9 Tata Krama yang Perlu Dimiliki Anak Sejak Dini

(0)
25 Feb 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mengajarkan tata krama pada anak sejak dini sangatlah penting untuk perkembangan sosialnya.Tata krama sudah harus diajarkan pada anak sejak usia dini.
Mengajarkan tata krama pada anak dapat membekali mereka dengan kemampuan sosial saat beranjak dewasa. Sebagai orangtua, tentunya Anda harus menjadikan pelajaran tata krama sebagai salah satu prioritas. Maka dari itu, simak berbagai tata krama penting yang perlu dimiliki oleh Si Kecil.

Tata krama yang perlu dimiliki anak-anak

Mulai dari mengucapkan terima kasih, menyapa orang di sekitarnya, hingga memanggil orang yang lebih tua dengan sopan. Berikut sederet tata krama yang penting untuk dimiliki anak sejak usia dini.

1. Mengucapkan 'tolong' dan 'terima kasih'

Ajarkan anak tata krama dalam berbicara 'tolong' dan 'terima kasih'
Ajarkan anak tata krama berbicara 'tolong' dan 'terima kasih'
Mengucapkan 'tolong' saat membutuhkan pertolongan dan mengucapkan 'terima kasih' setelah dibantu, merupakan salah satu fondasi utama dari tata krama yang perlu diketahui anak-anak.Seiring bertambahnya usia Si Kecil, Anda  dapat membiasakan mereka untuk mengucapkan kata-kata penting ini. Misalnya, saat Anda mengajak anak-anak ke restoran. Mintalah Si Kecil untuk mengucapkan 'tolong' saat ingin memesan makanan dan ucapkan 'terima kasih' saat makanan sudah diantar.

2. Ajarkan cara menyapa orang dengan sopan

Menyapa orang lain, terutama kerabat dan keluarga, adalah tata krama yang harus ditanamkan di dalam diri anak sejak dini. Ajarkan anak untuk menatap mata, wajah, dan menjabat tangan orang yang disapa.

3. Gunakan sebutan yang baik saat menyapa orangtua

Mengajarkan tata krama pada anak adalah hal yang sangat penting
Memperkenalkan tata krama sejak dini sangatlah penting
Saat menyapa orang yang lebih tua, ajarkan anak untuk menyapanya dengan sebutan yang sopan. Misalnya, sang anak ingin berbicara dengan gurunya di sekolah.Ajarkan ia untuk menyebut guru itu dengan sebutan 'bapak' atau 'ibu'. Sebab, menyapa orang yang lebih tua dengan namanya secara langsung dianggap tidak sopan.

4. Bersikap baik di meja makan

Bersikap baik di meja makan adalah tata krama yang tak kalah pentingnya. Ajarkan anak Anda untuk datang ke meja makan dengan tangan dan wajah yang bersih, kemudian jangan dulu melahap makanan sampai semuanya sudah siap makan.Jangan lupa juga mengajarkan anak untuk menutup mulutnya saat sedang mengunyah. Selain itu, mintalah dia untuk tidak makan secara buru-buru dan berlebihan.

5. Jangan gunakan ponsel semaunya

Anak zaman sekarang biasanya sudah diberikan ponsel dan berbagai macam gawai (gadget) lainnya oleh orangtua. Meskipun mereka sudah diberikan kebebasan untuk bermain gawai, ada baiknya Anda juga meminta mereka untuk tidak memainkan gawai semaunya.Larang anak untuk membawa gawai ke meja makan di saat seluruh anggota keluarganya sedang makan. Hal ini perlu dilakukan agar anak tidak terlalu bergantung dengan gawai dan melupakan kehidupan sosialnya.

6. Berbicara dengan lembut

Ajarkan anak tata krama saat ia sedang berbicara. Mintalah anak untuk tidak mengucapkan kata-kata kasar saat sedang berkomunikasi dengan orang lain.Misalnya, saat ia merasa tidak setuju dengan pernyataan orang lain, bantulah ia untuk mengutarakan ketidaksetujuannya dengan kata-kata yang halus dan sopan.

7. Sabar saat berbicara

Terkadang, anak-anak ingin mengutarakan perasaan dan opininya dengan cepat tanpa menunggu gilirannya. Tentunya ini adalah hal yang dianggap kurang baik.Ajarkan anak untuk bersabar dan mulai berbicara saat gilirannya sudah tiba. Mintalah dia untuk tidak memotong pembicaraan orang lain.

8. Jangan lupakan sikap adil dan sportivitas

Mengajarkan anak-anak untuk bersikap adil dan sportif juga perlu dilakukan. Misalnya, saat mereka sedang mengikuti perlombaan di sekolahnya. Mintalah mereka untuk bersikap sportif jika ia kalah oleh temannya, terimalah dengan lapang dada. Ajarkan pula untuk tidak sombong ketika ia menang.

9. Mematuhi peraturan di rumah orang lain

Saat Si Kecil diundang untuk bermain di rumah temannya, ajarkan ia untuk bisa mematuhi peraturan di rumah temannya. Jangan sampai ia menganggap bahwa peraturan di rumah Anda dan rumah temannya sama.Pastikan anak menyapa orangtua temannya dengan baik dan menggunakan intonasi suara yang lembut. Saat ada temannya yang main ke rumah Anda, ajarkan anak untuk memanjakan tamu dengan sopan dan santun.

Catatan dari SehatQ

Sebagai orangtua, cobalah berusaha untuk mengajarkan berbagai tata krama di atas kepada anak-anak Anda. Memang tidak mudah dan dibutuhkan kesabaran. Namun, dengan usaha yang giat, anak-anak Anda akan tumbuh menjadi individu yang disenangi banyak orang.Jika Anda khawatir dengan kesehatan Si Kecil, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
tips parentingkesehatan anakgaya parenting
Center For Parenting Education. https://centerforparentingeducation.org/library-of-articles/baby-through-preschool-articles/teaching-children-manners/
Diakses pada 10 Februari 2021
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/teaching-kids-good-table-manners-620306
Diakses pada 10 Februari 2021
Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/teaching-children-manners-620111
Diakses pada 10 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait