Terganggu dengan Smile Lines? Ini 8 Cara Menghilangkan Garis Senyum di Pipi


Garis senyum di pipi atau smile lines adalah salah satu kerutan di sekitar bibir. Kerutan ini terlihat semakin jelas ketika seseorang tersenyum. Cara menghilangkan garis senyum beragam mulai dari yang bisa dilakukan di rumah hingga operasi.

(0)
27 Apr 2021|Azelia Trifiana
Garis senyum terjadi karena kurangnya kolagen di kulitGaris senyum terjadi karena kurangnya kolagen di kulit
Garis senyum di pipi atau smile lines adalah salah satu kerutan di sekitar bibir selain marionette lines dan lipstick lines. Sesuai namanya, kerutan ini terlihat semakin jelas ketika seseorang tersenyum. Cara menghilangkan garis senyum beragam mulai dari yang bisa dilakukan di rumah hingga operasi.Namun, bukan berarti operasi adalah prosedur yang benar-benar perlu untuk menghilangkan garis nasolabial ini. Terlebih, adanya garis ini adalah hal yang alami seiring dengan penuaan.

Penyebab munculnya garis senyum

Seiring dengan bertambahya usia seseorang, beberapa jenis kerutan tak terhindarkan. Termasuk kerutan sekitar mulut karena merupakan bagian paling tipis di wajah.Selain itu, faktor lain yang menyebabkan munculnya garis nasolabial adalah:Berdasarkan beberapa pemicu di atas, jelas bahwa garis senyum ini sebenarnya bisa dicegah dengan gaya hidup serta kebiasaan baik. Contohnya dengan selalu menggunakan sunscreen dan tidak merokok.Selain itu, tak kalah penting adalah memenuhi asupan cairan sehingga kulit tetap terhidrasi. Minum cairan berupa air putih, bukan minuman diuretik seperti teh atau kopi.

Cara menghilangkan garis senyum

botox
Prosedur suntik botox 
Ada banyak cara menghilangkan garis senyum di pipi, baik yang bisa dilakukan sendiri di rumah maupun lewat perawatan estetika. Semuanya punya efektivitas yang beragam. Apa saja caranya?

1. Suntik filler

Salah satu pilihan cara menghilangkan garis senyum paling populer adalah melakukan suntik filler. Tak perlu operasi, seorang ahli akan menyuntikkan asam hyaluronic ke tempat kerutan berada. Hebatnya, efeknya akan langsung terlihat saat itu juga.Tak suka dengan hasilnya? Anda bisa mengembalikannya seperti semula. Meski demikian, apabila suntikan dilakukan berulang sangat ada kemungkinan muncul jaringan parut.Ada banyak jenis merek suntikan dengan komposisi berbeda-beda. Semakin dalam suntikan di jaringan kulit wajah, semakin permanen pula hasilnya. Umumnya, suntikan semacam ini bisa bertahan selama 6-12 bulan.

2. Botox

Mirip seperti suntik filler, hanya saja Botox bekerja dengan cara berbeda. Dermatologis akan menyuntik area smile lines sehingga ototnya menjadi lebih rileks. Dengan demikian, kerutan atau keriput akan tersamarkan. Perubahan ini bisa terlihat setelah beberapa hari.Selain itu, fase pemulihan dari prosedur ini cukup singkat. Anda bahkan bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa dalam rentang waktu 24 jam. Efek samping yang mungkin muncul seperti sakit kepala atau iritasi di area suntikan.Rata-rata, suntik Botox bisa bertahan selama 3 bulan bergantung pada jenisnya.

3. Operasi

Bagi yang menginginkan hasil signifikan, operasi bisa jadi alternatif. Operasi rhytidectomy atau facelift akan memberikan hasil permanen. Dalam satu kali prosedur, kerutan di area mata dan sekitar mulut bisa hilang sepenuhnya.Dibandingkan dengan Botox atau suntik filler, biaya facelift tentu paling mahal. Proses pemulihannya lebih lama mencapai 3 bulan. Di sisi lain, ada risiko yang juga mengikuti yaitu infeksi hingga kerusakan saraf.

4. Laser

Perawatan laser berarti teknik mengangkat lapisan kulit terluar. Tujuannya untuk memunculkan kulit baru sehingga keriput dan noda hitam berkurang. Efek samping yang mungkin muncul adalah mengalami bengkak, nyeri, infeksi, hingga luka.Rata-rata proses pemulihan setelah terapi laser adalah 1-3 minggu. Untuk hasil maksimal, perawatan ini harus diulangi beberapa bulan kemudian.

5. Terapi induksi kolagen

Disebut juga dengan microneedling, tujuan dari cara menghilangkan garis senyum di pipi ini adalah meningkatkan produksi kolagen kulit secara alami. Lewat prosedur needling, akan ada lebih banyak lagi kolagen yang mengisi kerutan seperti smile lines.Menurut American Academy of Dermatology, hasil dari prosedur ini bervariasi. Ekspektasi tertinggi adalah bertahan hingga 9 bulan. Selain itu, jangan heran pula apabila selama proses pemulihan, kulit akan tampak merah dan luka. Terapi ini perlu diulang sebanyak 3-6 kali.

6. Krim OTC

Krim yang dijual di pasaran (over-the-counter) adalah opsi yang lebih terjangkau. Umumnya, krim ini mengandung retinol yang bisa melawan paparan zat radikal bebas pemicu keriput.Selain itu, kandungan lain yang juga dinilai berkhasiat adalah vitamin C, peptida, dan hydroxy acid untuk menyamarkan kerutan. Meski demikian, perlu waktu beberapa bulan hingga terlihat hasilnya dan mungkin saja tidak permanen.

7. Perawatan sinar di rumah

Ada pula home light treatment atau perawatan sinar di rumah yang dijual bebas di pasaran. Cara kerjanya adalah menggunakan sinar LED untuk meningkatkan produksi kolagen di sekitar mata.Produk ini bisa digunakan setiap hari dalam durasi 3 menit setiap sesinya. Belum ada laporan terkait efek sampingnya, namun efektivitasnya pun masih dipertanyakan.

8. Minyak esensial

Alternatif lain untuk menyamarkan kerutan adalah dengan menggunakan minyak esensial. Sebuah artikel yang dipublikasikan di BMC Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2009 menguji 23 jenis tanaman berbeda dan khasiat mereka dalam meningkatkan kolagen.Hasilnya, ada 9 yang cukup menjanjikan bahkan sebagai sumber antioksidan dan meningkatkan elastisitas kulit termasuk teh hijau dan pomegranate.Namun bagi yang ingin mencoba metode ini, pastikan sudah mencampurnya dengan carrier oil seperti minyak almond atau minyak zaitun. Selain itu, jangan lupa menguji apakah ada reaksi alergi sebelum menggunakan.Dari berbagai metode di atas, efektivitas dalam menyamarkan garis nasolabial berbeda-beda. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Meskipun ada opsi dengan hasil permanen seperti operasi, bukan berarti ini wajib dilakukan.

Tak kalah penting, menjalani gaya hidup sehat dengan banyak minum cairan dan tidak merokok juga bisa mencegah smile lines tampak semakin dalam.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar kerutan di area mulut selain smile lines, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/health/smile-lines
Diakses pada 13 April 2021
BMC Complementary Medicine and Therapies. https://bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472-6882-9-27
Diakses pada 13 April 2021
American Academy of Dermatology Association. https://www.aad.org/public/diseases/acne/derm-treat/scars/treatment#treatment
Diakses pada 13 April 2021
American Society of Plastic Surgeons. https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/facelift/cost
Diakses pada 13 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait