Selain Kaya Rasa, Manfaat Rempah-Rempah Indonesia untuk Kesehatan juga Begitu Beragam

(0)
02 Apr 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat rempah-rempah Indonesia yang biasa digunakan untuk bumbu dapur sangat beragamKunyit, jahe, dan kencur termasuk rempah-rempah Indonesia yang populer
Rempah-rempah adalah tanaman dengan rasa dan aroma khas yang digunakan untuk bumbu dapur. Di Indonesia, ada banyak rempah-rempah yang biasa digunakan sehari-hari. Selain bermanfaat melezatkan makanan, manfaat rempah-rempah untuk kesehatan juga sangat banyak.Anda bisa menjumpai macam-macam rempah Indonesia ini dengan mudah dalam bentuk aslinya, baik di pasar tradisional ataupun di swalayan. Fungsi rempah-rempah ini juga banyak dipasarkan sebagai produk jamu, bumbu instan, hingga suplemen kesehatan.

Manfaat rempah-rempah Indonesia

Berikut adalah kegunaan dari rempah-rempah yang sering digunakan di Indonesia dan manfaatnya bagi kesehatan.

1. Kayu manis

Kayu manis rempah Indonesia
Kayu manis adalah rempah-rempah yang sering dimanfaatkan di Indonesia
Rempah-rempah Indonesia yang satu ini cukup populer digunakan dalam makanan manis atau minuman. Roti, kue kering, puding, teh, atau kopi adalah beberapa hidangan yang dapat dilengkapi kayu manis.Selain aromanya yang khas dan menggugah selera, kayu manis juga terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat rempah-rempah ini di antaranya yaitu menjaga kadar gula darah pada penderita diabetes, menyehatkan jantung, serta menurunkan kolesterol dan trigliserida

2. Kunyit

Kunyit adalah jenis bumbu dapur yang wajib ada dan banyak digunakan dalam masakan dan pengobatan. Selain dapat diminum langsung sebagai jamu, rempah Indonesia ini juga sering digunakan sebagai pewarna alami dalam masakan tradisional.Kandungan senyawa curcumin pada kunyit dipercaya bermanfaat untuk:
  • Meredakan peradangan yang membuat tubuh terasa sakit
  • Mengurangi peradangan di otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan depresi.
  • Meningkatkan memori dan menjaga kesehatan otak
  • Mengurangi rasa sakit dan bengkak pada penderita radang sendi.
Curcumin juga terbukti secara ilmiah sebagai antikanker yang kuat, tapi penelitian terkait manfaat ini masih terbatas pada hewan saja.Baca juga: Rempah Pencegah Peradangan, Coba Rasakan Manfaat Teh Kunyit

3. Jahe

Jahe rempah Indonesia
Jahe sering dimanfaatkan dalam minuman lokal
Di Indonesia, macam-macam digunakan sebagai bumbu serbaguna, baik untuk makanan, minuman, hingga kebutuhan lainnya. Salah satunya yang paling populer adalah jahe.Rempah-rempah Indonesia ini dikenal sebagai bahan pembuatan minuman lokal, seperti wedang, bandrek atau bajigur. Jahe juga merupakan bumbu masak yang berguna untuk menghilangkan bau amis. Efek menghangatkan dari jahe dapat membantu tenggorokan dan pencernaan terasa lebih nyaman.Secara turun-temurun,  bumbu-bumbu dapur ini telah digunakan sebagai obat untuk sakit perut, mual, dan diare. Jahe juga dapat membantu mengatasi mual pada ibu hamil, serta mencegah mabuk kendaraan (motion sickness) dan mengatasi muntah.

4. Kencur

Kencur termasuk dalam macam-macam rempah berbentuk rimpang, seperti jahe, lengkuas, kunyit, dan temulawak. Kencur biasanya tersedia dalam bentuk jamu dan sering digunakan sebagai bumbu kudapan tradisional untuk memberi aroma khas dan menambah rasa.Secara tradisional, manfaat rempah-rempah kunyit sering digunakan untuk mengatasi nyeri haid dan dispepsia. Selain itu, kencur juga digunakan untuk mengatasi peradangan, memar, ketombe, sakit kepala, demam, sakit perut, sembelit, dan sebagainya.

5. Merica (lada)

Merica atau lada rempah Indonesia
Merica atau lada (termasuk yang hitam) sering digunakan di Indonesia
Nama bumbu dapur yang tidak asing untuk kesehatan adalah merica. Merica atau lada merupakan salah satu rempah Indonesia yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Jenis rempah-rempah ini sering kita digunakan untuk membumbui berbagai makanan sehari-hari.Khasiat rempah yang satu ini berasal dari kandungan antioksidan pada lada dipercaya baik untuk membantu mencegah kanker dan menjaga kesehatan secara umum. Selain itu, kandungan piperine di dalamnya dianggap mampu meredakan peradangan.Piperine juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak, menjaga gula darah, menurunkan kolesterol, serta menjaga kesehatan pencernaan.

6. Jintan

Manfaat rempah-rempah jintan di Indonesia terkenal untuk memberikan aroma khas pada masakan, serta menambah kelezatan dan rasa pedas. Di samping itu, jintan dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.Sebuah studi menunjukkan peserta yang diet dengan cara mengurangi asupan kalori dan disertai konsumsi satu sendok teh jinten setiap hari, dapat mengurangi berat badan dan lemak tubuh lebih banyak dibandingkan peserta diet tanpa menyertakan jinten.

7. Bawang putih

Bawang putih rempah-rempah Indonesia
Bawang putih dipercaya memiliki banyak manfaat
Bukan hanya melezatkan berbagai masakan, bawang putih dipercaya bisa melindungi jantung Anda, tepatnya dengan menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung.Di samping itu, jenis rempah-rempah Indonesia ini dianggap bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi. Kandungan antioksidan pada bawang putih juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan risiko kanker.

8. Cabai

Mungkin hampir setiap hari Anda menjumpai cabai dalam berbagai bentuk masakan. Rempah Indonesia ini mengandung zat capsaicin yang membuatnya terasa pedas.Selain menambahkan rasa pedas yang menggugah selera, capsaicin memiliki khasiat untuk meredakan nyeri, termasuk membantu meredakan rasa nyeri karena radang sendi atau kerusakan saraf terkait diabetes.

9. Pala

Manfaat rempah-rempah Indonesia lainnya datang dari pala. Jenis bumbu dapur yang satu ini bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, tinggi antioksidan dan memiliki sifat antiradang. Pala berkhasiat untuk menanggulangi bakteri Streptococcus, Aggregatibacter actinomycetemcomitans, dan Porphyromonas gingivalis yang menjadi penyebab dari kerusakan gigi dan gusi.

10. Serai

Bumbu dapur serai juga berkhasiat untuk kesehatan. Selain berfungsi sebagai aromaterapi, serai bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, karena tinggi antioksidan.Serat berkhasiat untuk melancarkan menstruasi, meringankan rasa sakit dan bengkak, menurunkan demam, serta menjaga kadar gula darah dan kolesterol tetap stabil.

11. Kapulaga

Kapulaga merupakan salah satu bumbu dapur yang juga berkhasiat untuk kesehatan. Kapula bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan membantu meredakan rasa tidak nyaman pada perut.Kapulaga tinggi akan mineral, seperti zinc, magnesium, zinck, magnesium, dan sebagainya yang baik untuk kesehatan tubuh.Baca juga: Pengganti Garam untuk Makanan Bayi, Inilah 8 Rempah-Rempah yang Bisa Digunakan

Pesan dari SehatQ

Itulah jenis bumbu dapur dan manfaatnya yang bisa Anda nikmati. Jika Anda memiliki kondisi medis kronis atau serius, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ramuan dengan menggunakan rempah-rempah.Toleransi terhadap rempah-rempah Indonesia tentunya berbeda pada setiap orang. Kurangi atau hentikan penggunaan rempah-rempah jika Anda merasakan ketidaknyamanan, seperti mual atau sakit perut, setelah mengonsumsinya.Jika Anda punya pertanyaan seputar rempah atau macam-macam bumbu dapur dan fungsinya, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehattanaman obatjahe
Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-spices-with-healthy-benefits
Diakses 18 Maret 2021
Web MD. https://www.webmd.com/healthy-aging/features/spices-and-herbs-health-benefits#2
Diakses 18 Maret 2021
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2214750019300393
Diakses 18 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/black-pepper-benefits
Diakses 18 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait