Sehat dan Lezat, Kandungan Udang Ini Cocok untuk Anda yang Sedang Diet


Kandungan udang sangatlah menakjubkan karena menawarkan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, hingga kolin. Sebagai sumber protein, udang sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet.

(0)
20 Feb 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan udang yang cukup tinggi adalah proteinnyaSebagian besar lemak dalam udang merupakan asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh ganda
Udang (shrimp) merupakan panganan bahari yang sungguh membuat lidah bergoyang. Tak hanya lezat, udang juga mengandung beragam nutrisi yang penting bagi tubuh. Beragam kandungan udang membuat panganan ini cocok untuk divariasikan dalam pola diet Anda. Apa saja kandungan gizi udang?

Kandungan udang yang baik untuk kesehatan

Berikut ini kandungan gizi pada udang yang sangat menyehatkan:

1. Karbohidrat

Udang mengandung karbohidrat dengan kadar yang sangat rendah. Setiap 84 gram udang hanya menawarkan kurang dari 1 gram karbohidrat. Namun cara pengolahan udang akan memengaruhi kandungan nutrisinya. Misalnya jika Anda memasak udang goreng tepung, maka kandungan karbohidratnya akan bertambah.

2. Protein

Salah satu kandungan udang yang sangat menawan adalah proteinnya. Setiap 84 gram udang rebus atau kukus bisa memberikan protein hingga 15 gram. Protein sendiri berperan dalam proses metabolisme tubuh serta meningkatkan pembakaran lemak. Mengonsumsi udang dalam jumlah cukup cocok bagi Anda yang sedang berdiet. Menariknya, udang mengandung semua jenis asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino esensial oleh protein akan digunakan sebagai sumber energi serta membantu proses pertumbuhan.

3. Lemak

Kandungan lain dalam udang yang menggugah adalah lemaknya. Mengapa menggugah? Ternyata, sebagian besar lemak dalam udang merupakan asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh ganda. Terdapat 1 gram lemak total untuk penyajian udang 84 gram. Hanya saja, bila Anda memasak udang dengan banyak minyak, kadar lemak dan kalori yang Anda masukkan tentu akan melejit. 

4. Kolesterol

Salah satu kandungan udang yang membuatnya kerap dijauhi adalah kolesterolnya. Sajian 85 gram udang memang mengantongi kolesterol hingga 166 gram. Namun, kolesterol makanan seperti udang dilaporkan hanya memengaruhi beberapa orang yang memang sensitif. Bagi sebagian yang lain, kolesterol makanan dilaporkan cenderung berefek kecil pada kolesterol darah. Sebagian besar kolesterol darah sebenarnya dihasilkan oleh hati. Bila kita mengonsumsi banyak kolesterol dari makanan, hati akan memproduksi kolesterol darah lebih sedikit. Hanya saja, meski laporan di atas memang mengejutkan, beberapa orang yang sensitif terhadap kolesterol dari makanan tetap perlu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan tinggi kolesterol.5. Vitamin B12Kandungan gizi udang lain dengan kadar yang mengesankan adalah vitamin B12 atau kobalamin. Setiap 85 gram udang dapat memenuhi kecukupan harian tubuh hingga 59% - jumlah yang cukup fantastis.Vitamin B12 sendiri berperan penting bagi tubuh. Vitamin ini berperan dalam pemeliharaan kesehatan sel darah dan saraf, serta terlibat dalam produksi DNA.

6. Vitamin B3

Vitamin B lain yang menjadi kandungan udang adalah vitamin B3 atau niasin. Vitamin ini berperan dalam produksi energi serta terlibat dalam kesehatan sistem saraf. Setiap 85 gram udang mencukupkan kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin B3 hingga 11%.Selain vitamin B12 dan B3, udang juga mengandung vitamin A, C, E, dan beberapa vitamin B lain dalam kadar yang sedikit.

7. Selenium

Salah satu mineral menjadi kandungan gizi pada udang adalah selenium. Kadar selenium dalam 85 gram udang cukup tinggi, yakni 33,7 mikrogram. Kadar tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 48%. Selenium diperlukan tubuh dalam metabolisme dan fungsi tiroid. Mineral antioksidan ini juga melindungi tubuh dan sel dari kerusakan akibat stres oksidatif.

8. Fosfor

Udang merupakan salah satu makanan yang mengandung fosfor. Setiap 85 gram udang menawarkan fosfor dengan kadar 116 miligram. Kadar tersebut dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh hingga 12%.

9. Zat besi

Udang juga menjadi sumber zat besi yang lezat untuk disajikan di rumah. Setiap 85 gram udang menawarkan zat besi hingga 2,6 miligram, mencukupkan kebutuhan harian tubuh hingga 15%. Selain fosfor, selenium, dan zat besi, udang juga mengandung tembaga, natrium, zinc, kalsium dan magnesium.

10. Kolin

Tak hanya vitamin dan mineral, kandungan udang lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah kolin. Walau tubuh kita sebenarnya memproduksi sedikit kolin, kita perlu mendapatkannya dari makanan sehat demi memelihara perkembangan otak, pergerakan otot, fungsi hati, fungsi saraf, hingga metabolisme.Setiap 85 gram udang menawarkan kolin dengan kadar 68,8 miligram. Kadar tersebut terbilang lumayan karena pria dan perempuan dewasa membutuhkan masing-masing 550 dan 425 miligram kolin dalam satu hari.

11. Astaxanthin

Seperti salmon, udang juga mengandung pigmen antioksidan yang disebut astaxanthin. Astaxanthin disebutkan berpotensi untuk melawan peradangan pada sel akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga berpotensi untuk menguatkan pembuluh nadi, meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL, serta menyehatkan otak.

Catatan dari SehatQ

Kandungan udang sangatlah menakjubkan karena menawarkan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, hingga kolin dan astaxanthin. Pastikan Anda memerhatikan bahan dalam memasak udang untuk membuatnya tetap sehat.Apabila masih memiliki pertanyaan kandungan udang, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi nutrisi makanan terpercaya.
proteinnutrisikolesterolalergi seafood
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-shrimp-healthy
Diakses pada 5 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/what-is-choline
Diakses pada 8 Februari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/selenium-benefits
Diakses pada 8 Februari 2021
National Institute of Health. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminB12-Consumer
Diakses pada 5 Februari 2021
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22037012
Diakses pada 5 Februari 2021
Nutrition Data. https://nutritiondata.self.com/facts/finfish-and-shellfish-products/4174/2
Diakses pada 5 Februari 2021
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/shrimp-nutrition-facts-calories-and-health-benefits-4111318
Diakses pada 5 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait