Tips Cermat Memilih Kursi Makan Bayi yang Aman dan Nyaman

(0)
25 Jan 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Memilih kursi makan bayi, yang juga dikenal sebagai high chair, memang gampang-gampang susah. Apalagi, kini hadir banyak tipe dan jenis kursi makan dengan berbagai fungsi dan harga yang ditawarkan.Kursi makan bayi biasanya digunakan ketika bayi sudah bisa duduk secara mandiri, yakni saat ia berumur 6 bulan. Bayi bisa didudukkan di kursi tersebut ketika hendak menerima makanan pendamping air susu ibu (MPASI) perdananya dengan tujuan menciptakan suasana makan yang lebih menyenangkan.Sebelum Anda membeli kursi makan bayi, terdapat beberapa tips yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Apa saja itu?

Kenali tipe kursi makan bayi

Meski sama-sama berfungsi menjadi tempat bayi saat makan, kursi makan bayi memiliki berbagai tipe. Ada model high chair yang standar, ada pula model kursi makan bayi yang kekinian.Beberapa tipe kursi makan bayi yang ada di pasaran biasanya digolongkan dalam tiga kategori, yaitu:
  • Kursi makan bayi standar

Kursi makan bayi yang satu ini memiliki model yang biasa saja, biasanya terbuat dari plastik yang dilengkapi sabuk pengaman. Ada pula high chair standar yang sudah dilengkapi dengan penyangga kaki dan memiliki meja baki.Sisi positifnya, kursi makan bayi tipe ini biasanya ringan dan tidak terlalu mahal. Beberapa di antaranya juga bisa dilipat sehingga memudahkan Anda dalam hal penyimpanan. Sebaliknya, kursi makan bayi ini mungkin tidak terlalu nyaman bagi mereka.
  • Kursi makan bayi full feature

Seperti namanya, kursi makan yang satu ini memiliki banyak fungsi sekaligus yang diharapkan dapat membuat anak lebih nyaman saat makan. High chair tipe ini biasanya sudah dilengkapi dengan bantalan kursi, roda, meja baki yang bisa dilepas dan dicuci secara terpisah, pengatur ketinggian dan kursi yang bisa disesuaikan, dan lain-lain.Beberapa tipe kursi makan bayi kekinian ini juga bersifat lebih awet karena bisa mengikuti kebutuhan bayi seiring pertambahan usianya. Misalnya, kursi makan ini bisa diubah menjadi booster seat atau kursi anak.
  • Kursi makan portable dan hook-on

Tidak sedikit ibu yang enggan memilih kursi makan bayi yang dapat berdiri sendiri karena berbagai alasan. Untuk itu, mereka memilih kursi makan bayi portable dan bisa dilekatkan pada kursi makan yang telah ada di rumah.Kursi makan tipe ini kerap dipilih karena modelnya yang ergonomis dan bisa dibawa ke mana-mana sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan kursi makan bayi saat makan di restoran. Kekurangannya, kursi ini tidak cocok diterapkan di semua tipe meja makan, terutama bila meja Anda memiliki permukaan yang tebal atau terlalu tinggi.Meskipun demikian, Asosiasi Dokter Anak Amerika (AAD) tidak merekomendasikan high chair tipe ini. Jikapun Anda memilihnya, pastikan kursi atau meja yang Anda jadikan patokan juga sudah memenuhi standar keamanan untuk bayi.

Hal yang harus diperhatikan saat membeli kursi makan bayi

Perlu pertimbangan sebelum memilih kursi makan bayi
Setelah menimbang tipe kursi makan bayi yang akan Anda gunakan, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda pertimbangkan saat memilih high chair, yaitu:
  • Keselamatan

Pilih kursi makan bayi yang memiliki tiga atau lima titik sabuk pengaman, dan dilengkapi dengan pemisah selangkangan agar si Kecil tidak merosot saat berada di atas kursinya. Pastikan juga sabuk itu dapat terkunci dengan rapat dan tidak mudah terbuka oleh tekanan kecil, misalnya akibat tergencet perut bayi.
  • Mudah dibersihkan

Jangan harap bayi Anda akan makan dengan tertib tanpa ada tumpahan. Oleh karenanya, pilih kursi makan bayi yang mudah dibersihkan. High chair mungkin akan memiliki beberapa sudut yang sulit dijangkau, tapi pilihlah kursi makan bayi dengan sesedikit mungkin sudut sulit tersebut.
  • Kokoh

Jangan ragu untuk sedikit mengguncang-guncangkan kursi makan bayi saat Anda hendak membelinya. Pastikan kursi itu tidak mudah runtuh atau terguling saat bayi beraktivitas di atasnya. Anda bisa memilih high chair dengan bagian bawah yang lebar agar lebih kokoh.
  • Kenyamanan

Pastikan juga bayi nyaman saat didudukkan di kursi makan tersebut, salah satunya dengan memilih high chair yang sudah dilengkapi bantalan. Pastikan juga tidak ada sudut tajam yang dapat melukai bayi.
  • Fasilitas pendukung

Bila kursi makan bayi dilengkapi dengan roda, pastikan selalu terkunci saat bayi berada di atasnya untuk mencegah kecelakaan. Pastikan juga fasilitas pendukung lain, misalnya meja baki, tidak membatasi pergerakan bayi terlalu banyak.Harga bukanlah jaminan bahwa kursi makan bayi yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bayi. Pastikan Anda mendahulukan faktor kebutuhan dan fungsionalitas dalam memilih high chair yang tepat.Apa pun kursi makan bayi yang Anda pilih, jangan pernah tinggalkan ia sendirian di kursi tersebut. Jangan pula membiarkan anak bermain di kursi makan karena high chair yang aman pun tetap memiliki risiko membuat bayi Anda terjatuh, terutama bila dibiarkan tanpa pengawasan.
perlengkapan bayi
Parents. https://www.parents.com/baby/gear/high-chairs/how-to-choose-the-best-high-chair1/?
Diakses pada 24 Januari 2020
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_how-to-buy-a-highchair_1460.bc
Diakses pada 24 Januari 2020
Healthy Children. https://www.healthychildren.org/English/safety-prevention/at-home/Pages/High-Chair-Safety-Tips.aspx
Diakses pada 24 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait