Serangkaian Fungsi Exhaust Fan dan Manfaatnya bagi Penghuni Rumah

0,0
05 Jun 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu fungsi exhaust fan adalah meningkatkan sirkulasi udaraExhaust fan dapat meningkatkan sirkulasi udara di ruangan
Udara bersih memiliki peranan penting bagi kesehatan. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menggunakan bantuan peralatan elektronik seperti exhaust fan. Fungsi exhaust fan secara umum adalah menjaga udara di dalam ruangan tetap bersih, terutama di ruangan yang sirkulasi udaranya buruk.Exhaust fan biasanya ditempatkan di dapur, kamar mandi, atau ruangan yang mudah lembap dan pengap. Namun, manfaat exhaust fan juga bisa dirasakan di seluruh bagian rumah, seperti meningkatkan sirkulasi udara, membuang polusi udara, serta meningkatkan kondisi udara di dalam ruangan.Exhaust fan adalah kipas elektronik yang berfungsi mengisap udara dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar ruangan. Dengan adanya exhaust fan, udara yang pengap, lembap, atau terkontaminasi dapat didorong melalui ventilasi pembuangan untuk keluar dari rumah.

Fungsi exhaust fan

Kondisi lingkungan dan sejumlah aktivitas dapat memengaruhi kualitas udara di dalam ruangan. Fungsi exhaust fan dapat membawa manfaat di rumah Anda, baik untuk kualitas udara dalam ruangan hingga menjaga kenyamanan dan kesehatan penghuninya.

1. Menurunkan suhu ruangan

Fungsi exhaust fan yang pertama adalah menurunkan suhu ruangan. Exhaust fan dapat mengelurkan uap penyebab panas dari dalam ruangan.Setelah dinyalakan, alat yang sering dipanggil sebagai blower ruangan ini bisa cepat mendinginkan area yang terlalu panas karena aktivitas tertentu, seperti memasak atau mandi air hangat.Manfaat exhaust fan ini juga dapat membantu mengurangi suhu ruangan tanpa menggunakan air conditioner (AC).

2. Mengurangi kelembapan ruangan

Memasak atau menggunakan air panas dapat menghasilkan uap air yang bisa mengembun. Embun air yang menumpuk di dinding, langit-langit, dan permukaan lain di ruangan, dapat menyebabkan tumbuhnya jamur sehingga bisa menyebabkan kerusakan dan membawa masalah kesehatan.Untuk mengantisipasi masalah ini, Anda bisa menggunakan exhaust fan. Salah satu fungsi exhaust fan adalah mengurangi kelembapan udara sehingga pembentukan embun secara berlebihan yang memicu tumbuhnya jamur dapat dicegah

3. Meningkatkan kualitas udara

Fungsi blower ruangan atau exhaust fan selanjutnya adalah meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Alat ini dapat mengisap kelembapan, bau, dan kontaminasi ke luar rumah sehingga udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih.Exhaust fan juga bisa menjadi ventilasi yang memadai di area-area atau ruangan rumah tempat kontaminan penurun kualitas udara biasanya menumpuk. Udara yang kotor dapat diisap dan dibuang keluar sehingga udara yang lebih berkualitas dapat mengisi ruangan.

Manfaat sirkulasi udara yang baik di rumah

Fungsi exhaust fan dalam meningkatkan sirkulasi udara juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi para penghuni rumah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Menjaga udara tetap bersih

Sirkulasi udara yang baik dapat membantu mengurangi dan membuang penumpukan polutan, bakteri, kelembapan, dan bau tidak sedap dari dalam ruangan.Sehingga, risiko sakit akibat polutan atau bakteri yang ada di dalam rumah bisa dikurangi berkat manfaat exhaust fan ini.

2. Menurunkan risiko akibat kondensasi

Kondensasi atau pengembunan dapat memicu pertumbuhan jamur. Selain merusak rumah, kondisi lembap yang dipicu kondensai juga bisa mengakibatkan masalah kesehatan, seperti reaksi alergi dan gangguan pernapasan.Fungsi exhaust fan dalam meningkatkan sirkulasi dan kualitas udara dapat membantu menurunkan berbagai risiko tersebut.

3. Membuat ruangan lebih nyaman dan kondusif

Banyak faktor yang membuat ruangan menjadi pengap dan panas, misalnya cuaca, ruangan tanpa jendela, atau jumlah orang berada di dalam ruangan.Manfaat exhaust fan dalam menurunkan suhu udara dapat membuat ruangan menjadi lebih nyaman dan kondusif untuk beristirahat atau melakukan kegiatan secara produktif.

4. Menjaga kesehatan penghuni rumah

Sirkulasi udara yang buruk dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, misalnya sakit kepala, alergi, asma, dan sinusitis. Masalah ini dapat diminimalisir dengan fungsi blower ruangan atau exhaust fan dalam meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan.Itulah sejumlah fungsi exhaust fan yang baik untuk rumah Anda. Sebaiknya pasang exhaust fan di tempat-tempat yang rawan terjadi perubahan udara, seperti dapur atau kamar mandi.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
alergiinfeksi jamurpolusi udara
Biddle California. https://www.biddle.ca/en/knowledge-base/news/5-benefits-of-a-good-ventilation-system
Diakses 22 Mei 2021
HVAC. https://www.hvac.com/blog/exhaust-fans-essential-home-comfort/
Diakses 22 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait