Siapkan Dana Darurat, Cara Mengelola Keuangan Bebas Stres


Masalah finansial bisa jadi salah satu tersangka utama penyebab seseorang tak bisa tenang. Stres, itu pasti. Itulah mengapa cara mengelola keuangan penting demi kesehatan mental seseorang. Jangan sampai besar pasak daripada tiang atau justru terjebak dalam perencanaan keuangan yang merugikan.

(0)
17 Sep 2020|Azelia Trifiana
Cara mengelola keuangan yang baik akan menghindarkan Anda dan pasangan dari stres finansialMerencanakan keuangan dengan baik, dapat menghindari stres finansial
Masalah finansial bisa jadi salah satu tersangka utama penyebab seseorang tak bisa tenang. Stres, itu pasti. Itulah mengapa cara mengelola keuangan penting demi kesehatan mental seseorang. Jangan sampai besar pasak daripada tiang atau justru terjebak dalam perencanaan keuangan yang merugikan.Belum lagi tendensi untuk membandingkan kondisi keuangan diri sendiri dan orang lain. Hal ini bisa membuat rasa cemas dan stres terhadap finansial semakin menjadi-jadi.

Stres soal keuangan tak selalu buruk

Sebenarnya, stres atau cemas terhadap kondisi finansial tidak selalu buruk. Ketika seseorang merasa stres, artinya ada pakem yang digunakan saat mengambil keputusan terkait keuangan.Rasa stres ini menjadi rem agar seseorang tak berlebihan dalam menghabiskan uang, tak sembarangan berinvestasi, hingga menjadi motivasi untuk terus bergerak dan bekerja demi mendapat pemasukan.Namun tentu saja ini stres menjadi emosi yang positif ketika bisa diadaptasi dengan baik oleh seseorang. Apabila salah menyikapi stres soal keuangan ini, sebaliknya justru menyebabkan stres dan berpengaruh terhadap kepercayaan diri.

Cara mengelola keuangan tanpa stres

Bermain dengan anak lebih bahagia tanpa stres finansial
Tanpa stres finansial, hidup jadi lebih bahagia
Ada banyak prinsip penting yang berlaku universal dan perlu dipahami orang ketika ingin tahu cara mengelola keuangan tanpa stres. Beberapa di antaranya adalah:

1. Atur pengeluaran

Besar pasak daripada tiang adalah akar masalah keuangan. Itu sebabnya, cara mengelola keuangan terpenting adalah mengatur pengeluaran agar tidak lebih besar daripada pemasukan. Selain itu, perhitungkan juga menabung untuk masa depan sesuai dengan kondisi ekonomi masing-masing.

2. Siapkan dana darurat

Jika tidak memiliki utang, prioritas dalam mengelola keuangan adalah menyiapkan dana darurat. Idealnya, dana darurat yang harus disiapkan adalah sebesar 6 kali pengeluaran setiap bulannya. Jika sudah berkeluarga atau memiliki keturunan, maka angka ini perlu ditambah.Sesuai namanya, dana darurat sangat penting untuk memastikan kehidupan tidak “oleng” ketika terjadi hal yang di luar ekspektasi. Artinya, seseorang masih memiliki waktu untuk beradaptasi dengan pola kehidupan finansial yang sama setidaknya selama 6 bulan dengan adanya dana darurat.

3. Uang adalah alat

Anggap uang sebagai alat dan sangat bergantung pada orang yang memiliki kendali atasnya. Jadi, jangan menjadikan uang sebagai pengendali seseorang karena dapat berdampak buruk bagi kebahagiaan dan kepercayaan diri pemiliknya.Selama digunakan dengan baik, uang sebagai alat ini bisa membantu pemiliknya. Sebaliknya ketika digunakan sembarangan, uang justru bisa bersifat menghancurkan.

4. Meditasi berjalan

Ada teknik walking meditation ketika berinteraksi dengan uang. Artinya, seseorang harus benar-benar menghayati ketika mengeluarkan uang. Contohnya ketika akan membayar tagihan, lakukan perlahan dan syukuri karena bisa membayar tagihan dengan uang yang diperoleh sendiri.Selain itu, bisa juga dengan memikirkan kondisi finansial di kala senggang. Hal ini membuat seseorang merasa dekat sekaligus memiliki kendali atas kondisi finansialnya. Ini adalah perasaan yang berkebalikan dengan rasa khawatir ketika tidak tahu apa saja pengeluaran selama beberapa hari terakhir.

5. Minta bantuan finansial

Apabila berada dalam kondisi finansial yang kurang sehat, jangan ragu untuk mencari bantuan dari profesional. Tak harus dari financial planner, bisa juga dengan bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman.Ingat bahwa kesehatan finansial sama pentingnya seperti kesehatan fisik dan mental. Jadi, apabila situasi keuangan benar-benar tak terkendali maka meminta bantuan profesional bisa jadi solusi efektif.Memiliki pengelolaan keuangan yang sehat dapat menjadi kunci kesehatan mental seseorang. Tidak ada kata terlambat untuk mulai menata finansial, asalkan disertai dengan komitmen dalam mengelolanya.
kesehatan mentalhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/stress-anxiety/how-to-manage-money-worries#1
Diakses pada 4 September 2020
Mind. https://www.mind.org.uk/information-support/tips-for-everyday-living/money-and-mental-health/money-and-mental-health/
Diakses pada 4 September 2020
The Balance. https://www.thebalance.com/ways-to-be-better-with-money-960664
Diakses pada 4 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait