Selain Menyehatkan Tulang, Ini 5 Manfaat Kalsium untuk Tubuh

(0)
21 Jan 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Membantu perkembangan janin dalam rahim ibu, adalah salah satu manfaat kalsium.Salah satu manfaat kalsium adalah membantu proses pembekuan darah.
Kalsium adalah unsur kimia penting, yang dibutuhkan setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Zat mineral terbanyak yang dimiliki manusia ini, memegang peran penting untuk kesehatan. Apa saja manfaat kalsium yang sangat esensial bagi kehidupan manusia?

Manfaat kalsium yang tidak tergantikan

Kesehatan tulang hingga lancarnya komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya, bergantung pada kalsium, di dalam tubuh.Siapa bilang fungsi dan manfaat kalsium, hanya dirasakan oleh tulang? Nyatanya, kalsium juga terlibat dalam sistem peredaran darah, fungsi otot, transmisi saraf, hingga produksi dan pelepasan hormon.Sebenarnya, apa saja manfaat kalsium, yang digadang-gadang baik untuk tubuh itu?

1. Menyehatkan tulang

Sekitar 99% kalsium yang dimiliki tubuh, tersimpan di dalam gigi dan tulang. Tidak heran, jika kalsium lantas disebut-sebut bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang.Kalsium akan terus memperkuat kepadatan tulang, sampai Anda menginjak usia 20-25 tahun. Setelah itu, kepadatan tulang akan menurun. Namun kalsium tetap menjaga serta memperlambat proses hilangnya kepadatan tulang (osteoporosis).Kekurangan kalsium sebelum menginjak usia 20-25 tahun, meningkatkan risiko terhadap penyakit osteoporosis di kemudian hari.

2. Mengatur kontraksi otot

Selain menyehatkan tulang, kalsium juga berperan dalam kontraksi otot. Berdetaknya jantung, juga menjadi salah satu proses kontraksi otot, yang didukung oleh kalsium.Ketika saraf merangsang otot, kalsium pun dilepaskan. Akibatnya, protein dalam otot bisa berkontraksi. Selanjutnya, otot akan kembali rileks, saat kalsium dipompa keluar dari otot.

3. Berkontribusi dalam proses pembekuan darah

Kalsium memiliki peran penting, dalam proses pembekuan darah. Proses rumit ini melibatkan beragam unsur kimia. Kalsium pun menjadi salah satu unsur kimia, yang bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah itu.Dalam proses ini, kalsium dibantu oleh vitamin K dan protein bernama fibrinogen, untuk menutup dan memulihkan luka. Jika kadar kalsium dan vitamin K tidak mencukupi, perdarahan yang cukup parah pun bisa terjadi.

4. Mencegah kanker usus besar

Dalam sebuah studi yang melibatkan sekitar 120 ribu pria dan wanita, peneliti melihat adanya penurunan risiko kanker usus besar, pada responden yang mengonsumsi cukup kalsium.Dalam penelitian itu, pria dan wanita yang mengonsumsi lebih banyak kalsium, baik itu dalam suplemen ataupun makanan sehari-hari, terbukti mengalami penurunan risiko terserang kanker usus.

5. Membantu perkembangan janin di dalam kandungan

Kalsium sangat bermanfaat, untuk ibu yang sedang hamil. Sebab, kalsium dapat memperkuat tulang dan gigi janin yang sedang tumbuh dan berkembang di dalam kandungan.Selain itu, kalsium membantu pembentukan jantung, saraf, dan otot yang sehat milik sang janin. Tidak hanya itu. Manfaat kalsium lainnya adalah untuk membantu pembentukan detak jantung normal, serta kemampuan pembekuan darah, milik janin.

Berapa jumlah kalsium yang harus dikonsumsi?

Makanan berkalsium
Makanan berkalsium tinggi
Setelah mengetahui beberapa manfaat kalsium di atas, mungkin sekarang Anda sudah memahami bahwa tubuh membutuhkan cukup kalsium untuk berfungsi.Walau begitu, Anda tidak disarankan mengonsumsi makanan atau suplemen kalsium asal-asalan. Sebab, ada rekomendasi asupan harian (RAH) kalsium yang berbeda-beda, untuk setiap kelompok usia. Berikut ini jumlah konsumsi kalsium harian yang direkomendasikan.
  • 0-6 bulan: 200 miligram (mg) per hari
  • 7-12 bulan: 260 mg per hari
  • 1-3 tahun: 700 mg per hari
  • 4-8 tahun: 1.000 mg per hari
  • 9-18 tahun: 1.300 mg per hari
  • 19-50 tahun: 1.000 mg per hari
  • 51-70 tahun: 1.200 mg (wanita) dan 1.000 mg (pria) per hari
  • 70 tahun ke atas: 1.200 mg per hari
Sedangkan untuk ibu hamil, rekomendasi asupan hariannya minimal 1.000 mg per hari. Jangan main-main, kalsium sangatlah penting, untuk tumbuh kembang janin di dalam rahim. Maka dari itu, penuhilah kebutuhan kalsium Anda, saat masa kehamilan tiba.Sebenarnya, tanpa suplemen, Anda bisa memperoleh asupan kalsium, dari sumber-sumber makanan berikut ini:Sebelum mengonsumsi beberapa makanan berkalsium tinggi di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dilakukan, untuk melihat potensi alergi terhadap makanan-makanan tersebut.

Bahaya kekurangan kalsium

Lesu
Waspadai bahaya kekurangan kalsium
Karena kalsium sangatlah penting untuk tubuh, kekurangan mineral yang satu ini bisa menimbulkan beberapa gejala berikut ini:
  • Mati rasa
  • Jari kesemutan
  • Kram otot
  • Lesu
  • Penurunan nafsu makan
  • Kuku tangan yang rapuh
  • Sulit menelan
  • Pingsan
Jika kekurangan kalsium sudah mencapai tahap yang parah, maka gejalanya berupa:
  • Mudah marah
  • Depresi
  • Gangguan kecemasan
  • Pembekuan darah yang buruk
  • Osteoporosis
  • Patah tulang
  • Masalah jantung
Kekurangan kalsium bukanlah kondisi medis yang bisa diremehkan begitu saja. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengonsumsi makanan berkalsium tinggi, berkonsultasi dengan dokter, dan menjalani gaya hidup yang sehat.
makanan peningkat kalsiumibu hamilhidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/248958.php
Diakses pada 21 Januari 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4337919/
Diakses pada 21 Januari 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/144138-calcium-blood-clotting/
Diakses pada 21 Januari 2020
Cancer. https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/diet/calcium-fact-sheet
Diakses pada 21 Januari 2020
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_calcium-in-your-pregnancy-diet_665.bc
Diakses pada 21 Januari 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-calcium#1
Diakses pada 21 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/15-calcium-rich-foods#section1
Diakses pada 21 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait