikenal sebagai tanaman beracun
Belladonna adalah tanaman beracun yang berasal dari beberapa daerah di Asia dan Eropa. Tanaman yang juga dikenal sebagai Atropa belladonna atau nightshade ini dikenal unik dan kontroversial. Belladonna, yang berarti wanita cantik dalam bahasa Italia, memiliki buah yang dikenal dengan sebutan berry pembunuh atau berry iblis.
Hal ini dikarenakan daun dan buah belladonna mengandung racun yang dapat menyebabkan kematian. Anak-anak dan hewan peliharaan dinilai memiliki risiko lebih tinggi mengalami keracunan tanaman ini. Meskipun demikian, belladonna telah banyak digunakan dalam dunia medis.

Potensi manfaat belladonna

Tanaman belladonna mengandung senyawa alkaloid yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, misalnya alkaloid hyoscyamine, hyoscine (skopolamin), dan atropine. Zat-zat kimia ini umumnya digunakan dalam obat penenang, stimulan, dan antispasmodik.Jika diolah dengan benar dan digunakan dalam dosis yang tepat, belladonna bahkan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

1. Meringankan asam lambung

Skopolamin dan atropin yang dikandung belladonna dinilai bermanfaat dalam mengurangi asam lambung sehingga bisa membantu mengatasi mual dan refluks asam lambung.Selain itu, efek dari kedua kandungan senyawa kimia tersebut juga dianggap membantu untuk mengurangi sekresi air liur dan sekresi bronkial saat menjelang operasi.

2. Menenangkan perut dan usus

Senyawa alkaloid yang dimiliki Atropa belladonna termasuk dalam golongan obat antikolinergik atau antispasmodik. Senyawa ini dapat membantu meredakan gejala kram perut atau usus.Alkaloid belladonna bekerja dengan cara memperlambat pergerakan alami usus dan membuat otot-otot perut sekaligus usus rileks.

3. Melebarkan pupil dan mengatasi pembengkakan di mata

Dokter mata sering menggunakan tetes mata mengandung atropin dari belladonna untuk membantu melebarkan pupil saat memeriksa mata pasien. Selain itu, senyawa ini juga digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh pembengkakan dan radang mata.

4. Campuran obat-obatan medis lainnya

Senyawa kimia yang dikandung tanaman belladonna dapat dikombinasikan dengan obat lainnya untuk mengatasi berbagai kondisi medis, seperti:

5. Dimanfaatkan sebagai suplemen 

Ekstrak belladonna juga bisa ditemukan pada produk-produk suplemen yang dijual bebas. Berbagai suplemen ini umumnya mengklaim produknya bermanfaat untuk mengatasi:
  • Flu
  • Demam
  • Batuk
  • Peradangan
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit telinga
  • Nyeri sendi dan punggung
  • Penyakit asam urat.
Suplemen nutrisi yang mengandung ekstrak belladonna tersedia dalam bentuk tablet, tingtur (cair), salep, dan semprot.Meskipun demikian, keamanan dan efektivitas khasiat ekstrak belladonna pada suplemen yang dijual bebas umumnya belum terbukti secara ilmiah.Hingga saat ini, belum ada hasil penelitian yang memadai untuk membuktikan klaim-klaim manfaat suplemen belladonna terhadap kondisi yang disebutkan dalam tabel kemasannya.Selain itu, ekstrak belladonna telah digunakan dalam pengobatan alternatif untuk membantu tidur. Meski dianggap tidak aman, ada sebagian orang yang menganggap bahwa mengonsumsi tanaman ini sebagai sedatif (obat penenang) dapat menghentikan kejang bronkial pada asma dan batuk rejan, serta sebagai obat flu dan demam.

Efek samping belladonna

Jika diminum sebagai bagian dari obat yang diresepkan, sebagian besar penggunaan belladonna dianggap aman.Meskipun demikian, seperti halnya semua obat-obatan, kandungan obat belladonna juga memiliki efek samping. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan penggunaannya dengan sangat hati-hati.Atropa belladonna memiliki senyawa kimia yang bisa menjadi racun sehingga cenderung tidak aman untuk dikonsumsi secara oral.Beberapa efek samping dari belladonna meliputi mulut kering, kulit kering memerah, pupil membesar, penglihatan kabur, demam, kejang, detak jantung cepat, ketidakmampuan untuk buang air kecil atau berkeringat, halusinasi, masalah mental, hingga koma.Jangan menggunakan obat-obatan yang mengandung belladonna dalam dosis melebihi resep dokter. Mengingat risikonya yang cukup besar, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi belladonna dalam bentuk apa pun tanpa resep dokter.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
herbaltanaman obat
Healthline. https://www.healthline.com/health/belladonna-dark-past#Is-It-Safe?
Diakses 20 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318180#What-is-belladonna
Diakses 20 September 2021
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/how_does_belladonna_work/article.htm
Diakses 20 September 2021
Britannica. https://www.britannica.com/plant/belladonna
Diakses 20 September 2021
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-531/belladonna
Diakses 20 September 2021
Web MD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-10730-845/hyoscyamine-compound-oral/belladonna-alkaloids-phenobarbital-oral/details
Diakses 20 September 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682487.html
Diakses 20 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait