Tanda-Tanda Overachiever dan Dampaknya yang Perlu Diwaspadai


Overachiever adalah seseorang yang terus berambisi untuk meraih banyak kesuksesan dalam hidup. Beberapa tandanya mulai dari lebih mementingkan hasil, menghabiskan banyak waktu untuk bekerja, hingga sering mengkritik diri sendiri.

0,0
Pernahkah Anda menemui orang yang memiliki ambisi tinggi meskipun sudah.meraih banyak capaian dalam hidupnya? Atau semangat tersebut malah ada pada diri Anda sendiri? Jika iya, hal tersebut dapat menjadi tanda overachiever.
Overachiever adalah seseorang yang ingin terus meraih prestasi atau capaian tinggi sebanyak mungkin dalam hidupnya. Orang dengan kondisi ini tidak pernah merasa puas walaupun sudah mempunyai banyak keberhasilan.Meski terlihat positif, semangat ini bisa berpengaruh buruk terhadap kondisi Anda, baik secara fisik dan mental. Selain itu, hubungan dengan orang lain juga dapat terpengaruh karena terlalu mengejar target yang tidak pernah selesai.

Apa saja tanda-tanda overachiever?

Beberapa orang seringkali tidak sadar bahwa mereka merupakan seorang overachiever. Untuk mengetahuinya, ada beberapa sikap dan perilaku yang menjadi tandanya. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mementingkan hasil daripada proses

Jika Anda selama ini selalu mementingkan hasil ketimbang proses, hal tersebut bisa menjadi tanda overachiever. Keberhasilan mencapai target dijadikan tolak ukur mereka dalam menilai diri sendiri. Mereka juga percaya bahwa orang lain menilai dengan cara yang sama.Prestasi dijadikan para overachiever untuk mengukur kelayakan mereka. Orang tipe ini akan merasa sangat hancur ketika gagal, maka dari itu mereka akan melakukan segala cara untuk dapat menghindarinya.

2. Sering mengkritik diri sendiri

Overachiever mempunyai kecenderungan untuk mengkritik diri sendiri, terlebih saat ekspektasi mereka tidak terpenuhi. Terkadang, orang dengan tipe ini memiliki ekspektasi yang berlebihan. Ketika gagal, mereka tak akan berhenti memberikan kritik terhadap diri sendiri. Kritis terhadap diri sendiri, namun jika dilakukan secara berlebih, tentu hal tersebut tidaklah baik.

3. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bekerja

Menghabiskan waktu untuk bekerja bisa menjadi tanda bahwa Anda merupakan seorang overachiever. Saat bekerja, Anda seakan tidak mengenal waktu agar target yang hendak dicapai terpenuhi. Bahkan, beberapa orang dengan tipe ini juga menghabiskan waktu libur mereka untuk bekerja.

4. Tidak pernah merasa puas

Overachiever tak pernah merasa puas dengan apa yang telah berhasil mereka capai dalam hidup. Orang dengan tipe ini tidak pernah meluangkan waktu untuk menikmati kesuksesan mereka. Apa yang ada dalam pikiran mereka hanyalah mencari cara untuk terus mencapai keberhasilan lebih banyak lagi.

5. Selalu khawatir dengan masa depan

Orang dengan tipe ini selalu khawatir dengan apa yang terjadi di masa depan. Terlalu fokus untuk menghindari hasil negatif, mereka sibuk mengkhawatirkan hal-hal yang mungkin tidak terjadi di kemudian hari. Akibatnya, overachiever tidak dapat menikmati kehidupan sekarang.

Dampak buruk menjadi overachiever

Bagi beberapa orang, overachiever mungkin dinilai positif karena orang tersebut terus memiliki semangat untuk meraih banyak kesuksesan dalam hidupnya. Namun, hal ini bisa menciptakan ketidakseimbangan dalam hidup.Orang dengan tipe ini sering mengabaikan kesehatan dan kebutuhan sendiri. Akibatnya, stres dan kecemasan merupakan kondisi yang tak bisa terhindarkan. Terlalu menghabiskan banyak waktu untuk bekerja membuat mereka kurang istirahat. Kebiasaan ini tentunya dapat memicu kemunculan banyak penyakit dalam tubuh.Tidak hanya itu, mereka mungkin akan mengabaikan hubungan dengan keluarga atau orang di sekitar. Daripada berinteraksi menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat, overachiever akan lebih memilih untuk memenuhi ambisinya.

Tips menghindari dampak buruk akibat menjadi overachiever

Melihat dampak buruk yang bisa ditimbulkan, cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk melakukan refleksi diri. Pertimbangkan apa saja efek negatif yang dapat ditimbulkan jika Anda terlalu mengejar kesuksesan.Jangan juga mengabaikan kesehatan Anda, baik secara fisik maupun mental. Luangkan waktu untuk merawat diri. Berilah diri waktu untuk istirahat, hadiahi usaha Anda, serta lakukan hal-hal positif yang dapat menjaga kesehatan dan kebugaran (misal, menerapkan pola hidup sehat).Selain itu, tetaplah menjalin komunikasi yang baik dengan orang-orang terdekat. Anda dapat sekedar meluangkan waktu untuk berbagi cerita maupun menghabiskan akhir pekan bersama. Menghabiskan waktu dengan orang terdekat secara tidak langsung bisa membantu meredakan stres yang Anda rasakan.

Catatan dari SehatQ

Overachiever adalah seseorang yang terus berambisi untuk meraih banyak kesuksesan dalam hidup. Beberapa tandanya mulai dari lebih mementingkan hasil, menghabiskan banyak waktu untuk bekerja, hingga sering mengkritik diri sendiri.Apabila dibiarkan begitu saja, semangat ini bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan, serta hubungan dengan orang lain. Oleh sebab itu, menjaga hidup tetap seimbang sangat diperlukan untuk menghindari dampak negatif yang dapat ditimbulkan.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda dapat bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mental
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/are-you-an-overachiever-4580606
Diakses pada 18 Oktober 2021
HuffPost. https://www.huffpost.com/entry/overachiever-signs_n_4740534
Diakses pada 18 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait