Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Darah Rendah dan Kurang Darah


Perbedaan darah rendah dan kurang darah bisa Anda amati dari penyebab, gejala dan cara mengatasinya. Dari sisi penyebab, kurang darah atau anema umumnya disebabkan karena kurangnya zat besi, sementara darah rendah (hipotensi) dapat dipicu sejumlah kondisi, misalnya dehidrasi hingga kehamilan.

0,0
23 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Perbedaan darah rendah dan kurang darah dapat dilihat dari penyebab, gejala, dan cara mengatasinyaDarah rendah )hipotensi) dan kurang darah (anemia) punya sejumlah perbedaan
Tidak semua orang tahu perbedaan darah rendah dan kurang darah. Keduanya memang berkaitan dengan kondisi darah pada tubuh dan memiliki beberapa kemiripan gejala. Namun, darah rendah dan kurang darah merupakan jenis gangguan kesehatan yang berbeda.
Kurang darah atau anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah sehat di dalam tubuh terlalu rendah. Sementara itu, darah rendah atau hipotensi adalah kondisi tekanan darah yang lebih rendah dari standar normal, tepatnya di bawah 90/60 mmHg.Perbedaan kurang darah dan darah rendah cukup signifikan, khususnya pada penyebab dan cara pengobatannya. Mari kenali lebih lanjut seputar kedua kondisi ini.

Perbedaan darah rendah dan kurang darah dari penyebabnya

Ada beberapa perbedaan yang bisa Anda amati pada penyebab darah rendah dan kurang darah. Berikut adalah penjelasan masing-masing kondisi yang dapat Anda ketahui.

1. Penyebab kurang darah (anemia)

Kondisi umumnya disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah dan kondisi tertentu yang meningkatkan kerusakan sel darah merah.Faktor-faktor yang menurunkan produksi sel darah merah, antara lain:
  • Stimulasi produksi sel darah merah yang tidak memadai oleh hormon eritropoietin
  • Kekurangan zat besi, vitamin B12, atau folat
  • Hipotiroidisme.
Sementara itu, faktor utama yang meningkatkan kerusakan sel darah merah adalah perdarahan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh sejumlah hal, mulai dari kecelakaan, haid, endometriosis, lesi di saluran cerna, sirosis hati, fibrosis sumsum tulang, kelainan genetik, prosedur pembedahan, dan sebagainya.Dari berbagai penyebab di atas, kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari kurang darah atau anemia. Hampir setengah dari kasus anemia bahkan disebabkan oleh masalah kekurangan nutrisi ini.

2. Penyebab darah rendah (hipotensi)

Tekanan darah seseorang dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi masing-masing. Selain itu, beberapa kondisi tertentu juga mampu menyebabkan tekanan darah rendah atau hipotensi, seperti:
  • Dehidrasi
  • Kehamilan
  • Gangguan jantung
  • Gangguan endokrin
  • Infeksi berat (septikemia)
  • Reaksi alergi parah (anafilaksis)
  • Konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah.
Anemia akibat kehilangan darah ataupun zat besi, juga dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah. Di sisi lain, darah rendah tidak termasuk penyebab anemia. Itulah perbedaan darah rendah dan anemia berdasarkan penyebabnya.

Perbedaan darah rendah dan kurang darah dari gejalanya

Perbedaan darah rendah dan kurang darah berikutnya dapat Anda amati pada gejalanya. Baik anemia atau darah rendah umumnya tidak berbahaya, selama tidak menunjukkan gejala atau hanya bergejala ringan yang tidak berlangsung lama.

1. Gejala kurang darah (anemia)

Tanda dan gejala anemia dapat bervariasi tergantung penyebabnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan gejala anemia yang bisa terjadi.Pada mulanya, anemia bisa sangat ringan sehingga Anda tidak menyadarinya karena tidak merasakan gejala apa pun. Namun, saat kondisi anemia memburuk, gejala yang muncul juga bisa semakin parah.

2. Gejala darah rendah (hipotensi)

Penderita darah rendah atau hipotensi dapat mengalami beberapa gejala, di antaranya:Gejala hipotensi dapat berbeda berdasarkan tingkat keparahannya. Sebagian orang mungkin terbiasa dengan tekanan darah rendah dan tidak mengalami gejala apa pun. Namun, sebagian lainnya bisa merasa tidak nyaman atau merasa sangat sakit.

Perbedaan darah rendah dan kurang darah dari pengobatannya

Makanan yang mengandung zat besi
Konsumsi makanan sumber zat besi dapat membantu atasi anemia
Soal pengobatan, ada sejumlah perbedaan kurang darah dan darah rendah yang juga bisa Anda amati. Cara mengatasi kedua kondisi ini dilakukan berdasarkan penyebabnya.Berikut adalah perbedaan kurang darah dan darah rendah jika dilihat dari segi pengobatannya.

1. Cara mengobati kurang darah

Untuk anemia yang disebabkan gangguan medis tertentu, pengobatannya akan disesuaikan dengan penyebabnya.Anemia yang disebabkan kekurangan zat besi, vitamin B12, dan folat, umumnya diobati dengan pemberian suplemen dan perubahan pola makan yang tepat. Suntikan vitamin B12 juga dapat diberikan jika vitamin ini sulit dicerna dalam bentuk oral.Dalam beberapa kasus anemia parah, dokter dapat memberikan suntikan eritropoietin untuk meningkatkan produksi sel darah merah di sumsum tulang. Jika mengalami perdarahan parah atau kadar hemoglobin sangat rendah, transfusi darah juga mungkin diperlukan.

2. Cara mengobati darah rendah

Tekanan darah rendah tanpa gejala atau hanya bergejala ringan, umumnya jarang memerlukan pengobatan. Sedangkan, darah rendah yang disebabkan gangguan medis perlu ditangani sesuai penyebabnya.Beberapa perawatan yang biasanya dianjurkan untuk mengatasi tekanan darah rendah, antara lain:
  • Konsumsi lebih banyak garam karena natrium dapat meningkatkan tekanan darah
  • Minum lebih banyak air 
  • Kenakan stoking kompresi
  • Pemberian obat-obatan darah rendah.
Itulah berbagai perbedaan darah rendah dan kurang darah. Jika Anda mengalami gejala dari salah satu kondisi di atas yang tidak kunjung membaik atau semakin parah seriring waktu, sebaiknya segera periksakan diri dokter.Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi obat sembarangan tanpa mengetahui penyebab pastinya karena ada banyak perbedaan darah rendah dan anemia, termasuk cara penanganannya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
hipotensianemiatekanan darah rendah
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20355465
Diakses 11 Agustus 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anemia/symptoms-causes/syc-20351360#:~:text=Anemia%20is%20a%20condition%20in,range%20from%20mild%20to%20severe.
Diakses 11 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/hypotension
Diakses 11 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/anemia#:~:text=Anemia%20is%20a%20condition%20in,usual%2C%20you%20might%20experience%20headaches.
Diakses 11 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait