Tanda-Tanda Learned Helplessness, Ketidakberdayaan yang Membuat Seseorang Putus Asa Ketika Menghadapi Masalah


Learned helpless terjadi ketika Anda tidak mampu mengendalikan situasi stres secara berulang dan pasrah saat kembali menghadapi keadaan serupa. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

(0)
Learned helplessness adalah sikap pasrah saat menghadapi masalah yang samaLearned helplessness adalah sikap pasrah dan putus asa saat menghadapi masalah
Kegagalan dalam mengontrol situasi buruk secara berulang dapat membuat kepercayaan diri seseorang untuk menyelesaikan masalah berkurang atau bahkan hilang. Ketika rasa percaya diri hilang, sikap pasrah kemudian dijadikan pilihan ketika kembali menghadapi situasi serupa. Jika Anda termasuk salah satunya, kondisi ini dikenal dengan istilah learned helplessness.

Apa itu learned helplessness?

Learned helplessness adalah kondisi yang terjadi saat seseorang tidak bisa mengendalikan situasi stres secara berulang dan memilih untuk pasrah ketika kembali dihadapkan dengan situasi serupa. Sikap ini pun kemudian membuat Anda kehilangan motivasi untuk mengubah keadaan meski sebenarnya masih ada kesempatan untuk memperbaikinya.Apabila tidak segera mendapatkan penanganan, kondisi ini dapat membuat Anda kesulitan dalam membuat keputusan. Selain itu, learned helplessness juga berpotensi meningkatkan risiko Anda mengalami depresi.

Tanda-tanda learned helplessness

Learned helplessness merupakan kondisi yang dapat dialami semua kategori usia, termasuk anak-anak. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak yang ditelantarkan orangtua dalam waktu lama atau menjadi korban pelecehan secara berulang.Beberapa tanda learned helplessness antara lain:
  • Pasif
  • Rendah diri
  • Rendah motivasi
  • Mudah menyerah
  • Kurangnya usaha
  • Menunda-nunda pekerjaan
  • Rendah harapan untuk sukses
  • Kurangnya ketekunan dalam melakukan tugas
  • Pasrah dan tidak meminta bantuan orang lain ketika kesulitan
Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk mengetahui kondisi yang mendasarinya. Penanganan sedini mungkin bisa mencegah kondisi Anda bertambah parah.

Pengaruh learned helplessness terhadap kesehatan mental

Learned helplessness yang tidak ditangani dengan baik bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan mental. Beberapa gangguan psikologis yang dapat semakin parah akibat kondisi ini, di antaranya depresi, kecemasan, fobia, rasa malu, dan perasaan kesepian.Sebagai contoh, orang yang menderita masalah kecemasan atau depresi mungkin saja akan menolak terapi atau obat untuk meredakan gejala mereka. Hal tersebut terjadi karena mereka kehilangan motivasi untuk bisa sembuh dan pulih dari kondisi yang dialami.Ketika tidak mendapatkan penanganan seperti seharusnya, masalah kesehatan mental yang diderita pun akan semakin parah. Tidak hanya berdampak pada psikologis, kondisi fisik Anda juga akan turut terganggu.

Bagaimana cara mengatasi learned helplessness?

Apabila mengalami learned helplessness, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini dapat ditangani. Tindakan penanganan yang umum digunakan untuk mengatasinya adalah terapi perilaku kognitif (CBT).Melalui terapi ini, Anda akan diajak untuk mengubah cara berpikir dan berperilaku menjadi lebih rasional. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan melalui terapi perilaku kognitif, antara lain:
  • Mengidentifikasi pikiran negatif yang memicu munculnya learned helplessness
  • Mengidentifikasi perilaku negatif yang memicu berkembangnya learned helplessness
  • Mengembangkan cara untuk mengurangi perasaan ketidakberdayaan saat menghadapi trauma
  • Mengubah pola pikir dan perilaku negatif menjadi lebih positif dan bermanfaat
  • Meningkatkan harga diri
  • Menantang emosi negatif yang muncul akibat learned helplessness
  • Mengatasi luka yang muncul akibat trauma
  • Menetapkan tanggung jawab dan tujuan bagi diri sendiri 
Selain terapi, menerapkan pola hidup sehat juga dapat berdampak baik bagi kesehatan Anda, baik secara fisik maupun mental. Pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bernutrisi, rutin berolahraga, dan mengelola stres terbukti dapat mengurangi sekaligus mencegah kecemasan, depresi, maupun masalah kesehatan lainnya.

Catatan dari SehatQ

Learned helplessness adalah kondisi ketika Anda tidak bisa mengontrol situasi pemicu stres secara berulang dan memilih pasrah saat kembali dihadapkan dengan keadaan itu. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan Anda, baik secara fisik maupun mental.Beberapa masalah kesehatan mental yang dapat semakin parah karena learned helplessness seperti depresi, kecemasan, hingga fobia. Akibatnya, kondisi fisik pun akan jadi ikut terganggu karena gangguan kesehatan mental tidak tertangani dengan baik.Apabila Anda merasakan adanya tanda-tanda learned helplessness, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan. Penanganan yang dilakukan sedini mungkin dapat mencegah kondisi Anda bertambah parah.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai learned helplessness dan cara mengatasinya dengan tepat, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
depresikesehatan mentalgangguan kecemasan
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-learned-helplessness-2795326
Diakses pada 16 April 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325355
Diakses pada 16 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait