Titik-Titik Pijatan untuk Hidung Tersumbat dan Cara Melakukannya dengan Benar


Pijatan untuk hidung tersumbat dapat dilakukan dengan memberikan tekanan pada beberapa titik akupresur pada wajah, kepala, dan tangan. Selain hidung tersumbat, pijatan ini juga bermanfaat untuk meredakan gejala sinus lainnya, seperti sakit kepala dan nyeri di wajah.

0,0
21 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Pijatan untuk hidung tersumbat dapat dilakukan dengan menekan titik akupresur di wajahPijatan pada titik-titik tertentu dapat membantu meredakan hidung tersumbat
Hidung tersumbat adalah kondisi yang disebabkan oleh infeksi pernapasan, iritasi hidung, peradangan sinus (sinusitis), hingga alergi. Meski umumnya tidak berbahaya, penderitanya bisa terganggu, apalagi jika diiringi dengan gejala lain, seperti keluar ingus, sakit kepala, dan nyeri di wajah. Kondisi dapat diredakan dengan sejumlah cara alami, salah satunya lewat pijatan untuk hidung tersumbat.Pijatan untuk hidung tersumbat atau pijatan sinus dilakukan dengan menekan titik-titik akupresur yang ada di wajah, kepala, dan badan. Namun, sebelum mulai mengaplikasikan cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan, ada baiknya Anda mengetahui titik-titik akupresur yang tepat supaya pijatannya tepat sasaran.Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa pijat untuk hidung tersumbat bukan pengganti terapi medis yang diberikan oleh dokter. Konsultasikan ke dokter jika hidung tersumbat tidak kunjung mereda.

Titik-titik pijatan untuk hidung tersumbat

Berikut adalah beberapa titik pijat akupresur yang dapat Anda tekan untuk melegakan hidung tersumbat.
  • Titik yintang, yaitu titik yang terletak di antara kedua alis, tepatnya di bagian atas tulang hidung. Cara melakukan pijatan untuk hidung tersumbat di titik ini adalah dengan menekannya selama beberapa menit.
  • Titik LI20, yaitu titik yang terletak di kedua sisi hidung dan merupakan area di mana hidung bertemu dengan pipi. Anda dapat menekan kedua sisi pangkal hidung dengan ujung jari sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan.
  • Titik S18, yaitu titik yang terletak tepat di bawah tulang pipi dan sejajar dengan hidung.
  • Titik BL2, yaitu titik yang berada di dua titik pertemuan pangkal hidung dengan sisi dalam alis kiri dan kanan.
  • Titik GB20, yaitu titik akupresur yang lokasinya terletak di kedua lekukan belakang kepala, di mana otot leher menempel pada kepala.
  • Titik LU5, yaitu titik pijatan untuk hidung tersumbat yang berada di lipatan bagian dalam siku yang sejajar dengan ibu jari.
Anda dapat menekan pada titik-titik akupresur tersebut untuk meredakan hidung tersumbat serta gejala-gejala lain yang menyertainya.

Cara melakukan pijatan untuk hidung tersumbat

Pijatan untuk hidung tersumbat dilakukan dengan cara memijat titik-titik akupresur yang dapat membantu melegakan area sinus yang berbeda.Berikut adalah tiga cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan sinus yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Pijat sinus frontal

Peradangan pada sinus frontal tidak hanya menyebabkan hidung tersumbat, tetapi juga menyebabkan nyeri di belakang mata atau dahi yang mengganggu penderitanya. Berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan sinus frontal.
  • Hangatkan telapak tangan dengan menggosok atau membasuhnya dengan air hangat. Lakukan kebiasaan ini sebelum melakukan pijat sinus lainnya.
  • Letakkan jari tengah dan telunjuk kedua tangan pada titik yintang atau tengah tulang alis.
  • Pijat lembut dengan gerakan melingkar yang bergerak ke arah pelipis.
  • Kembali ke titik yintang dan lanjutkan memijat ke arah pelipis.
  • Lakukan pijatan selama sekitar 30 detik.

2. Pijat sinus maksilaris

Peradangan pada sinus maksilaris dapat menyebabkan nyeri di wajah dan penumpukan lendir di belakang sinus yang mengganggu tenggorokan (postnasal drip). Berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan sinus maksilaris:
  • Letakkan telunjuk dan jari tengah di belakang pipi pada kedua sisi hidung.
  • Pijat lembut area tersebut menggunakan gerakan melingkar selama 30 detik.

3. Pijat sinus sphenoid dan ethmoidalis

Sinus sphenoid terletak di tengah tengkorak, tepatnya di belakang hidung dan di antara mata. Sementara itu, sinus ethmoid berada di depan sinus sphenoid. Kedua sinus ini terletak di antara jembatan hidung dan di tepi bagian dalam rongga mata.Peradangan pada kedua sinus ini dapat menyebabkan sakit kepala, wajah terasa nyeri, hidung tersumbat, hingga postnasal drip. Berikut adalah cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan sinus sphenoid dan ethmoidalis secara efektif:
  • Letakkan ibu jari dan jari telunjuk di ruang antara hidung dan sudut mata dalam.
  • Berikan tekanan sedang pada area tersebut selama sekitar 15 detik.
  • Terus berikan tekanan sambil melakukan gerakan pijatan dengan ibu jari dan jari telunjuk ke arah bawah di sepanjang sisi hidung.
  • Ulangi gerakan memijat ini selama sekitar 30 detik.
Itulah titik-titik akupresur yang dapat ditekan dalam pijatan untuk hidung tersumbat, serta bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan sinus yang efektif.Jika hidung tersumbat tidak kunjung membaik, Anda dapat menggunakan metode lainnya ,seperti minum obat dekongestan, menggunakan semprotan hidung, menyalakan humidifier, menghirup uap air panas, atau melakukan irigasi hidung.Kunjungi dokter jika gejala yang Anda alami semakin memburuk atau tidak kunjung sembuh.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
hidung tersumbatpijat
Healthline. https://www.healthline.com/health/pressure-points-for-sinus
Diakses 3 September 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/sinus-massage
Diakses 3 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait