Sekolah Inklusi Adalah Perangkul Perbedaan, Apa Bedanya dengan Sekolah Biasa?

(0)
28 Jan 2020|Azelia Trifiana
Sekolah inklusi adalah sekolah dengan model yang memberi ruang bagi murid dengan kebutuhan khususPrinsip utama yang dipegang sekolah inklusi adalah bahwa setiap anak memiliki kesempatan yang setara
Merencanakan pendidikan untuk buah hati tentu bukan hal yang main-main. Apalagi sekarang, opsi selain sekolah negeri ada banyak sekali. Ada sekolah swasta dengan berbagai kurikulum berbeda. Selain itu, sekolah inklusi adalah salah satu pilihan yang juga cukup populer.Berbeda dengan sekolah kebanyakan, sekolah inklusi adalah sekolah dengan model yang memberi ruang bagi murid dengan kebutuhan khusus. Dalam sekolah inklusi, guru memberikan perhatian yang sama bagi murid berkebutuhan khusus dengan murid reguler.

Perbedaan sekolah inklusi dengan sekolah biasa

sekolah inklusi adalah tempat belajar yang memberi ruang bagi anak berkebutuhan khusus
Sekolah inklusi memberi perlakuan yang setara pada anak berkebutuhan khusus
Prinsip utama yang dipegang sekolah inklusi adalah bahwa setiap anak bernilai sama, diperlakukan dengan respek, dan memberi ruang untuk belajar yang setara. Artinya, anak dengan kebutuhan khusus tidak lagi harus bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) dan bisa berinteraksi dengan anak lainnya di sekolah inklusi.Biasanya, proporsi jumlah murid berkebutuhan khusus di sekolah inklusi adalah 5-10% dari keseluruhan murid. Jadi semisal dalam satu kelas ada 20 anak, maka akan ada 2 anak berkebutuhan khusus di kelas tersebut.Namun kebijakan tentang berapa jumlah murid berkebutuhan khusus ini kembali lagi pada kebijakan masing-masing sekolah. Beberapa perbedaan mencolok sekolah inklusi dengan sekolah biasa adalah:
  • Memberi ruang untuk murid berkebutuhan khusus

Ketika sekolah memberikan ruang yang sama untuk belajar baik bagi murid berkebutuhan khusus maupun yang tidak, maka semua pihak yang terlibat akan mendapat manfaat. Bukan hanya murid berkebutuhan khusus saja, tapi juga murid lain pada umumnya.Lewat sekolah inklusi, mereka bisa belajar tentang perbedaan sejak sedini mungkin. Mereka bisa memahami bahwa semua anak sama dan memiliki hak untuk belajar yang setara terlepas dari kondisi fisik atau mental masing-masing.
  • Pengajaran kolaboratif

Keunikan lain dari sekolah inklusi adalah pengajaran kolaboratif atau co-teaching. Artinya, dalam satu kelas bisa saja ada 2 guru. Satu orang guru fokus mengajar anak-anak lain, dan satu lagi fokus pada anak berkebutuhan khusus.Mereka tetap belajar di satu ruang kelas yang sama, bukan di ruangan berbeda. Tentunya, pengajaran kolaboratif di sekolah inklusi akan lebih intensif dibandingkan dengan sekolah biasa.
  • Memahami tiap anak unik

Tidak ada anak yang sama, bahkan jenis kecerdasan yang mereka miliki pun bisa berbeda. Di sekolah inklusi, hal ini mendapat validasi tertinggi. Guru tidak akan memaksa setiap anak memiliki perkembangan akademik yang sama baiknya, namun disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
  • Memandang perbedaan sebagai hal yang “normal”

Ketika anak berkebutuhan khusus harus menimba ilmu di institusi semacam Sekolah Luar Biasa (SLB), maka perbedaan antara mereka yang berkebutuhan khusus dengan anak-anak lainnya akan terasa begitu signifikan.Namun dengan adanya sekolah inklusi, semua orang yang terlibat akan melihat perbedaan sebagai hal yang normal dan bukan masalah besar. Lambat laun, anak akan mengerti bahwa kondisi teman mereka ada yang berkebutuhan khusus dan itu adalah bagian normal dari kehidupan.

Perhatikan saat memilih sekolah inklusi

Sekolah inklusi adalah sekolah yang merangkul semua anak
Pastikan sekolah inklusi yang Anda pilih dapat mengakomodasi gaya belajar anak Anda
Saat tertarik untuk menyekolahkan anak di sekolah inklusi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan – atau setidaknya ditanyakan – kepada diri sendiri dan juga sekolah. Beberapa di antaranya adalah:
  • Kurikulum
  • Sistem pembelajaran dan penilaian
  • Bagaimana interaksi anak dengan mereka yang berkebutuhan khusus
  • Seberapa intensif kedekatan anak dengan yang berkebutuhan khusus
  • Kondisi kebutuhan khusus apa saja yang diterima di sekolah inklusi
  • Komunikasikan dengan anak bahwa akan ada teman-teman mereka yang berbeda
  • Bagi orangtua anak dengan kebutuhan khusus, tanyakan apakah sekolah dapat mengakomodasi gaya belajar dan komunikasi anak Anda
Jangan ragu menanyakan kepada sekolah semua hal yang berkaitan dengan kondisi anak. Baik bagi orangtua anak berkebutuhan khusus maupun yang tidak, sama-sama punya hak dan kesetaraan dalam mengakses pendidikan di sekolah inklusi.Sekolah inklusi adalah sekolah yang merangkul semua anak, terlepas dari perbedaan kondisi mereka masing-masing. Mengajarkan untuk memahami perbedaan sejak dini adalah hal luar biasa bernilai untuk tumbuh kembang anak kelak.
tips mendidik anaksekolahcara mendidik anak
Understood. https://www.understood.org/en/learning-thinking-differences/treatments-approaches/educational-strategies/4-benefits-of-inclusive-classrooms
Diakses 20 Januari 2020
Open Learn. https://www.open.edu/openlearn/education-development/education/12-things-you-need-know-about-inclusion-schools
Diakses 20 Januari 2020
Inclusive Schools. https://inclusiveschools.org/together-we-learn-better-inclusive-schools-benefit-all-children/
Diakses 20 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait