10 Tata Cara Makan yang Penting Diketahui oleh Anak


Ada beberapa tata cara makan yang perlu diajarkan pada anak oleh orangtua, seperti mengunyah dengan mulut tertutup, mencuci tangan, hingga jangan mengkritik makanan yang disajikan.

0,0
13 Oct 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Tata cara makan yang baik dan benarAnak perlu paham tata cara makan yang baik dan sopan sejak dini.
Tata cara makan yang benar perlu diajarkan pada anak sejak usia dini. Sebab, etika di meja makan dapat menjadi alat penting yang berguna bagi si kecil untuk berinteraksi sosial saat ia sudah dewasa kelak.
Simaklah berbagai tata cara makan yang bisa Ayah dan Bunda ajarkan pada anak berikut ini.

10 tata cara makan yang patut diajarkan pada anak

Sesaat setelah anak sudah bisa berbicara serta memegang sendok dan garpu sendiri, saat itu juga orangtua sudah boleh memperkenalkan tata cara makan yang baik.Walaupun anak belum mengerti apa yang Anda sampaikan, jangan pernah bosan menyampaikan etika makan yang sopan. Lambat laun, anak dapat memahami dan mempraktikkannya di meja makan.

1. Membersihkan tangan dan wajah

Sebelum duduk di meja makan, ajarkan anak untuk selalu membersihkan tangan dan wajah dengan air. Kebiasaan ini dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat pada orang yang telah menyiapkan makanan di meja makan. Selain itu, anak juga dapat terbiasa untuk menjaga kebersihan tubuh.

2. Jangan mendahului orang lain saat makan

Selanjutnya, beri tahu anak untuk tidak makan terlebih dahulu sebelum semua orang duduk di meja makan dan mendapatkan makanan.Pasalnya, makan malam harus dinikmati bersama-sama. Jika anak sudah makan sebelum yang lain duduk, hal itu bisa dianggap tidak sopan.

3. Mengunyah dengan mulut tertutup

Salah satu tata cara makan yang penting untuk diketahui anak ialah mengunyah dengan mulut tertutup. Sebab, saat mulut terbuka sambil mengunyah, suara yang keluar dari mulut dapat mengganggu orang-orang di meja makan.Lalu, ajarkan juga pada anak agar dirinya tidak berbicara saat masih ada makanan di mulut.

4. Bersikap sopan di meja makan

Ada kalanya anak menginginkan sesuatu di meja makan, namun jauh dari jangkauan tangan. Saat ia meminta orang lain untuk mengambilkannya, ajarkan anak untuk mengatakan, "tolong".Tidak hanya itu, mintalah anak untuk selalu mengucapkan "terima kasih" kepada orang yang sudah menyiapkan makanan.

5. Menggunakan peralatan makan dan serbet

Saat anak sedang makan bersama keluarga besar atau teman-teman, ajarkan ia untuk menggunakan sendok dan garpu. Jangan sampai ia menggunakan tangan untuk makan.Bimbing juga anak untuk dapat menggunakan sendok dan garpu dengan benar.

6. Jangan mengkritik makanan yang sudah disajikan

Sah-sah saja jika anak kurang menyukai makanan yang disajikan. Namun, jangan sampai ia mengutarakan ketidaksukaannya itu langsung di hadapan orang yang telah membuat makanan. Hal ini dianggap tidak sopan dan dapat menyakiti hati orang tersebut.Justru sebaliknya, tegaskan pada anak untuk selalu mengutarakan rasa terima kasih kepada orang yang telah menyajikan makanan.

7. Matikan segala gawai

Jika anak sudah memiliki gawai (gadget) seperti handphone, minta anak untuk mematikannya saat sedang berada di meja makan agar ia bisa berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitar.Ditambah lagi, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Maternal & Child Nutrition mengungkapkan, keberadaan gawai seperti televisi dapat membuat seseorang mengonsumsi makanan lebih banyak, terutama makanan yang tinggi lemak dan gula.

8. Jangan menginterupsi orang lain

Saat di meja makan, ajari anak untuk tidak menginterupsi pembicaraan orang lain. Jika anak ingin berbicara, tunggu sampai ia memiliki kesempatan.Minta juga anak untuk berbicara hal-hal yang menarik, seperti tentang teman-teman, sekolah, dan berbagai subjek lain yang bisa membuat orang di meja makan tertarik.

9. Jangan beranjak dari kursi sebelum diizinkan

Terkadang, anak suka terburu-buru beranjak dari kursi setelah makan. Padahal, orang-orang di sekitarnya masih belum selesai makan. Dikutip dari The Nourished Child, hal ini dianggap tidak sopan.Jika memang anak sudah selesai makan, mintalah ia duduk lebih lama untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Setelah itu, Ayah dan Bunda boleh mengizinkannya untuk beranjak dari kursi.Namun ingat, jika memang anak Anda masih terlalu kecil untuk bersosialisasi, maka ia tak perlu menunggu sampai yang lain selesai makan.

10. Ajak anak untuk menyiapkan dan membersihkan meja makan

Jika anak sudah cukup dewasa, Anda boleh meminta bantuannya untuk menyiapkan dan membersihkan meja makan. Dengan begitu, ia bisa belajar untuk tidak menyerahkan semua tugas pada orangtua atau asisten rumah tangga (ART) di rumah.Berbagai tata cara makan di atas dapat menjadi hal yang berguna bagi kehidupan anak di masa depan. Maka dari itu, jangan tunggu hingga dirinya dewasa untuk memperkenalkan etika di meja makan.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
tips parentingkesehatan anaktips mendidik anakgaya parenting
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/teaching-kids-good-table-manners-620306
Diakses pada 28 September 2021
The Nourished Child. https://thenourishedchild.com/kids-develop-table-manners/
Diakses pada 28 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait