Sederet Potensi Manfaat Beras Kencur untuk Wajah yang Patut Diperhitungkan


Ada beberapa potensi manfaat beras kencur untuk wajah berdasarkan kandungannya, antara lain menjaga kesehatan dan penampilan kulit, mencegah dan mengatasi jerawat, mencerahkan kulit, hingga mengatasi efek buruk sinar UV.

0,0
01 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu potensi manfaat beras kencur untuk wajah adalah mengatasi efek buruk dari sinar UVBeras kencur dianggap punya manfaat untuk wajah
Beras kencur merupakan salah satu minuman herbal yang paling populer di Indonesia. Selain dimanfaatkan sebagai minuman, herbal ini juga diolah menjadi produk-produk kecantikan seperti masker untuk wajah. Dilihat dari kandungannya, memang ada sejumlah potensi manfaat beras kencur untuk wajah.
Contohnya, air beras telah lama digunakan secara tradisional untuk menjaga kecantikan kulit. Air ini dinilai dapat membantu menenangkan dan meratakan warna kulit, di samping meningkatkan berbagai kondisi kulit lainnya.

Manfaat beras kencur untuk wajah

Manfaat beras kencur untuk wajah tidak terlepas dari kandungan beras dan kencur yang menjadi bahan utamanya.Beras dan kencur merupakan sumber antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral penting yang dapat memberikan berbagai keuntungan untuk kulit wajah.Untuk mencoba manfaat ini, Anda bisa menggunakan masker beras kencur yang bisa dibuat sendiri di rumah atau dibeli secara online.

1. Menjaga kesehatan dan penampilan kulit

Air beras memiliki berbagai nutrisi alami yang sangat penting, termasuk vitamin A, C, E, asam fenolat, dan flavonoid. Jika digunakan secara teratur, beras kencur dapat membantu mengencangkan pori-pori kulit yang terbuka.Senyawa-senyawa ini dapat membantu menghidrasi, melembapkan kulit, dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit wajah menjadi segar, kencang, dan tampak awet muda.Manfaat beras kencur untuk wajah juga didapatkan dari kandungan antioksidannya yang dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal, serta mempercepat pertumbuhan dan regenerasi sel.Kencur mengandung spermidine yang dapat membantu menunda sel-sel kulit dari proses penuaan. Selain itu, flavonoid yang terkandung di dalamnya juga berperan penting dalam mengurangi kemunculan keriput dan garis-garis halus.

2. Mengatasi jerawat

Kandungan flavonoid pada masker beras kencur memiliki sifat antiradang. Sifat ini membuat beras kencur dianggap efektif untuk membantu mengatasi jerawat dan meredakan iritasi kulit.Selain itu, tingginya air pati pada beras dapat membantu menangkal jerawat dan komedo. Bahan-bahan ini juga berpotensi membawa manfaat bagi orang-orang yang memiliki gangguan kulit, termasuk dermatitis, peradangan kulit, ruam, dan sebagainya.

3. Mencerahkan kulit

Orang Jepang dan Korea Selatan telah lama menggunakan air beras untuk menghilangkan noda dan mencerahkan wajah.Air beras yang merupakan bahan baku beras kencur juga dinilai mampu membantu memperbaiki kondisi kulit dan melawan hiperpigmentasi, bintik penuaan, hingga bintik matahari.

4. Bermanfaat bagi kulit kering

Kemampuan beras kencur dalam menghidrasi dan menenangkan kulit juga berperan penting untuk mengatasi iritasi pada kulit kering. Khususnya, iritasi dan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sodium lauryl sulfate, yaitu senyawa yang banyak ditemukan pada produk perawatan pribadi.

5. Melindungi kulit dari efek sinar matahari

Bahan kimia pada beras terbukti mampu membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Anda bisa mencoba mendapatkan manfaat ini lewat masker beras kencur untuk melindungi dan mengatasi efek berbahaya dari sinar UV.Misalnya, untuk kulit terbakar matahari (sun burn), bintik matahari, serta kondisi gangguan kulit akibat sinar matahari lainnya.

Efek samping beras kencur untuk wajah

Berbagai manfaat beras kencur untuk wajah di atas belum banyak yang terbukti secara ilmiah sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakannya secara berlebihan untuk menghindari potensi efek sampingnya.Jika Anda memutuskan untuk menggunakan masker beras kencur, pastikan Anda memilih produk masker yang telah terdaftar di BPOM atau membuatnya sendiri di rumah dari bahan-bahan alami yang tepercayaMeski efek samping beras kencur untuk wajah belum diketahui, bahan bakunya seperti air beras dan kencur tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak.Air beras dinilai berpotensi mengandung arsenik, sedangkan konsumsi kencur berlebihan disinyalir dapat menyebabkan sejumlah dampak berbahaya, seperti diare, nafsu makan hilang, hingga sering buang air kecil.Pastikan juga Anda tidak memiliki alergi pada bahan-bahan beras kencur yang ingin digunakan. Akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli dermatologi untuk memastikan keamanan penggunaan masker beras kencur bagi Anda.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
perawatan kulitherbalmasker wajah
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/333595267_Aromatic_ginger_Kaempferia_galanga_L_extracts_with_ameliorative_and_protective_potential_as_a_functional_food_beyond_its_flavor_and_nutritional_benefits
Diakses 17 September 2021
Net Meds. https://www.netmeds.com/health-library/post/galangal-health-benefits-nutrition-uses-in-ayurveda-recipes-side-effects
Diakses 17 September 2021
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-how-rice-water-is-beneficial-for-your-skin-hair-and-health/
Diakses 17 September 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/rice-water-for-skin#benefits
Diakses 17 September 2021
P2K Surabaya. http://p2k.um-surabaya.ac.id/eng/3045-2942/Beras-Kencur_103710_um-surabaya_p2k-um-surabaya.html
Diakses 17 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait