Tanam Benang Hidung, Cara Instan Mengubah Hidung Tanpa Oplas

(0)
28 Jan 2020|Azelia Trifiana
Dokter akan menyuntikkan anestesi lokal di area hidung sebelum prosedur tanam benang hidung dimulaiSebelum tanam benang hidung, dokter akan menyuntikkan anestesi lokal
Cara menyiasati kulit yang kehilangan elastisitasnya seiring dengan penuaan adalah dengan tanam benang. Khusus untuk area hidung, tanam benang hidung merupakan salah satu pilihan yang cukup populer. Terlebih area hidung kerap menjadi bagian wajah yang dilihat pertama kali oleh orang.Bagi yang ingin mengubah bentuk hidung, ada dua opsi prosedur tanpa operasi yaitu tanam benang hidung dan nose fillers.

Apa itu tanam benang hidung?

Tanam benang hidung adalah prosedur mengubah bentuk, posisi, dan sudut hidung seseorang tanpa perlu menjalani prosedur operasi. Berkat perkembangan teknologi medis yang semakin inovatif, tanam benang hidung bisa dilakukan menggunakan benang polydioxanone (PDO) yang bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh manusia.Ada alasan mengapa tanam benang hidung disebut juga dengan “lunchtime nose job”. Tentu karena tak perlu waktu terlalu lama untuk menuntaskan prosedur ini. Rata-rata tanam benang hidung hanya perlu waktu kurang dari 1 jam.Bahkan orang yang menjalani prosedur tanam benang hidung bisa melanjutkan aktivitas sesudahnya.

Bagaimana tanam benang hidung dilakukan?

Tanam benang hidung dapat mengubah bentuk hidung tanpa perlu operasi
Prosedur tanam benang hidung tidak membutuhkan waktu yang lama
Selain cepat, tanam benang hidung juga disebut sebagai prosedur yang tidak terlalu menyakitkan. Dokter akan mengaplikasikan anestesi lokal di area hidung sebelum prosedur dimulai.Kemudian, dokter akan menempatkan benang di sepanjang jembatan hidung (nasal bridge) dan septum (dinding yang membagi rongga hidung menjadi dua). Pemasangan benang ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana proyeksi bentuk hidung selanjutnya.Benang ini akan ditempatkan di bawah permukaan kulit untuk membuat jembatan hidung lebih tinggi. Selain itu, tanam benang hidung juga memberi stimulus pembentukan kolagen sehingga hidung akan menjadi lebih mancung.Setiap orang memerlukan jumlah benang yang berbeda-beda satu dan lainnya. Itulah mengapa perlu ada konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan bentuk hidung sebelum dan setelah tanam benang hidung dilakukan.Hasil dari tanam benang hidung bisa terlihat langsung setelah prosedur dilakukan.

Risiko tanam benang hidung

Salah satu risiko dari prosedur tanam benang hidung adalah terjadinya infeksi. Hal ini bisa terjadi apabila prosedur dilakukan oleh orang yang tidak memiliki kapasitas sesuai atau apabila peralatan tidak benar-benar steril.Selain itu, ketika benang dimasukkan terlalu dalam maka bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bahkan tidak bisa memberikan efek yang diharapkan.Apabila seseorang tidak suka dengan hasil tanam benang hidung yang sudah dilakukan, tidak ada cara untuk mengubahnya. Meski demikian, hasil dari tanam benang hidung akan hilang dengan sendirinya setelah 1-2 tahun. Di antara banyak prosedur mengubah bentuk hidung lainnya, sebenarnya tidak ada yang paling ideal. Semuanya memiliki risiko masing-masing, dan reaksi antara satu orang dan lainnya bisa berbeda.Bisa saja prosedur yang aman dilakukan oleh satu orang, tidak berlaku sama terhadap orang lain. Tentunya yang paling penting adalah melakukan konsultasi dan memikirkan dengan matang sebelum melakukan prosedur untuk mengubah bagian tubuh, termasuk hidung.

Apa yang perlu diperhatikan sebelumnya?

Bagi yang sudah bulat keputusan untuk melakukan prosedur tanam benang hidung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:
  • Cari dokter yang benar-benar memiliki reputasi terpercaya
  • Jangan hanya percaya testimoni positif, cari lebih jauh apakah ada yang memiliki testimoni negatif dengan dokter tersebut
  • Lakukan konsultasi dan evaluasi sebelum benar-benar melakukan prosedur tanam benang hidung
  • Tanyakan apa yang akan dialami selama prosedur berlangsung dan sesudahnya
  • Perhitungkan semua perubahan yang mungkin terjadi termasuk reaksi tubuh yang akan dialami
Perlu diingat bahwa tanam benang hidung memang bisa mengencangkan kulit, namun tidak bisa menghilangkan noda di permukaan kulit. Hal terpenting adalah memastikan telah melakukan pertimbagan dan riset menyeluruh sebelum melakukan prosedur ini.
kulit dan kecantikanperawatan wajah
Plastic Surgery. https://www.plasticsurgery.org/news/blog/what-you-need-to-know-about-thread-lifts
Diakses 20 Januari 2020
Marie France Asia. https://www.mariefranceasia.com/beauty/beauty-sos/the-killer-question/nose-thread-lift-vs-nose-fillers-266294.html
Diakses 20 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/rhinoplasty#procedure
Diakses 20 Januari 2020
Prive Clinic. https://www.priveclinic.com/nose-thread-lift-vs-nose-filler/
Diakses 20 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait