16 Mood Booster Ini Ampuh untuk Perbaiki Suasana Hati

(0)
14 Jan 2020|Anita Djie
Mood booster diperlukan untuk meredakan emosi dan stres yang dialamiMelakukan hobi seperti membaca buku dapat menjadi mood booster dalam memperbaiki suasana hati
Tahukah Anda bahwa aktivitas mood booster dapat membantu memperbaiki suasana hati? Ada kalanya Anda merasa suntuk, sedih, kalut, atau marah. Wajar bagi manusia untuk merasakan berbagi emosi negatif yang dapat merusak suasana hati atau mood. Namun, Anda tidak boleh terus terjebak di dalam mood yang demikian.Lantas apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki suasana hati yang sedang gundah? Anda dapat meningkatkan suasana hati dengan mencoba berbagai mood booster seperti berolahraga, mengucapkan hal baik kepada orang lain, dan sebagainya.

Apa saja mood 6ooster yang bisa dicoba?

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk bisa membuat Anda tersenyum kembali. Cobalah beberapa tips mood booster di bawah untuk mencerahkan kembali hari-hari Anda:

1. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh. Uniknya, tidur juga berguna menjadi mood booster untuk memperbaiki suasana hati Anda. Tidur yang cukup atau tidur siang yang singkat dapat membantu meningkatkan mood Anda.

2. Mengucapkan hal baik untuk orang lain

Siapa sangka, mengucapkan hal-hal baik langsung maupun di dalam hati mengenai seseorang dapat menjadi mood booster Anda! Bila sedang gundah lihatlah orang yang ada di sekitar dan katakan kepadanya atau di dalam hati betapa Anda berharap dia memiliki hari yang menyenangkan.

3. Meluangkan waktu dengan orang terdekat

Bertemu dengan sahabat ataupun keluarga dapat menjadi salah satu mood booster di saat sedang sedih. Anda bisa mendapatkan dukungan, saran, maupun perspektif baru hanya dengan berbicara dengan mereka. Mereka juga bisa menjadi tempat Anda menceritakan keluh kesah yang sedang dialami. Anda tidak perlu malu, sungkan, atau merasa bersalah untuk meminta waktu dan bantuan mereka saat sedang kesusahan.

4. Pergi ke luar rumah

Teman dan keluarga sedang sibuk? Jangan cepat-cepat sedih dulu, Anda bisa mencoba untuk pergi ke luar dan merasakan atmosfer menyenangkan yang ada di sekitar Anda.Rasakanlah udara segar, keberadaan manusia, dan hangatnya sinar mentari yang menerpa wajah. Cobalah untuk berjalan-jalan di luar rumah setidaknya selama 20 menit sambil menikmati suara, aroma, dan pemandangan di sekitar Anda.

5. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu mood booster yang berfungsi untuk meningkatkan hormon dalam tubuh yang dapat memberikan dampak positif terhadap suasana hati. Menurut ahli, Anda akan merasa lebih baik dan rileks setelah berolahraga. Beberapa olahraga yang bisa dicoba adalah yoga, taichi, dan aerobik.

6. Lakukan hobi atau hal-hal yang disukai

Setiap orang memiliki hobi atau kegiatan yang membuatnya lebih rileks dan senang. Meskipun Anda merasa malas melakukannya, tetapi sebenarnya kegiatan-kegiatan tersebut dapat menjadi mood booster Anda.Anda bisa mencoba membaca buku, berjalan-jalan di taman, menyesap susu cokelat hangat sambil mendengarkan musik yang santai, dan sebagainya.

7. Bekerja secara perlahan dan realistis

Meskipun mood sedang tidak baik, terkadang pekerjaan tetap perlu diselesaikan. Jangan menambah stres dengan langsung mengerjakan semuanya sekaligus. Pecahkan pekerjaan menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dengan deadline yang realistis.
Misalnya, Anda bisa membersihkan rumah secara perlahan dengan memecah-mecahnya menjadi beberapa tugas kecil, seperti mencuci piring di jam satu, menyapu lantai saat sore hari, dan sebagainya.Jangan memaksa diri jika Anda belum mampu mengerjakan semuanya. Anda perlu memberikan waktu kepada diri untuk memperbaiki suasana hati yang sedang turun.

8. Patahkan pemikiran negatif

Jangan biarkan emosi negatif mengalahkan Anda! Patahkan pemikiran negatif dengan menuliskan hal-hal positif mengenai diri dan situasi Anda sebagai mood booster, kemudian bacalah daftar tersebut berulang-ulang.Anda harus menyadari bahwa tidak selamanya emosi negatif akan muncul secara terus-menerus dan biasanya Anda tidak memiliki suasana hati yang demikian.

9. Menyadari bahwa keadaan tidak seburuk itu

Mood booster lainnya adalah dengan melihat keadaan orang lain yang mungkin jauh lebih tidak beruntung dari Anda. Bukannya mencela, tetapi Anda perlu menyadari bahwa sebenarnya keadaan yang sedang Anda alami mungkin tidak seburuk orang lain.

10. Pemikiran ‘semuanya terkoneksi’

Mood booster unik yang bisa dicoba adalah melihat ke kerumunan orang dan memikirkan bagaimana satu orang bisa berhubungan dengan orang lain dan Anda. Memikirkan hal tersebut menimbulkan kebersamaan yang terkadang dapat memicu harapan.

11. Bermain dengan binatang

Anjing dan kucing kerap dijadikan sebagai hewan terapi karena keduanya dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam mencurahkan kasih sayang.Bermain, membelai, memeluk, atau menyentuh hewan dengan penuh kasih dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin dalam waktu yang singkat. Kedua hormon tersebut baik untuk tubuh dalam menenangkan pikiran dan otot.

12. Mendengarkan musi

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik ceria dapat meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan mereka dalam waktu yang singkat. Sebaliknya, musik sedih justru dapat menimbulkan perasaan negatif yang mendalam dari kesedihan.

13. Menari

Melakukan gerakan tubuh sambil bernyanyi mengikuti irama adalah cara menghilangkan stres yang cukup ampuh untuk dicoba. Perasaan Anda umumnya akan lebih terasa senang dan pikiranpun akan teralihkan dari segala masalah.Setelahnya, pikiran Anda akan jauh lebih rileks dan fokus untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi.

15. Seks

Seks cukup erat kaitannya dengan stres. Kegiatan ini bisa memicu sekaligus menjadi cara untuk menghilangkan suasana hati yang buruk. Jika kehidupan seks Anda buruk, maka besar kemungkinan hubungan yang Anda bangun juga akan berdampak negatif. Akibatnya, hal ini dapat memicu stres.Sebaliknya, jika kualitas seks Anda dengan pasangan cenderung baik, maka hubungan yang terjalinpun akan semakin erat. Tak hanya itu saja, seks juga mempunyai efek yang sama seperti olahraga dan meditasi. Aktivitas ini bisa memicu pelepasan hormon endorfin yang meningkatkan perasaan bahagia.

16. Pijat

Stres dapat membuat otot-otot pada tubuh menjadi terasa nyeri atau pegal. Salah satu cara untuk mengurangi dampak negatif dari stres ini adalah melakukan pijat refleksi.Meski belum dilakukan penelitian secara mendalam, cara metode mengurangi stres yang satu ini sudah diterapkan oleh banyak orang dan sebagian besar merasakan efeknya. Tips mood booster di atas hanyalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk meningkatkan suasana hati. Anda bisa saja menemukan hal-hal lain di luar tips yang telah diberikan yang mampu menjadi mood booster Anda. Jika Anda masih merasa sedih, marah, ataupun stres meskipun telah melakukan tips mood booster di atas, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan psikiater ataupun psikolog mengenai permasalahan Anda.
kesehatan mentalstresberpikir positif
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/hide-and-seek/201701/10-simple-ways-improve-your-mood-when-youre-feeling-down
Diakses pada 13 Januari 2020
Science Daily. https://www.sciencedaily.com/releases/2019/03/190327112705.htm
Diakses pada 13 Januari 2020
Verywell Mind.https://www.verywellmind.com/exercise-and-improving-your-mood-2223781
Diakses pada 13 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health-news/mental-listening-to-music-lifts-or-reinforces-mood-051713Diakses pada 30 Juli 2020Help Guide. tm Diakses 30 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait