Teknik Dribbling dalam Permainan Bola Basket


Teknik dribbling pada permainan bola basket adalah langkah untuk memindahkan atau menggiring bola dari satu titik ke titik lain di lapangan. Ada banyak jenis dribble antara lain crossover, behind the back, dan spin.

(0)
25 Feb 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Teknik dribbling dalam bola basket perlu dikuasai para pemainTeknik dribbling ada beberapa jenis, salah satunya crossover
Dribbling dalam permainan bola basket adalah teknik untuk menggiring bola menggunakan satu tangan untuk membawa bola dari satu titik ke titik lainnya. Teknik ini merupakan salah satu teknik paling dasar dalam permainan bola basket dan harus dikuasi oleh semua pemain, terutama para point guard dan shooting guard.Untuk melakukan dribbling atau dribble, seorang pemain harus mengikuti aturan-aturan tertentu yang sudah diterapkan.Misalnya, pemain yang men-dribble bola menggunakan dua tangan atau membawa bola lebih dari tiga langkah tanpa memantulkannya ke lapangan bisa dinyatakan melakukan pelanggaran.

Tujuan melakukan dribbling bola basket

Dribbling merupakan salah satu teknik paling dasar dalam permainan bola basket. Setiap pemain harus menguasi teknik ini untuk bisa memainkan bola dengan baik di lapangan.Berikut ini tujuan dribble dalam permainan bola basket.
  • Untuk memindahkan bola dari satu titik ke titik lain di dalam lapangan
  • Untuk melakukan serangan ke area permainan lawan
  • Untuk mencari celah agar bisa melakukan shooting atau tembakan ke arah keranjang
  • Untuk membuka permainan dan mencari posisi yang pas agar bisa melakukan passing ke teman satu tim
  • Untuk keluar dari tekanan lawan
  • Untuk menghabiskan waktu saat berada di posisi unggul
Baca Juga: Jenis-jenis Pelanggaran dalam Bola Basket yang Perlu Diketahui

Teknik dasar dribble bola basket yang benar

Untuk bisa melakukan dribbling bola basket dengan benar, berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Buka jari-jari tangan dengan lebar dan buat jari rileks

Bola basket bukanlah bola yang berukuran kecil, sehingga untuk menjangkau lebih banyak bagian bola dan memegangnya secara stabil, Anda perlu membuka jari-jari tangan dengan lebar.Buat jari-jari Anda rileks sehingga bisa lebih “menempel” di permukaan bola dan tidak kesulitan mengontrol bola.

2. Gunakan ujung jari untuk mengontrol arah bola

Jika ingin melakukan dribble yang lebih cepat atau lambat, berlari ke arah kiri atau kanan sambil membawa bola dengan stabil, gunakan ujung jari untuk mengontrol bola.

3. Posisikan tubuh sedikit turun

Saat melakukan dribbling dalam permainan bola basket, turunkan posisi tubuh dengan sedikit menekuk lutut. Hal ini perlu dilakukan agar tubuh lebih siap menerima serangan dari lawan.

4. Pantulkan bola ke lapangan

Gerakan ini memang bagian utama dari sebuah gerakan dribble. Yang perlu diperhatikan adalah pemusatan kekuatan tangan saat memantulkan bola ke lapangan.Sebab jika tenaga yang dikeluarkan kurang, pemain akan dengan mudah kehilangan kontrol bola dan lawan akan semakin mudah merebutnya.

5. Lindungi bola agar tidak mudah diambil lawan

Saat melakukan dribbling dalam permainan bola basket, Anda harus memastikan bahwa bola tidak bisa dengan mudah diambil lawan. Untuk melakukannya, ada dua hal yang perlu dilakukan, yaitu:
  • Mengangkat lengan lain yang sedang tidak digunakan untuk dribbling sebagai perlindungan agar lawan tidak mudah meraih bola.
  • Memposisikan bola di sisi yang bersebrangan dengan lawan, dengan sedikit membungkukkan tubuh atau berbalik, sehingga bola bisa terlindungi dengan punggung.

6. Posisikan mata ke depan

Para pemula yang baru belajar bermain bola basket mungkin akan refleks memandang ke arah bola saat melakukan dribbling. Namun, respons yang tepat sebenarnya adalah mengarahkan mata ke lapangan.Jika hanya menatap ke arah bola, Anda akan kurang waspada terhadap pergerakan lawan maupun teman satu tim.

7. Biasakan dribble bola bergantian antara kedua tangan

Saat melakukan dribbling, Anda memang hanya boleh menggunakan satu tangan. Namun, Anda tetap perlu belajar melakukannya menggunakan tangan kanan maupun kiri, sehingga bisa memindahkan bola ke tangan yang lain saat lawan mencoba mengambil bola.Baca Juga: Pelajari 5 Teknik Dasar Dalam Bola Basket

Macam-macam teknik dasar dribbling dalam permainan bola basket

Ada bermacam-macam teknik dribbling dalam permainan bola basket, sebagai berikut ini:

• Crossover

Crossover dribble adalah gerakan memindahkan bola yang sedang di dribble dari satu tangan ke tangan lainnya secara cepat. Gerakan ini biasanya dilakukan saat pemain sedang tidak dijaga ketat oleh lawan dan ingin mengubah pergerakan.

• Through the legs

Through the legs dribble dilakukan dengan memindahkan bola yang sedang di-dribble dari satu tangan ke tangan yang lain lewat celah di antara kedua kaki.Gerakan ini biasanya dilakukan untuk mengecoh dan menjauhkan bola dari lawan agar tidak mudah direbut.

• Behind the back

Behind the back adalah gerakan dribble yang memindahkan bola dari satu tangan ke tangan lainnya dengan posisi tangan ada di belakang punggung. Gerakan ini dilakukan untuk melindungi bola dari lawan yang ada di depan.Untuk bisa melakukan behind the back dribble secara efektif, seorang pemain harus memiliki koordinasi tangan dan kaki yang baik.Sebab, gerakan ini akan semakin berguna jika langsung dilanjutkan dengan dribble untuk menyerang ke depan atau dalam kondisi melakukan fast break.

• Hesitation

Hesitation dribble adalah teknik dribbling dengan memainkan kecepatan. Untuk melakukan hesitation dribble, pertama-tama Anda perlu men-dribble bola dalam kecepatan kencang, lalu menurunkan kecepatannya sejenak, sebelum langsung maju dengan kecepatan penuh menerobos area pertahanan lawan.

• In and out

In and out dribble adalah gerakan yang dilakukan untuk mengecoh lawan dengan men-dribble bola ke suatu arah sebelum secara mendadak mengganti arah tersebut.Misalnya, sesaat ketika melakukan dribbling ke arah kanan menggunakan tangan kanan, lalu Anda secara mendadak memindahkan bola ke tangan kiri dan melangkah ke arah kiri, sehingga lawan terkecoh.

• Spin

Spin dribble merupakan salah satu teknik dribbling yang paling sulit dikuasai karena Anda harus tetap men-dribble bola sambil berbalik arah atau berputar untuk menghindari lawan. Diperlukan kontrol bola yang baik untuk bisa melakukan spin dengan baik.Menguasi teknik dribbling adalah hal yang paling dasar untuk bermain basket. Dengan melakukan dribbling secara baik dan benar, Anda bisa lebih mudah menguasai teknik dasar basket lain seperti shooting, passing, dan rebound.
olahragatips olahragaolahraga anak
NBA. https://jr.nba.com/dribbling-2/
Diakses pada 16 Februari 2021
Basketball For Coaches. https://www.basketballforcoaches.com/how-to-dribble-a-basketball/
Diakses pada 16 Februari 2021
Coaches Clipboard. https://www.coachesclipboard.net/Dribbling.html
Diakses pada 16 Februari 2021
Basketball For Coaches. https://www.basketballforcoaches.com/basketball-moves/
Diakses pada 16 Februari 2021
USA Basketball. https://www.usab.com/youth/news/2012/08/5crossover-dribbling-techniques.aspx
Diakses pada 16 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait