Tes Kehamilan dengan Garam, Memang Bisa?


Tes kehamilan dengan garam merupakan cara alami untuk mendeteksi kehamilan yang mudah dilakukan. Akan tetapi, benarkah tes ini memberikan hasil yang akurat?

(0)
21 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tes kehamilan dengan garam belum teruji secara klinisTes kehamilan dengan garam melibatkan hormon hCG dalam urine
Tes kehamilan dengan garam adalah salah satu cara mengecek kehamilan secara alami yang cukup populer.Metode ini pun cukup terkenal di beberapa kalangan wanita sebelum tahun 1976. Sebab, menurut penjelasan pada jurnal Geburtshilfe und Frauenheilkunde, alat tes kehamilan berupa testpack diperkenalkan sejak tahun 1976.Tes ini hanya memerlukan garam meja, mangkuk, dan tetesan urine. Bahannya yang mudah didapat dan mudah dilakukan membuat tidak sedikit wanita yang tertarik untuk mencobanya. Namun, apakah cara ini benar-benar akurat dalam mendeteksi kehamilan?

Cara tes kehamilan dengan garam

Tes kehamilan dengan garam melibatkan hormon hCG
Tes kehamilan dengan garam disarankan untuk dilakukan pada pagi hari karena tingkat hormon hCG (hormon kehamilan) sedang tinggi-tingginya di urine.Tubuh melepaskan hormon ini di awal kehamilan dan kadarnya terus meningkat selama trimester pertama. Meski mudah dilakukan, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan kebenaran hasil dari cek kehamilan dengan garam. Karena itu, tes ini belum tentu memberikan hasil yang akurat walau dilakukan di pagi hari.Jika Anda tetap ingin mencobanya, berikut beberapa hal yang dibutuhkan untuk melakukan cara tes ini:
  • Satu cangkir kecil bersih yang tidak berpori untuk menampung urine
  • Beberapa sendok garam meja
  • Satu mangkuk kecil bersih yang tidak berpori untuk campuran urine dan garam. Idealnya, mangkuk berwarna bening agar terlihat lebih jelas.
Sementara, inilah cara tes kehamilan dengan garam:
  • Kumpulkan sedikit urine pada pagi hari di dalam cangkir kecil
  • Masukkan beberapa sendok garam ke dalam mangkuk bening
  • Tuang urine di atas garam
  • Tunggu selama beberapa saat.
Terdapat perbedaan pendapat mengenai berapa lama menunggu hasil tes tersebut. Ada yang menyatakan untuk menunggunya selama beberapa menit, sedangkan yang lain menyarankan untuk menunggu selama 8 jam atau lebih.

Membaca hasil tes kehamilan dengan garam

Cara pasti membaca hasil tes ini pun belum memiliki bukti ilmiah. Meski demikian, berikut panduan yang banyak dipercaya orang untuk mengetahui hasil tes kehamilan ini:

1. Jika hasil tes negatif

Apabila hasil tes negatif, maka tidak akan ada reaksi yang terjadi pada campuran urine dan garam. Campuran tersebut tetap terlihat seperti air urine yang bergaram.

2. Jika hasil tes positif

Apabila hasil tes positif, maka campuran urine dan garam akan berubah tekstur menjadi lebih milky atau cheesy. Hal ini dipercaya karena garam bereaksi dengan hormon hCG yang terdapat dalam urine ibu hamil.Terkadang, bagi sebagian wanita, urine akan terlihat sedikit berbusa di bagian atasnya. Hingga saat ini, kondisi tersebut belum dapat dipastikan apakah menunjukkan hasil positif atau negatif sehingga menjadi ambigu.Jika Anda mendapat hasil yang positif setelah melakukan mengikuti cara tes kehamilan dengan garam, periksakan diri ke dokter kandungan untuk memastikan kebenaran tersebut. Jangan langsung percaya sepenuhnya karena tes ini bisa memberikan hasil yang palsu.

Tes kehamilan dengan garam, akurat atau tidak?

Tes kehamilan dengan garam belum terbukti akurat
Tes ini sebetulnya tidak memiliki hasil yang akurat. Sebab, belum ada penelitian yang membuktikan kebenarannya.Selain itu, tidak ada studi yang membuktikan anggapan bahwa garam bereaksi terhadap hormon hCG maupun yang mendukung tes ini secara umum.Banyak pula orang yang merasa kesulitan untuk menafsirkan hasil tes ini sehingga bisa menimbulkan kekeliruan. Akan tetapi, jika Anda mendapat hasil yang tepat maka itu hanyalah kebetulan saja.Saat ingin menjalankan program hamil, untuk mengetahui apakah Anda benar-benar hamil atau tidak, sebaiknya lakukanlah tes kehamilan dengan test pack di pagi hari. Bila dilakukan dengan benar, cara ini memiliki tingkat keakuratan hingga mencapai 99 persen.Selain itu, Anda juga dapat melakukan tes darah untuk menguji kadar hormon hCG. Tes darah hCG sudah bisa menyatakan positif dalam waktu 3-4 hari setelah zigot menempel di dinding rahim.

Catatan dari SehatQ

Tes kehamilan dengan garam sebenarnya belum teruji secara klinis. Untuk mendeteksi kehamilan sejak dini, pastikan Anda menggunakan testpack ataupun tes darah.Keduanya sama-sama mengecek kadar hCG pada tubuh. Terlebih, kedua metode ini juga sudah diuji secara klinis.Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tes kehamilan, tanyakan langsung dengan dokter melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Kunjungi pula Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik terkait keperluan ibu hamil lainnya.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
hamilkehamilantes kehamilantest pack
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/home-pregnancy-test-with-salt#accuracy
Diakses pada 07 September 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/getting-pregnant/prepping-for-pregnancy/pregnancy-test-with-salt/
Diakses pada 07 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/pregnancy-test-with-salt#seeing-a-doctor
Diakses pada 07 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait