Seputar Alat-alat yang Diperlukan dalam Permainan Bola Kasti


alat yang diperlukan dalam permainan bola kasti adalah bola, pemukul, tiang pancang, dan bendera. Masing-masing alat memiliki syarat tersendiri untuk bisa digunakan.

(0)
28 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Alat yang diperlukan dalam permainan bola kasti adalah bola, pemukul, tiang pancang dan benderaPemukul dan bola adalah alat yang diperlukan dalam permainan bola kasti
Alat-alat yang diperlukan dalam permainan bola kasti antara lain bola, tongkat pemukul, dan tiang pancang untuk penanda. Permainan ini termasuk sebagai permainan bola kecil dua regu, masing-masing sebagai regu pemukul dan regu penjaga.Permainan bola kasti memang sekilas mirip dengan baseball ataupun softball, tapi memiliki peraturan yang sedikit berbeda. Pada permainan bola kasti, ukuran bola yang digunakan serta cara mendapatkan nilainya berbeda dari kedua permainan tersebut.Berikut ini penjelasan lebih lengkap seputar alat-alat yang perlu dipersiapkan untuk bermain bola kasti.

Alat yang diperlukan dalam permainan bola kasti

Permainan bola kasti adalah permainan bola kecil yang dimainkan oleh dua regu yaitu regu penjaga dan regu pemukul. Masing-masing regunya terdiri dari 12 orang. Untuk bisa bermain kasti dengan baik, seorang pemain harus menguasai teknik memukul, melempar, dan menangkap bola kasti.Permainan ini bisa dimainkan di berbagai lokasi selama ada lapangan yang luas. Selain menyehatkan untuk tubuh karena memicu kita untuk bergerak, bermain kasti juga bisa melatih kekompakan, ketangkasan dan kedisiplinan para pemain.Ada beberapa lokasi dan perlengkapan yang perlu dipersiapkan sebelum Anda bermain bola kasti, yaitu:

1. Lapangan

Lapangan yang digunakan untuk bermain bola kasti berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 60-70 meter dan lebar 30 meter.Di dalam lapangan tersebut, harus ada masing-masing 1 ruang untuk penjaga, pemukul, pelambung, dan ruang bebas. Sementara itu, di tengah lapangan harus ada tiga titik yang akan dijadikan sebagai tempat menancapnya 2 tiang hinggap dan 1 tiang pertolongan.

2. Bola

Bola yang boleh digunakan dalam permainan kasti terbuat dari karet atau kulit dengan ukuran lingkarannya 19-20 cm. Berat bola kasti yang direkomendasikan adalah 70-80 gram.

3. Tongkat pemukul

Tongkat pemukul terbuat dari kayu dengan panjang antara 50-60 cm. Penampang tongkat berbentuk oval dan lebarnya sebaiknya tidak lebih dari 5 cm dan tebal 3,5 cm. Sementara itu, panjang pegangan tongkat pemukul dalam permainan kasti adalah 15-20 cm dengan tebal 3 cm dan tidak boleh dibalut.

4. Tiang hinggap

Dalam permainan bola kasti, ada dua jenis tiang yang digunakan, yaitu tiang pertolongan dan tiang bebas atau tiang hinggap.Kedua jenis tiang ini bisa terbuat dari kayu, besi, atau bambu. Tiang tersebut harus ditancapkan dengan baik ke tanah atau lapangan dan memiliki tinggi setidaknya 1,5 m di atas tanah.

5. Bendera

Bendera bukanlah perlengkapan wajib. Namun jika Anda ingin memasang bendera di tiap tiangnya, maka warnanya di setiap jenis tiang harus dibedakan. Misalnya, warna bendera di tiang hinggap berbeda dari yang dipasang pada tiang pertolongan. Ukuran bendera juga tidak boleh lebih dari 0,5 m.Baca Juga: Seputar Permainan Softball yang Perlu Anda Ketahui

Sejarah permainan bola kasti

Hingga saat ini, belum diketahui masa dimulainya permainan kasti pertama kali dilakukan. Namun berdasarkan sejarah tertua yang pernah tercatat, olahraga ini sudah dimainkan pada tahun 1744 di Inggris. Kisah ini tertulis dalam buku karya John Newbery.Selanjutnya pada 1828, William Clarke yang juga berasal dari Inggris menulis sebuah buku yang mencantumkan aturan bermain kasti. Di tahun 1884, terbitlah aturan kasti formal yang disusun oleh Athletic Association Gaelic (GAA) di Irlandia, yang hingga kini masih digunakan secara resmi di negara tersebut.Sementara itu di Inggris, peraturan dan asosiasi kasti yang resmi baru dibentuk pada tahun 1943.Kini, permainan kasti sudah jarang dimainkan di negara-negara asalnya. Kasti pun dianggap sebagai cikal bakal dari olahraga baseball yang hingga kini masih populer.

Manfaat bermain bola kasti

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari permainan bola kasti, seperti:
  • Menyehatkan tubuh karena saat bermain kasti, kita akan berlari dan bergerak sehingga melatih banyak organ tubuh
  • Meningkatkan sikap sportivitas antar pemain atau teman
  • Meningkatkan kedisiplinan dengan mengetahui dan menerapkan peraturan permainan
  • Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi
  • Menjalin hubungan persahabatan dan kerjasama yang baik
  • Belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain
  • Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas
  • Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam
    aktivitas suatu permainan
Permainan bola kasti adalah olahraga murah meriah yang bisa dilakukan di berbagai lokasi dan waktu. Dengan bermain kasti, aktivitas menyehatkan badan bisa terasa menyenangkan.
olahragatips olahragaolahraga anak
Modul Kemdikbud. https://emodul.kemdikbud.go.id/B-Olahraga-11/B-Olahraga-11.pdf
Diakses pada 17 Februari 2021
Universitas Negeri Yogyakarta. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131411081/pendidikan/Bahan+Ajar-Permainan+Bola+Kecil.PDF
Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait